Protected by Copyscape

Berganti Peran

Fenomena baru di sekitar kita. Ketatnya persaingan di semua industri sekarang ini membuat bekerja dengan keras, bekerja dengan baik, loyal, mempunyai leadership yang baik tidaklah cukup kuat mengcounter perlambatan ekonomi, ketatnya persaingan antar industri apalagi yang sudah menjelang saturated. Hal ini akhirnya berdampak terdepaknya profesional berumur yang tergantikan dengan kebutuhan budget industri yang hanya mampu membayar profesional muda bergaji murah karena memang simbiosis mutualisme. Yang employee perlu jabatan dan pengalaman dulu sedangkan yang industri memang terpaksa memangkas budget karena faktor external tersebut.

Dampak dari menganggurnya kepala keluarga ini tentunya tidaklah mudah dari segi mental, spiritual apalagi financial. minggu berganti, bulan berganti, beberapa akhirnya menyerah. Hal ini tentunya menakutkan khususnya kepada pasangan sehingga segala cara di tempuh for survival mode. Disinilah fenomena berganti peran ini terjadi. Tidak disadari tetapi muncul di permukaan.

Bukan bermaksud mengajari, tetapi tips ini mudah mudahan membantu yaitu:

  1. Selalu dekat dengan Industri (update) anda walaupun anda sudah memutuskan switching dengan industri yang lain untuk mencari sumber penghasilan yang lain.
  2. Perkuat jaringan dan mengenal banyak orang baru yang bisa mensupport anda. Hal ini sangat memungkinkan karena anda punya waktu luang khan?
  3. Perkuat dengan mempertajam keahlian yang lain yang menunjang keahlian yang anda punya saat ini sehingga membawa nilai tambah saat akan melamar pekerjaan lagi.
  4. Rendahkan hati, restructure your mental dan ambil dulu semua peluang yang ada.
  5. Tambah pengetahuan yang mensupport pekerjaan anda yang sering anda lupakan. Ini bisa menambah impresi bagus pada saat ada kesempatan interview.

Jangan lembek dan mudah menyerah kawan. Mudah mudahan tips ini akan menguatkan anda terutama yang sedang mengalami nya. Kita tidak pernah tau berapa bulan atau berapa tahun yang Tuhan buka peluang untuk anda dalam membalikkan masa masa kehidupan yang stabil terjadi lagi. SABAR saja.

FYI aja saya berani nulis ini karena sudah 5x mengalami hal ini…3x di Luar Negeri, 2x di Dalam negeri….heee…

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of