Cara permohonan pendirian/perombakan sekolah

Benernya ini bukan ngajari secara teknis bagaimana caranya, melainkan sharing pengalaman bapak saya dalam mendirikan sekolah untuk desa kami di Bali yang ternyata gak ruwet ruwet amat dalam pengajuannya.

Bulan yang lalu saya sempat liburan ke kampung halaman dan persis di belakang rumah kami terlihat bangunan baru yang tampak seperti sekolahan. Ternyata setelah saya tanya, itu salah satu proyek ayah yang sedang dikerjakannya. Saya cukup heran juga dan bertanya bagaimana desa bisa membangun sekolah dengan 6 ruangan ini. Kalo untuk tanahnya saya paham persis kalo tanah itu adalah tanah desa, tetapi walaupun dana pengelolaan LPD di desa saya sekitar lebih dari 16Milliar dan berpopulasi hanya sekitar 2000 KK saja, tidak mungkin desa membuatkan itu semua.


sekolah

Ternyata seperti yang ayah saya kemukakan, yaitu kita perlu berkomunikasi secara profesional melalui surat yang mengemukakan untuk bantuan pendirian sekolah ini, jika disetujui, para pemuka desa berangkat ke gubernuran untuk presentasi mengenai pentingnya bantuan untuk mendirikan desa ini. Langkah selanjutnya mereka akan survey dan bantuan dikucurkan bertahap, biasanya setelah satu contoh kelas yang sudah jadi dibuat, perincian dan gambar di lampirkan, maka pembangunan untuk ruangan kelas yang ke 2, ke 3, dst akan diluncurkan bertahap.

Intinya, kudu ada masyarakat desa yang mempunyai kemampuan secara profesional untuk mengajukan bantuan tersebut karena tidak mungkin gini hari pemerintah yang pro aktif mengunjungi dan ujug ujug membantu. Walaupun sudah di blow up oleh stasiun TV pun, Jika pihak desa/sekolah kurang aktif dalam mengejar dana bantuan untuk sekolah masing masing niscaya semuanya akan terpending sampai waktu yang tidak terbatas…heee…ini bukan mengatakan salah siapa, hanya saja jaman sekarang memang begini caranya. Nggak perlu nyogok orang pemerintahannya ternyata pembangunan ini masih berjalan kok.

Memang tidak semuanya bantuan pemerintah, ada Desa yang juga mensupport pendanaannya tetapi jika pendirian sekolah sederhana ini memakan biaya misalnya 1,2 M dan setengahnya dari pemerintah, lumayan juga khan?

31 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *