Standar kisaran gaji Staff, Manager, GM Hotel Bintang 3, 4, 4+, 5

2bucks1Penentuan ini tidaklah mudah, selain UMK yang berbeda beda di setiap kota di Indonesia ini, jika dipaparkan pun banyak yang akan protes mengenai hal ini karena seperti judul diatas, bagaimana menentukan yang Bintang 3 dengan yang Bintang 3+ misalnya. Bintang 4 dengan Bintang 4+, atau bintang 5 kelas lokal atau yang kelas reputasi Internasional, semuanya perlu pengalaman dan hanya feeling yang bermain.

Komponen penentuannya sangat banyak dan beragam, tetapi lebih gampangnya begini, anda kudu sedikitnya tahu mengenai kualitas bahan bangunan yang digunakan oleh hotel tersebut untuk mengukur kualitas dari sebuah hotel yang di klaim berbintang ini. Bukan hanya sekedar besar bangunannya saja, apakah marmer nya asli atau print dari Cina, apakah memakai granit kualitas bagus atau hanya yang biasa saja atau hanya keramik kualitas rendah. Nah itu yang harus dipahami, karena itu menentukan kualitas investasi dari owner atas hotel tersebut. Beberapa hotel dibawah management hotel yang mumpuni tetapi kualitas hotelnya dan bangunannya minim. Selain itu lebih banyak bermain feeling aja dan maaf feeling ini makin tepat jika anda sudah banyak sekali pengalaman bekerja di hotel sehingga tidak salah mengestimasi.

Umumnya level di hotel dibagi berjenjang yaitu dari,


R&F atau yang disebut Rank & File alias staff
Level D atau Supervisor
Level C atau Assistant Manager
Level B atau Assistant Dept. Head B
Level A atau Dept. Head A alias Manager /HOD
EXCO alias Director of Room, Director of Engineering, dsb. Tapi banyak yang menjabat ini dengan gaji dan pangkat seperti Dept. Head
EAM alias Assistant GM
GM atau Hotel Manager. Sekarang Hotel Manager asosiasinya adalah GM di hotel kecil padahal di Singapore sono sebutan GM di hotel sekelas Four Season sebutannya Hotel Manager.

Untuk hotel bintang 4 kebawah kebanyakan tidak memakai EXCO, bahkan tidak memakai Assistant. Dept Head B bahkan EAM. Jadi gak usah rancu ya guys! tidak ada yang pasti. Masing masing hotel beda beda.

BINTANG 3/3+

R&F UMK / UMK+
D     2.5 – 3.7 Juta
C     3.5 – 4.5 Juta
    4.5 – 5.5 Juta
A     5.0 – 6.5 Juta
EAM 9.0 – 12 Juta
GM   15 – 25 Juta

BINTANG 4/4+

R&F UMK / UMK+
D     2.8 – 4.5 Juta
C     3.5 – 5.0 Juta
    4.5 – 8.0 Juta
A     7.0 – 18 Juta
EAM 10 – 20 Juta
GM   20 – 45 Juta

BINTANG 5 (Local, Local Franchise, non luxury collection)

R&F UMK / UMK+
    3.5 – 5.5 Juta
    5.0 – 8.0 Juta
B     8.0 – 15 Juta
A /Exco  10 – 23 Juta
EAM 15 – 30 Juta
GM  32 – 55 Juta

Semua yang dipaparkan ini hanya untuk gaji basic orang Indonesia asli ya guys alias bukan gaji Bule dan belum termasuk service charge, untuk fasilitas seperti tunjangan pulsa HP, mobil, makan, entertainment/ officer check, uang spp anak sekolah, skema pensiun dan lainnya belum termasuk karena sifatnya kebijakan saja dari masing masing management/ operator atau owner.

Jika ada yang tanya kok range nya jauh banget dari yang terkecil ke terendah karena balik lagi ini masalah kebijakan dari pihak management maupun owning company atau hasil dari negosiasi karyawan tersebut. Nasib nasib an lah…yang jelas jangan mau di bawah itu.

