Protected by Copyscape

Ngelmu Boyin (jurus mabuk): Bertahan di kaleng ke 17

heineken2Bulan January ini saya namakan bulan pembawa berkah sekaligus bulan racun. lho alasannya? iya karena bulan January ini di Vietnam akan memperingati Tahun Baru Vietnam atau dikenal dengan istilah Tahun Baru ‘Tet’ karena mereka masih memakai sistim penanggalan Lunar atau Lunar kalender.

Karena menyambut Hari raya besar inilah di setiap company banyak diadakan pesta seperti pesta perusahaan yang setiap setahun sekali, pesta antar departemen, pesta kawinan, pesta individual dan lain sebagainya. Bonus pun banyak dibagikan di tahun ini, dari gaji ke 13 sampe THR dan bonus tanggal merah (ada 3 tanggal merah bulan ini).

Selama di Vietnam dan bergaul dengan masyarakatnya, saya mendapati bahwa mereka ini suka pesta jika punya rejeki berlebih, mirip mirip dengan beberapa sahabat saya yang orang Manado, walau nggak semua orang Manado suka pesta lho.

Alhasil, bulan january ini saya bak pak Camat yang keliling menghadiri beberapa undangan dari pesta kawinan, pesta antar departemen, sampai undangan dari teman teman di luar hotel.

Kalo sudah pesta apalagi kalo tidak berkaitan dengan makanan dan minuman. kalo makanan sangat beragam tapi kalo minuman bisa 100% saya bilang mereka hanya ngebir! Di Vietnam banyak juga arak, tapi tidak terkenal dan jarang sekali peminatnya karena mungkin proses fermentasi/destilasinya yang tidak bersih.

Dalam hal nge bir dan dunia percowokan (bahasa apaan nih..) disini, sudah biasa bahwa penghormatan diberikan kepada siapa yang bertahan lebih lama serta siapa yang mampu memeriahkan suasana pesta, alhasil pasti diundang terus kalo ada pesta.

Nah dalam hal ngebir ada beberapa teknik khusus a la Boyin yang saya dapat dari pengalaman dan beberapa dari bapak saya yang dulunya pemain band itu.

Persiapan

Ini klasik lah, tubuh musti cukup tidur dan tidak habis bekerja keras dalam artian fisik maupun pikiran. Karena ada contohnya beberapa orang yang kalo dilanda stress bawaanya mau kebelakang melulu. Nah dalam kondisi kayak gini kok malah mau lomba minum bir sedangkan perutnya aja masih bermasalah.

Posisi

Ambil posisi senyaman mungkin yang dimana otot perut akan sedikit bekerja dan berkontraksi. Jika a la tradisionil disini yang duduk melingkar dan bersila maka biasanya saya langsung cari yang dekat tembok agar bisa bersandar. Usahakan punggung harus bersandar agar perut tidak menekuk.

Indikasi awal

Indikasi awal ini penting agar anda tahu kondisi tubuh anda sebenarnya dalam menyerap bir dan mengurangi mabuk. Jika pada kaleng kedua anda belum merasakan ingin kebelakang, nah siap siap mabuk lebih cepat atau keluar dari pertarungan saja, berarti tubuh belum bisa mensirkulasi dengan baik. salah satu teknik andal agar lebih lama bertahan adalah sering seringlah buang air (kencing maksudnya). mirip prinsip akuntasi FIFO (first in first out). Jika tidak, selain perut berisi lebih banyak air sehingga anda tidak ingin minum lagi, jika dipaksakan maka keinginan untuk muntah akan muncul. selain itu, sirkulasi yang tidak teratur akan menstimulasi alkohol ke otak dan lebih cepat mabuk.

Teknik awal

Saya belum pernah nemu peminum yang gak ngerokok jadi nggak bisa ngajarin khusus untuk yang bukan perokok. Merokok akan lebih baik kalo rokok putih bukan kretek disebabkan karena rokok putih membuat tenggorokan jadi lebih seret. Ciri khas bir adalah menstimulasi peminum agar minum lagi, jadi tenggorokan akan kering kalo ditambah dengan rokok putih maka keinginan minum akan bertambah (tambah seret soalnya). makanan pun seperti yang udah pada semua tahu yaitu makanan yang bikin seret juga seperti krupuk/crackers, kacang dan sejenisnya.

