Ikut roadshow ke China dengan Dinas Budpar DKI

Beberapa waktu yang lalu, saya sempet bersyukur bahwa akhirnya hotel kami dapat jatah untuk ikut roadshow ke negara China dengan gratis ke 3 kota. Maklum perhelatan ini adalah perhelatan tahunan untuk memperkenalkan Jakarta di Negara China. Dari ratusan hotel di Jakarta, hanya 9 hotel yang ikut serta, selebihnya adalah kebanyakan dari rombongan musikal dan penari betawi.

Tujuan dari roadshow ini tentu saja tidak lain dan tidak bukan untuk memperkenalkan budaya betawi dan mengundang turis China untuk ke Jakarta, tak kurang dari 150 buyers dalam setiap kota yang datang disuguhi tari tarian dan budaya betawi serta lagu dan musikalnya.

Kota yang di singgahi untuk tahun ini adalah kota Guangzhou yang terkenal dengan pusat perdagangannya, kalo mau shopping dengan harga murah terutama tas ada disini, karena ada gedung sekelas ITC yang dari lantai 1 sampai lantai 4 isinya jual tas aja…heee…puyeng milihnya.

Kota yang kedua adalah Harbin. Harbin ini letaknya diatas banget, hampir berbatasan dengan Rusia, jaraknya kurang dari 600km dari Rusia, jadi musim panas aja sejuk kayak di puncak kalo musim dingin bulan Desember keatas bisa mencapai -37C…lebih dingin dari freeser kulkas.

Makanya selalu ada festival pahatan es tahunan pada musim tersebut dan di sepanjang jalan orang orang meletakkannya di jalanan tanpa takut es mereka mencair…..duh pinginnya kesana musim dingin tapi apa kuat ya?? Barang barang souvenir didominasi oleh barang Rusia, dari Vodka (ehmm….), coklat sampai boneka matouschka….murah murah dan pasti kalap mborong deh. Minum beer disana juga super seger…bisa merem melek..heee karena alkoholnya rendah juga..hanya 3,7%.

Kota ketiga adalah Hanzhou. Sayang terus terang saya tidak mengikuti di kota ke tiga itu karena panggilan tugas membuat saya harus pulang lebih dulu dari rombongan. Tapi kesan yang didapat dari berkunjung beberapa hari di China adalah pembangunan kota yang luar biasa, masterplannya hebat dan orang orangnya juga hebat.

Kalo kebanyakan nonton TV di Indonesia, jadi miris, kapan kita bisa bangkit seperti mereka ya..? Atau kita migrasi aja deh…heee…seperti yang dilakukan saudara saudara kita di perbatasan Malaysia…Ayo teman teman belajar bahasa inggris yang giat ya…maap..guyon ya…

 

Leave a comment ?

27 Comments.

  1. enak ya bang bisa jalan2 ke luar negeri, kapan ya aku bisa seperti abang

    Reply

    Boyin Reply:

    @achmad sholeh, kalo bekerja di pariwisata chance nya lebih tinggi mas..

    Reply

  2. Jangan kayak Cina deh, kayak gini aja, udah ada Pak Jokowi. Hehhee, canda..

    Enaknya jalan-jalan gratis, itu juga dari anggaran dinas budpar Jakarta.

    Reply

    Boyin Reply:

    @giewahyudi, kalo yang kayak pak Jokowi ada 100 orang ya enak…

    Reply

  3. Dinginnya bisa sampai -37 derajat? Wah, bisa membeku dong di sana. Ntah kenapa saya kog agak takut ya liburan ke China, pokoknya parno aja kalau udah dengar negara China. Bukannya rasis, tp saya pernah baca artikel yang mengatakan bahwa di salah satu desa di China itu orang-orangnya Kanibal semua. Turis yang tersesat bisa jadi korban…. hehehe jadi keingat terus :mrgreen:

    Reply

    Boyin Reply:

    @Max Manroe, heee…rata2 kotanya sebesar jakarta pak…ya jgn ke desa itu lah…

    Reply

  4. Sebenarnya Indonesia bisa seperti Cina kalau kita mau berusaha seperti apa yang mereka lakukan. Kalau ada niat 100% bisa, lagian kita punya sesuatu yang bisa di andalkan sama seperti Cina yaitu SDM yang melimpah, tinggal diasah saja tu…
    Travelling ke Cina, keren … :)

    Reply

    Boyin Reply:

    @Rina, betul sekali..

    Reply

  5. Asik ya bisa keluar negeri, kalau saya keluar Bali aja jarang :D

    Reply

    Boyin Reply:

    @imadewira, kalo bekerja di pariwisata ya suka dapat yang gratisan gini…

    Reply

  6. wah .. pasti banyka cerita dan Foto Foto dr sana ya mas :)

    Reply

  7. Wuih hebat om, ikutan roadshow ke negeri China. Gratis pula,kayaknya pekerjaan di perhotelan sangat menyenangkan ya, punya kesempatan besar buat travelling ke manca negara…

    Reply

    Boyin Reply:

    @Fauzie, kalo masih sekolah nanti kuliahnya di perhotelan aja…

    Reply

  8. Wah enaknya bisa roadshow ke Chinna. Kalau saya bisanya roadshow ke Pecinan di kota saya. hehehehehe

    Reply

  9. Memang kita sih berharap negara kita bisa maju juga seperti negara2 lain. Tapi China itu hebat. Cepat sekali menggurita…

    Reply

  10. Salut sama China dengan perkembangan ekonominya yang bombastis. Kalo di kita cuma omongan pejabatnya yang bombastis, hehe….
    Setuju, kalo ada 100 orang aja pemimpin di Indonesia seperti Jokowi dijamin Indonesia bisa maju.

    Reply

  11. wah.. kapan – kapan ajak saya ke china juga dong mas :lol:

    Reply

    Boyin Reply:

    @Rudi Nazar, yuukkk…

    Reply

  12. wow keren banget gan bisa ke cina

    Reply

  13. wah keren sekali nih ..
    jadi pengen saya mas..
    tapi kapan yah syaa bsa kesana ..??

    Reply

    Boyin Reply:

    @sutopo sasuke, kebetulan saya juga gratisan mas…

    Reply

  14. Makanannnya enak2 disana, pgn balik lagi ksana

    Reply

    Boyin Reply:

    @Alat kesehatan, saya juga

    Reply

  15. Baru denegr ttg harbin, gila aja minus 37 pasti bikin mati kedinginan kalo gw kesana hehehe.

    Reply

    Boyin Reply:

    @cumilebay.com, minimal mimisan itu hidung…..

    Reply

  16. Kesempatan yang sangat langka untuk didapatkan oleh setiap orang.

    Reply

    Boyin Reply:

    @galuh, iya..beruntung lah ini

    Reply

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>