Kenapa gaji Supervisor hotel kecil?

Beberapa komen yang masuk mempertanyakan tentang postingan saya sebelumnya disini bahwa kenapa setelah golongan Rank & File itu memakai standard UMK masing masing kota tetapi supervisornya hanya naik sedikit?

Secara logika yang masuk akal jawabannya akan banyak komponen yang mempengaruhi diantaranya adalah:

1.Loyalitas

Mendapatkan promosi dengan “menyisihkan” begitu banyak pesaing diharapkan anda akan bekerja lebih giat untuk mendapatkan tempat yang lebih baik berikutnya di level C atau Assistant Manager. sebagai gambaran di setiap department misal Front Office, anda mempunyai teman yang selevel anda yang terbagi dari 3 shift itu sebanyak 15 orang. Biasanya dengan staff sebanyak itu hanya dibutuhkan 2 Supervisor saja…luar biasa bukan? Nah selanjutnya untuk menjadi Assistant Manager Front Office atau Duty Manager hanya ada 3 posisi yang di perlukan dan anda hanya perlu “mengalahkan” pesaing anda yang hanya cuma 1 itu dibanding perjuangan anda mengalahkan 15 orang pada masa anda menjadi staff dulu. Mengerti?

2. Pekerjaan hampir sama

Di Hotel menjadi supervisor tidak seperti di corporate lain yang mendadak menjadi mandor. Pekerjaannya sama hanya ditambahi tanggung jawab sedikit lebih untuk memeriksa pekerjaan staff anda di area administratif, sequence (standard urutan kerja) atau SOP, dll.

3.Masa Belajar

Menjadi Supervisor di hotel anda masih bisa meng oper masalah ke atasan anda dengan gampang bahkan bisa seketika anda mendapatkan kesulitan untuk memutuskan karena dianggapnya anda masih belajar untuk memikul tanggung jawab yang lebih besar di kemudian hari. Lain halnya dengan Assistant Manager apalagi yang bekerja di Malam hari sampai Pagi, tanggung jawabnya sudah beda. Makanya banyak juga supervisor yang tidak pernah naik naik jabatan setelah sekian lama bekerja malah boleh dibilang hampir seumur hidup masa karirnya karena selalu merasa belajar terus dan mengoper terus setiap ada kesulitan tanpa ada kemajuan yang berarti untuk karir nya. Sayang ya?

Yah, itu adalah beberapa alasan dari masalah diatas. Jadi buat adik adik yang promosi dari staff saya ucapkan selamat dan yang sabar dan ulet untuk menggapai jenjang yang lebih tinggi !

  1. dan biasanya cukup lama juga untuk naik ya mas boy, soalnya masih ada senior yang belum mengalami kenaikan.

    dulu, waktu aku sempat kerja di hotel pun demikian, malahan naasnya saat dijanjiin promosi sama hrd nya eh malahan hanya janji palsu 😀

    Reply

    Boyin Reply:

    @deddyhuang.com, Kudu sabar soalnya tinggal kita aja kandidatnya.

    Reply

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>