Godaan

Dalam pesta apalagi skala tradisional disini, akan ada permainan seperti berjoget, bernyanyi dan banyak tertawa karena banyak yang membuat joke/lelucon untuk menyegarkan suasana. sekali lagi usahakan jangan membuat perut terkocok terlalu sering karena alkonol..eh maap alkohol akan cepat naik.

Teknik Inti

Biasanya memasuki kaleng ke 7 (1 kaleng = 330 ml x 7 = 2.3 lt) para peserta biasanya sudah mulai rontok drastis secara alamiah. Yang awalnya 35 orang cowok yang memeriahkan suasana hingga tinggal 6 atau 7 orang saja. Pembicaraan pun harus mulai hati hati, jika sekiranya akan menimbulkan konflik secepatnya hindari atau iyakan saja si pembicara tersebut. tidak semua orang bisa mengontrol emosi. emosi yang terkontrol membuat anda makin disegani. Teknik lainnya klik disini

Perut biasanya mulai begah, anda harus atur bener bener pernafasan anda, perhatikan jika tanpa disadari perut tertekuk. irit irit dalam bernafas, jangan pernah menghirup nafas dalam dalam dan teruslah rutin ke belakang minimal setiap 2 kaleng sekali. Bagaimana dengan rokok? o..itu kudu ngebul terus, khan membuat tenggorokan kering..heee..selain itu juga mengurangi begah

Penutupan

Biasanya di kalangan peminum jika peserta tinggal kurang dari 5, adakalanya kita harus inisiatif untuk mengatakan harus pulang atau memimpin pembubaran party lah, karena percakapan dan tetek bengek lainya sudah amat tidak menarik. Tidak perlu merasa kalah. Dengan menampakkan raut muka yang tetap tegar malah akan mencerminkan kelas anda sebagai peminum karena sebenarnya peserta lainnya juga ngarep banget bubar. sama sama udah gak kuat.

Ini sebenernya rahasia yang banyak orang nggak nyadar yang pada akhirnya malah malu maluin diri sendiri dengan bergaya bertahan trus pada akhirnya malah muntah di kamar mandi atau melakukan ulah yang lain seperti nyenggol gelas ampe pecah, dan lain sebagainya.

Nah berakhirlah ngelmu boyin edisi premium ini, jika ingin copas tolong sertakan sumbernya yah karena ini murni pengalaman pribadi. Buat yang suka minum juga, bisa sharing disini biar tambah lengkap ilmu kita..heee

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
89 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
boon_chiet
11 years ago

klo di lapo (kedai) tuak, memasuki gelas kedua, ngomong udah mulai ngawur :em66: ada bahkan yang curhat di kedai sambil nangis :em65:

aneh2 ngelihat tingkah orang mabuk. btw, mas sanggup sampe 17 kaleng?

boon_chiet’s postingan di blognya..asal mula si boon_chiet

suwung
suwung
11 years ago

:em70: weh kayak menado?
weh ada ngelmunya juga
wakakakakakakaka
sip mas…. biar semua bloger pake kata ngelmu

suwung’s postingan di blognya..Hampir mati diatas manado

suwung
suwung
11 years ago

wah pertama aku wakakakakaka

suwung’s postingan di blognya..Hampir mati diatas manado

Blog Cantik
11 years ago

Mirip exercise kontrol diri, pakai media bir..!

deviw
11 years ago

:em48: aku jadi inget MasDa, sering ngeluh pips terus kalo banyak ngebir. masBoy, jurus tadi bisa buat perut rata gak, meski banyak ngebir? tu perut MasDa dah kaya semar, sebel.

deviw’s postingan di blognya..Ikutan Euforia Obama

boyin
11 years ago
Reply to  boon_chiet

Di Lapo emang alkoholnya lebih banyak kali yah..bisa 17 kalo minumnya pake gelas diisi es batu heee..maklum masih tradisional disini

