Gaji Expat di patok di Kurs Rp.12.000

Baru mendapatkan informasi bahwa dalam rangka menolong pihak pengusaha yang kebetulan mempunyai karyawan expat yang digaji dalam mata uang US dollar, maka mulai bulan Oktober ini pemerintah mengeluarkan peraturan yang dimana expat yang bekerja di Indonesia akan mendapatkan gaji dalam bentuk rupiah dengan kurs yang dipatok sebesar Rp.12.000.

Hal ini tentunya merupakan kebijakan pemerintah yang berpihak kepada pengusaha lokal karena speerti yang kita tahu bahwa Gaji adalah komponen terbesar dalam biaya yang harus dibayarkan perusahaan selain biaya energi seperti listrik dan air. Kalau kurs dollarnya gak karuan seperti ini tentunya banyak pengusaha yang mengeluh. Bahkan ada beberapa perusahaan yang menurun produktifitasnya dikarenakan gaji beberapa manager lokal kalah dengan anak buahnya yang expat gara gara selisih kurs yang menggila ini. Kalo awal awal kerja masih dikisaran Rp.10.000 si boss masih tinggi gajinya , nah semenjak kurs sampai RP.14.500 eh malah gajinya dengan anak buahnya yang expat malah sama dan cenderung lebih tinggi…haaa…jelas gak semangat lah kerjanya.

Namanya juga kebijakan banyak yang gak tau, makanya kalo ada rekan rekan yang bekerja dengan menggunakan tenaga expat mudah mudahan bisa terbantu dengan informasi ini. Terus terang saya sendiri juga belum lihat secara langsung surat dari Permen(peraturan menteri) tenaga kerja ini. Tetapi daripada nungguin Permen nya mendingan rekan rekan cari tau sendiri karena memang belum ada yang mengunggahnya di internet.

 

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>