Protected by Copyscape

Jangkrik goreng ini, bukan kecoak

Seperti biasa, setiap bulan saya mengambil jatah libur untuk menengok istri dan anak yang ada di kamboja. kalo kata orang “life is struggle” itu emang berlaku buat saya. Gimana nggak mereka udah saya ajak keluar negeri…eh masih saya tinggal lagi ke negeri yang lain. “Dobel luar negeri” istri saya bilang. Tapi dengan alasan untuk masa depan,apa boleh baut…..eh buat maksudnya. Liburan minggu ini (makanya jarang blogwalking nih), saya sempatkan jalan jalan dengan istri di sebuah pasar di tengah kota Phnom Penh. Pshar Thmey atau central market sesuai dengan namanya pasar ditengah kota.

Sore hari adalah waktu yang tepat kalo ingin hunting makanan tradisional karena para pedagang itu mulai menjajakan dagangannya kebanyakan di sore hari. Ada yang jualan bubur isi jeroan, sate jeroan, cumi bakar, mie goreng ala kamboja yang mie nya gede gede campur toge sampai kayak di Indonesia yaitu rempeyek udang.

Saya tertarik untuk berhenti di pedagang serangga goreng, ada macam macam yang saya sendiri cuma tau yang jangkrik dan laba laba pohon aja..yang lainnya sayangnya saya gak tau apaan aja itu. Karena tau kita bukan orang lokal (muka sih lokal), maka untuk iseng iseng coba saya membeli 4 buah jangkrik dan 1 laba laba dan lumayan dimahalin ama yang dagang sekitar 2000 real atau Rp.5000. Sebenarnya saya rada segan makan jangkrik ini karena hampir selama 8 tahun saya selalu disuruh bapak untuk membeli jangkrik untuk si wawan ikan arwana kami setiap 3 kali seminggu di pasar burung. walaupun akhirnya tuh ikan meninggal dunia pada 2005 lalu karena ketuaan.

Kresss..kress…wah ternyata jangkrik goreng lumayan enak juga, pantesan kata orang orang sini itu merupakan snack peneman minum bir. Sayapnya lebih baik di buang biar gak nyangkut ke tenggorokan. Bagaimana dengan laba laba? laba laba besar ini biasanya banyak ditemui di pohon kelapa..setelah dicoba rasanya sangat gurih, renyah dan kepalanya terasa manis. Bagaimana dengan yang lain? Ah sudahlah, makan dua yang ini aja harus mengerahkan keberanian selain diprotes juga ama istri, jijik katanya.

Untuk masyarakat kita makanan ini kurang lazim sama juga dengan banyaknya para pedagang telur rebus yang telurnya itu aduuuh (sayang saya gak photo) yang sengaja di dagangkan dengan kondisi sudah terbentuk janin anak ayam itu. herannya? laris manis, katanya sih buat vitalitas pria..busyet dah. Karena makanan mereka inilah yang membuat teman saya orang Indonesia yang jadi pengusaha di kota ini kalo suka marahin anak buahnya yang asli kamboja itu selalu dikaitkan dengan makanan mereka dengan bahasa Indonesia seperti ini “elu sih makannya kecoak mulu makanya kagak mudeng mudeng deh kalo di jelasin!” katanya. Jelas aja si anak buah gak ngerti bahasa si boss.

Saya gak tau hubungannya makan jangkrik ama otak cuma taunya makan ikan aja yang bikin pinter. Ada yang tau makan apa lagi yang bikin pinter?