- s L i K e R s -
11 years ago

Wah kalau nanti kebetulan jalan2 ke vietnam, pengen juga nih ngerasain yang seperti ini.. btw, enak gak bos idup di veietnam? Kalau lowongan kerja disana banyak tersedia gak? Bingung nih lagi cari – cari kerjaan, pengennya di luar negeri…

– s L i K e R s -’s postingan di blognya..Evaluasi Parameter SEO Dengan SEO Queke

~noe~
11 years ago

Om, pernah ngerasain oplosan dari Semarang ndak? Sekarang lagi hangat-hangatnya nih. Oplosannya : alkohol 90%, ginseng, extrajoss, teh basi, vanili, dan vetsin. Kadang-kadang dikasih autan juga. Tapi barusan kemarin 15 orang tewas dengan suksesnya, padahal biasanya gapapa. Cuma ndelosor di trotoar aja sampai siang. Apa yang salah ya…

salam…

~noe~’s postingan di blognya..Nusantaraku

pakde
11 years ago

satu kalengpun gw gak bakalan habis bos!!!

wempi
11 years ago

minumnya pake sendok om baru paten, hihihi… :em36:

Juliach
11 years ago

Tambahan teknik + persiapan:
– Perut jangan kosong.

Soal minum arak:
– aku senang minum arak dari Tulamben, Bali dan saguer dari Menado/Ambon. Arak ini bisa diminun langsung tanpa campuran. Lebih enak di simpan dalam frezer selama beberapa jam sebelum dikomsumsi dan gelas yang dipakaipun juga harus didinginkan (seperti vodka saja).
– Arak juga enak utk cocktail. Caranya gampang hanya dicampur dengan sari jeruk Medan/mandarin (tanpa ditambah air dan gula),bagi yang suka asem sekali bisa dicampur dengan jeruk nipis hijau.

Enak lagi minum wine. Kalau yang ini aku bakal cerita di blogku….hehehehehehe………

Juliach’s postingan di blognya..Sorry libur ngeblog

Juliach
11 years ago

Bir mah alkoholnya hanya 5-7%. Aku kuat minum sampai 10 kaleng kalau lagi ada pesta Rugby/sepak bola, so pasti sambil makan Choucrute (hidangan kol fermentasi + daging ham).

Bir juga baik bagi pengidap batu ginjal yang suka kambuhan. 1 botol sekali makan ditambah minum air mineral banyak-banyak.

Juliach’s postingan di blognya..Sorry libur ngeblog

dobleh yang malang
11 years ago

bang……………..kapan ngundang blue ke acara abang?hehehe
bang ikutan di postingan blue jangan marahin blue ya?OK
salam persahabatan penuh kehangatan selalu

dobleh yang malang’s postingan di blognya..Pesta Valentine………..

mel
mel
11 years ago

“GREAT”……….”GREAT”………”GREAT”………

antown
antown
11 years ago

saya juga suka minum
tapi air putih dan es jus 😀 :em47:

marsudiyanto
11 years ago

Pengin nyoba…
Kalau ada sisa bisa dikirim Mas Boy…
Di zip dulu nanti saya downloadnya

marsudiyanto’s postingan di blognya..Suara Anak Jangkrik

gajah_pesing
gajah_pesing
11 years ago

sumpah, saia lebih tertarik dengan potonya :em34:

Juliach
11 years ago

Nambah dari Manado: Sopi anak rusa! Minumnya kayak vodka juga.

Juliach’s postingan di blognya..Sorry libur ngeblog

syamsu
11 years ago

wah bisa neh tipsnya..
hehehe

syamsu’s postingan di blognya..Codec tambahan untuk file video yang bermasalah

Norjik
Norjik
11 years ago

kl saya mah minum cocacola aja mabok bang, apg minum bir. :em37:

Norjik’s postingan di blognya..Susah minyak di kota minyak

Mahendra
11 years ago

Sayang terlambat dapat ilmunya…, karena saya dah gak minum alkohol lagi sejak 15 tahun yang lalu…

Bukan mau sok alim… Tiap kena alkohol bawaannya buang-buang air besar…, *men…t*…

Hihihihihihi…. 😀

Mahendra’s postingan di blognya..Pemilu, Mencari Kepemimpinan Alternatif ? (Bagian 2 dari 2)

Andy MSE
11 years ago

waktu sma saya sering minum ciu mbekonang dicampur fanta 1:1, menemani melek malem minggu. saya jarang merasakan jenis minuman lain karena sebelum banyak mencoba saya sudah kadhung tobat duluan… nggak pernah minum minuman beralkohol sampai sekarang.
btw, tips-nya boleh juga tuh!

