Tag Archives: ekonomi

Yuk, bermain insentif

insentif1Liburan emang enak diisi dengan baca buku selain jalan jalan bersama keluarga tentunya. Kali ini selain nemu bahan bacaan baru di blog orang lain juga gak kalah menariknya baca buku buku lawas.

Kali ini saya lagi membaca ulang bukunya ekonom muda Amerika Steven D lewitt yang salah satunya tentang peran insentif disegala bentuk permasalahan di kehidupan kita. Sangat menarik mirip mirip hubungan sebab akibat.

Menurut beliau, ilmu ekonomi akarnya adalah ilmu yang mempelajari insentif yakni bagaimana orang memperoleh apa yang dia inginkan, khususnya pada saat orang lain ingin atau membutuhkan hal yang sama. Ekonom tipikal biasanya percaya bahwa tidak ada masalah di dunia ini yang tidak bisa diselesaikan dengan merancang insentif yang tepat. Meski solusi itu tidak selamanya indah, bisa melibatkan paksaan, penalti yang berlebihan bahkan pelanggaran terhadap kebebasan manusia. Namun masalah utama akan selalu dapat terselesaikan. Insentif bagaikan peluru, pengatur, kunci, bahkan dianggap sebagai obyek kecil dengan kekuatan dasyat untuk mengubah situasi.

Read more »

Lunar New Year: refleksi pengembangan diri

ang-paoPagi ini tidak seperti biasanya, walau hari minggu dan seperti biasa saya selalu bekerja di hari minggu, ada suatu suasana lain yang saya rasakan.

Setiap melewati staff yang bekerja pagi ini, terlihat senyum mengembang di bibir mereka. angin dingin sepoi sepoi terasa segar dan mendukung indahnya suasana. Yah..hari ini adalah hari terakhir penanggalan Lunar Kalendar alias besok sudah Tahun Baru!

Read more »

Analisa finansial tutup tahun

finance2

Tidak terasa 5 hari lagi akan menjelang tutup tahun, rasanya hari berganti hari, bulan berganti bulan begitu cepatnya hingga saking tidak relanya saya selalu lupa hari dan memundurkan hari tanpa saya sadari. kalo umpamanya hari ini jumat, saya selalu mengira masih hari kamis dan itu sering banget di ingatkan oleh anak buah saya.

Untuk postingan terakhir tahun ini ingin sebenarnya sharing dan mengajak sahabat sahabat blogger untuk bersikap atau mengambil ancang ancang menghadapi tahun 2009 yang kata banyak pakar bakalan sulit kedepannya. Tapi agaknya sudah pernah saya posting di sini mengenai bagaimana mencanangkan hidup hemat dengan mengatur cara pemakaian kartu kredit serta menyikapi hutang.

Read more »

Anak Balita Lupa Bapaknya?

balitaAda ada saja cara CNN untuk mengupas habis masalah krisis ekonomi global ini. Pagi pagi 2 hari yang lalu di ceritakan tentang kisah keluarga kecil di Jepang, Sepasang suami istri dan 1 anak balita dibawah 3 tahun.

Konon diceritakan bahwa sang suami harus bekerja 14 jam per hari dan 3 jam menuju tempat kerja alias 6 jam bolak balik. total 20 jam setiap harinya. dari jam 5 pagi berangkat dan baru midnight nyampe rumah.

Dalam sesi wawancara dengan sang istri yang ibu rumah tangga itu mengaku bahwa sudah beberapa kali sang buah hati lupa akan wajah ayahnya. Jadi setiap beberapa minggunya si anak menangis karena mengira sang ayah adalah “stranger” alias orang asing.

Read more »

Ayo jangan ngutang lagi! mau dekat tahun 2009

Setiap hari kalo membaca berita berita di koran semakin hari semakin membuat saya ketakutan. Gimana gak takut lha melihat raksasa dunia seperti Amerika kok makin lama makin tumbang. Setelah krisis kredit perumahan lalu berakibat pada perbankan mereka setelah itu minggu lalu beredar kabar 3 raksasa otomotif Amerika juga bakalan rontok tahun depan sampai mereka kampanye besar besaran minta tolong pemerintah untuk dikucurkan dana agar mereka terbantu dari kebangkrutan. Total tersiar kabar lebih dari 2,2 juta pengangguran disana.

Read more »

Antara premanisme, lapangan kerja dan bahasa inggris.

Minggu kemarin semakin marak diberitakan di koran mengenai giat giatnya aparat polisi kita dalam memberantas para preman di seluruh Indonesia khususnya di Jakarta. Ribuan preman ditangkap dan ratusan orang yang sudah terproses hukum. Terobosan ini tentunya sedikit menggembirakan bagi kita terutama untuk masyarakat yang sering bersinggungan setiap hari dengan para preman ini walaupun banyak pula yang berkomentar miring terhadap gebrakan yang dilakukan institusi kepolisian, apakah akan terus konsisten atau sementara saja.

Read more »

Rupiah 10.000, Insan perhotelan pada senang

Ternyata kalo rupiah tambah naik bukan orang hotel aja yang senang tapi entah mengapa wapres kita juga senyum senyum, itu yang saya baca di kompas tadi sore. Kalo penasaran kenapa beliau senyum ya tinggal di klik aja link yang saya bikin.

Tapi blog ini jelas tidak membahas politik (karena emang bukan backgroundnya) hanya saja buat yang awam tentang industri perhotelan kenapa tidak hanya orang perhotelan di luar negeri yang senang dollar naik, tapi di dalam negeri juga pada senang, tebakan yang paling umum dan masuk akal biasanya

Read more »