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
72 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
boyin
11 years ago
Reply to  Andy MSE

lah, itu mungkin sama kali mas.

boyin
11 years ago
Reply to  hamka

renyahnya kayak kulit ayam.

boyin
11 years ago
Reply to  suwung

krasa ser ser gimana gitu..halah..hostingan baru muantep deh pokoknya wung..

boyin
11 years ago
Reply to  dinda_cute

dua tahun 1996 ama 1997.

boyin
11 years ago

bolehlah..siip

boyin
11 years ago
Reply to  harianku

lah yang bilang kecoa tu sopo..jangkrik lho sesuai dengan judulnya..heeee

boyin
11 years ago
Reply to  nono

kalo di liat dari emotnya mungkin masih bingung antara mau makan ato udah kenyang duluan yah..hahhaha

quinie
11 years ago

hoh? sayah baru tau… enakan manah rasanya ama pecel lele? :D. Mampir and salam kenal ya mas

quinie’s postingan di blognya..agenda 2009

gedeblog
gedeblog
11 years ago

hmmm, pasti guriih2 gmn gtuu? ma laron enak mana ya?? :em44:

gedeblog’s postingan di blognya..About Maryamah Karpov bag. 2 ( review )

Juliach
11 years ago

Jaman SD dulu aku sering diajak bapakku cari jangkrik. Kalo lagi musim dapat banyak. Aku pikir besok bakal menang adu jangkrik! Ehhh….ternyata jangkriknya sudah ada di meja makan untuk sarapan pagi bapakku…uuuuuu…pada nangis semua!!!!

Selain jangkrik: ulat sutra juga enak lho! Aku paling suka ommelette laron dan cacing laut!

Juliach’s postingan di blognya..Prononciation/Pengucapan dalam Bahasa Perancis 1

boyin
11 years ago
Reply to  Juliach

wah nggak nyangka mbak juliach banyak pengalamanya ya?

boyin
11 years ago
Reply to  quinie

kalo saya lebih milih pecel lele donk.

krismariana
11 years ago

jadi ingat, dulu aku pernah jijik waktu ditawari belalang bacem. nggak kebayang gimana rasanya. tapi melihat teman saya lahap sekali makannya, saya jadi pengen. dan pas dicobain …. uenak lo! bener! gurih banget. kali jangkrik rasanya nggak jauh beda sama belalang ya? hehehe

krismariana’s postingan di blognya..

trackback

[…] Saya hanya bisa mengguman dalam hati sambil mengumpat “dasar kecoak.” yah itulah nama panggilan mereka kalo kita sempet frustasi jika kita berhadapan dengan orang orang lokal ini.lho kok panggilnya begitu? nah kalo rekan blogger sering ngikutin postingan ini ada sejarahnya tuh. bisa di baca postingan saya terdahulu disini. […]

ali hadun
11 years ago

boy,lo masih tinggal di utan?
tambah dekil donk?!

ali hadun’s postingan di blognya..versi pharaoh

reogjhatilan
10 years ago
Reply to  ali hadun

:em48: nama entong ngaku BOY ?!moal pantas,orak pas.

demibara
9 years ago
Reply to  boyin

2000 Real = 5000 Rupiah.
Masak iya, lebih kere? :em39:
.-= demibara´s last blog ..Cari Uang Dengan Membaca Dan Berbagi Artikel Di IMCREW =-.

Alex
9 years ago

Rasane kaya walang goreng ya mas, kaya udang goreng juga… Enak iku mas, nek mangsa ketiga nang kampung sering masak jangkrik goreng…

rachmadi
rachmadi
9 years ago

Waktu masih anak2 dulu saya suka makan belalang,laron, anak tawon madu, gangsir/jangkrik, enthung pisang, kelabang, gendon kelapa,semuanya digoreng dan rasanya gurih tenaan. Kalau dalam gambar diatas ada yang mirip kecoa, itu sebenarnya bukan kecoa tapi kowangan, ukuannya 2x lipat dari ukuran kecoa, hidupnya disawah. Kalau digoreng memang gurih rasanya, selalu dipakai ibu2 dikampung sebagai obat untuk anak2 yang suka ngompol. Kalau gak percaya gak usah jauh2 keKambodia, di Bangkok semua makanan itu juga ada. Tapi setelah dewasa dan pemahaman agama mulai membaik dan sering tanya keustadz, ternyata tak semua serangga yang saya sebut diatas itu halal, sebagian daripadanya termasuk yang haram untuk dimakan.

aswin
aswin
6 years ago

bisa jadi peluang bisnis tuh mas, kl mas mau kan bisa eksportir jangkrik ke kemboja. kami siap bermitra ama mas tuk masok jangkrik