Andy MSE’s postingan di blognya..rindu senyuman

Lala
11 years ago

Widih..
Pasti kamu canggih bener tuh, sampai punya teori khusus seperti ini… keren euy, sudah dapet trophy berapa biji, Pak? hehehe…

Aku belum pernah minum alkohol..
okay, ngincipin dikit sih pernah. Tapi ga ada enak-enaknya… 🙁
Bir? belum juga… 🙁
Paling banter minum Greensand zero… hehehe

Lala’s postingan di blognya..Aku dan Perempuan Ini

Danta
Danta
11 years ago

Say no to alcohol :em47:

Danta’s postingan di blognya..KlikAjaDeh.com, PTC Indonesia yang Baru Lagi..

thesite
11 years ago

ciunya mana omm kok belum ada

anggota sersan AP

thesite’s postingan di blognya..Pesantren dan radikalisme

dian
11 years ago

PRnya udah dikerjain :em47:

jangkrik goreng kayak di thailand itu ya ? doooh tak pikir dulu kecoak kekeke

dian’s postingan di blognya..PR blog

ichanx
ichanx
11 years ago

kalo lomba bir, gw pasti kalah…. tapi kalo lomba minum jamu, ayo lah… hihi

ichanx’s postingan di blognya..Poster Pemilu : Siapakah Mariana Deden?

trackback

[…] by juliach on January 23, 2009 Mau istirahat diajakin minum sama Om Boyin! Uh!!! Sebel!!! Mana lagi dikasih kerjaan yang njlimet ruwet dan harus cepat selesai sama Tuan […]

Rian Xavier
Rian Xavier
11 years ago

Ah saya ndak suka minumannya. :em68:

Rian Xavier’s postingan di blognya..Emosi

Blog Cantik
11 years ago

Cukup menantang, tapi…side effectnya? pikir-pikir…!

Blog Cantik’s postingan di blognya..Female Power

nono
11 years ago

mengandung sedikit alkohat… :em27:

nono’s postingan di blognya..Antara Harga Diri dan Gengsi

sawali tuhusetya
11 years ago

di indonesia, agaknya tradisi minum bir atau minuman keras yang lain sangat dipengaruhi oleh lingkungan, mas boyin. waktu lulus kuliah, saya pernah juga minum2 seperti itu. duh, efeknya ternyata bener2 nggak enak. lingkungan saya yang rata2 santri sering memberikan penilaian miring terhadap saya, hehehe …

sawali tuhusetya’s postingan di blognya..Pengumuman Review Cerpen Terbaik

Aling
11 years ago

Ya sama juga dengan kebiasaan orang sini, saya sih menghindar alkohol, cuma untuk menghormati tamu atau orang yang lebih tua, biasanya mengangkat gelas tanda cheers (bahasa sini “gan bei” )saya lebih memilih anggur merah dicampur minuman kaleng, takut mabuk hahaha.

saya punya banyak teman orang Vietnan yang disini, mereka jago minum dan jago karoeke.

Selamat menikmati tahun baru dinegeri orang, semoga bahagia selalu ya! :em32:

Aling’s postingan di blognya..Anak Katak Dan Hujan

aRai
aRai
11 years ago

untung ga suka ngebir … maksudna ga suka kalo ampe 7 botol :em65:

iwan
11 years ago

helooooo……………….
ksini ajah………………
banyak loh………………..

easy
11 years ago

puyeng kalo minum bir 😀

*sok pernah minum

easy’s postingan di blognya..Menyambut Imlek