Bunaken, Wisata laut yang mencengangkan

Sewaktu mengikuti perhelatan akbar ATF kemarin, saya tentunya bertemu dengan begitu banyak orang orang pariwisata, pemerintahan, buyer buyer luar negeri dan juga para boss agent lokal di manado itu sendiri.

Di Manado ada 2 Travel agent besar yang menjadi key player untuk menghandle kunjungan wisatawan Luar negeri maupun yang domestik. Dua duanya saya kenal baik pemiliknya, nah salah satunya kami sempat berbincang bincang mengenai bagaimana pariwisata Manado ini bisa ditingkatkan, dari konsep penerimaan tamu itu sendiri, promosi wisata kuliner sampai memasyarakatkan wisata bahari ke masyarakat Manado itu sendiri.

Bunaken adalah pesona dan surga bagi para penyelam/Divers, banyak wisatawan mancanegara dari seluruh penjuru dunia rela menempuh 16 sampai lebih dari 24 jam penerbangan untuk bisa ke Bunaken ini. Disela menanti penerbangan ke Jakarta di sore hari, paginya kami diundang untuk ke Bunaken yang jaraknya tidak terlalu jauh dari kota Manado dengan menggunakan boat.
karascase diving

Perjalanan pagi itu sungguh menyenangkan, hanya sekitar 1 jam perjalanan menuju pulau yang terkenal dengan Old Manado atau Manado tua, sebuah pulau yang puncaknya hari itu selalu ditutupi awan walaupun matahari sedang terik teriknya menyinari.
Old Manado

Dikarenakan waktu penerbangan saya di sore hari, instruktur tidak merekomendasikan saya untuk menyelam karena ditakutkan unsur nitrogen dalam darah mempengaruhi otak di pesawat. Sayang sekali tetapi walaupun tidak boleh menyelam, tetapi kami masih bisa snorkeling dengan berkeliling di tengah coral atau dipinggiran antara coral dan palung laut yang cukup dalam tetapi airnya lebih segar dan dingin.
ready to dive

Bunaken memang sungguh mengesankan, bagitu banyak titik titik tempat penyelaman dengan karateristik yang berlainan. Pertama saya kira hanya 1 tempat untuk melihat indahnya ikan ikan dan coral. Ternyata kapal melanjutkan ke titik yang lain. total kami dibawa ke 4 titik, wah…sungguh melelahkan terutama paha ini karena sudah lama sekali tidak pernah pake sepatu katak. Terakhir sekitar 10 tahun yang lalu diving di Nusa Lembongan dan Nusa Dua, tetapi Bunaken jauh lebih indah.

Kabarnya Bunaken mempunyai reputasi yang luar biasa setelah ditemukannya ikan purba di daerah tersebut, sesuatu yang tidak masuk akal di kalangan ilmuwan masih bisa ditemui di bunaken ini karena kabarnya ikan ini hidup di jaman crustaceus 65 juta tahun yang lalu.

Saya harap Bunaken akan terus bersih begini, dan kalo bisa pariwisata ini dibangkitkan oleh masyarakat manado itu sendiri karena sampai sekarang terlihat jiwa jiwa bahari dari masyarakat manado masih kurang antusiasmenya terlihat tidak adanya tempat penyewaan kapal, jetski, parasailing atau hal hal yang berbau watersport lainnya. Sungguh sayang kalo pantai seindah itu yang memperkenalkan justru dari orang luar negeri.

*Foto ikan purba dicomot dari google.

16
Leave a Reply

avatar
10 Comment threads
6 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
10 Comment authors
Awal kehidupaneko@Pulau TidungwempiKuliner Enaksawali tuhusetya Recent comment authors
  Subscribe  
Notify of
Sriyono Semarang
Guest

bunaken keren, belum pernah ke sana, bentar lagi deh 🙂

DV
Guest

Oneday gw mesti ke sana sebelum rusak karena polusi, Boy 🙂

@zizydmk
Guest

Saya belum pernah ke Bunaken, hiks. Tapi kalau kesana memang harusnya diving ya, biar puas menikmati.

edratna
Guest

Asyiknya….
Dan informasi yang menarik..karena dulu saya kesana naik perahu dari klien. Indah sekali, coba bisa diving…pasti lebih menyenangkan, dibanding saya yang cuma mengintip dari dasar perahu..hahaha

sawali tuhusetya
Guest

walah, saya malah baru denger namanya doang, mas boyin. sama sekali belum pernah ke bunaken.

Kuliner Enak
Guest

Duh, sekalipun aku belum pernah mengunjungi bunaken.. sungguh eksotis benar wisata lautnya..

Sriyono Semarang
Guest

Berkunjung lagi ahhh, belum ada yang baru… 😀

wempi
Guest

sepertinya bunaken belum mencengangkan wempi, blon pernah kesana sih :mrgreen:

eko@Pulau Tidung
Guest

Ingin sekali pergi ketempat bernuansa bahari, soalnya aku suka mancing 😀 , atu berperahu kecil sambil mendayung sendiri..inget dulu waktu mancing di JATILUHUR…pakai rakit lalu kanan kiri Pulau pulau yang menjulang..

Awal kehidupan
Guest

:mrgreen: wah bagus banget pak pasti pemandangannya pasti menyenang kan