Hal ini penting saya tekankan disini karena banyaknya pemilik hotel yang tidak tahu range gaji dan di perparah oleh candidate karyawan yang tidak tahu range nya juga sehingga setelah banyak bergaul kita hanya bisa bengong bengong saja meratapi gaji kita yang kurang “PAS” itu. Tetapi sekali lagi di kota mana anda tinggal dan di property apa sangat menentukan hasil akhirnya. Saya terbuka untuk masukan yang lain karena bisa saja hotel di daerah kotamadya tingkat 2 range nya tidak segitu atau daerah pelosok seperti gorontalo, kupang, dsb. Silakan di update ke saya. Untuk kelengkapan informasi kita bersama.

Demikian gambaran kasar dari saya, tujuannya agar insan hotelier Indonesia mendapatkan tempatnya di negeri kita sendiri. Amin!

Ps. Jangan coba coba japri saya kisaran gaji ini untuk hotel mana aja ya? soalnya ini kudu tetap confidential.

Leave a comment ?

16 Comments.

  1. Sepertinya nggak jauh beda dengan perusahaan lain yang levelnya sama, ya

    Reply

    Boyin Reply:

    o gt ya..saya kurang paham sama yg lain

    Reply

  2. Hallo admin,
    saya perwakilan Digital Agency.Saya merasa tertarik dengan postingan anda. Jadi, saya tertarik untuk memasang sponsored post di blog anda (boyindra.com) Jika anda tertarik maka mohon hubungi saya rainnisa1993@gmail.com , atau boleh saya tau alamat email mas/ mba ?

    much thanks 🙂
    Rain

    Reply

  3. Halo mas range gaji diatas untuk ukuran di daerah /ibu kota mas? Kalau untuk di daerah range kira-kira berapa ya mas…

    Reply

    Boyin Reply:

    @Rani, Cek UMK nya trus di pro rata kenaikannya dari dasar UMK tersebut…di kira kira aja…

    Reply

  4. Itu tergantung hotelnya ya mas?

    Reply

    Boyin Reply:

    Kategori Hotel, standar UMK dan brand hotelnya

    Reply

  5. Hotel bintang 3 yang sebesar apa ka? Dekat kawasan rumah ku bentuk hotel nya kalo terlihat dari depan seakan cuma ada 7lantai aja? Nah hotel yang segitu berapa tuh kisaran gaji nya ya?

    Reply

    Boyin Reply:

    @n, tidak bisa dilihat dari berapa banyak lantainya, bisa dilihat brand yang digunakan, jenis kualitas bahan bangunan sampai amenities di dalam kamarnya…lihat postingan diatasnya.

    Reply

  6. Ini data 2016, kota mana?
    buat Jakarta, 2016 Upah Minimum Sektoral sudah 3.255.000, 2017 3.523.000.

    Reply

    Boyin Reply:

    @Marcela, baca lagi standard RF itu di UMK..kalo supervisor memang range dari RF biasanya sedikit sekali. beberapa hotel hanya memberi sekitar 100 ribu saja bedanya karena supervisor mempunyai kans yang sangat besar untuk menjadi assistant manager.

    Reply

  7. setelah memilaht gajinya jadi pengen kerja di Hotel berbintang 😀

    Reply

    Boyin Reply:

    @kevin, heee…enak kok bagi yang suka jalan jalan bisa bekerja di seluruh indonesia bahkan asean

    Reply

  8. maaf gan mau tanya kalo umk semarang kota berapa ya sekarang? truz klo untuk marketingnya rata2 range salary untuk marketingnya berapa ya? terimakasih

    Reply

    Boyin Reply:

    Marketing untuk awal biasanya UMK ditambah sekitar 100 – 500 ribuan. Tergantung dari status berbintang hotelnya.

    Reply

  9. jadi kepengen kerja di hotel berbintang 😀

    Reply

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>