ATF 2012: Manado kota yang mengesankan

5 hari sudah usai pulang dari Manado yang tahun ini menjadi tuan rumah untuk perhelatan akbar ATF atau Asean Tourism Forum yang ke 31. Ini kali ke dua saya mengikuti ajang sekelas ATF yang dimana sebelumnya di adakan tahun 2011 lalu di Kamboja.

Dengan dihadiri lebih dari 400 internasional buyer, 100 internasional media dan 1600 exhibitor dari seluruh ASEAN, ajang ini memang menjadi moment penting untuk insan pariwisata seperti saya ini apalagi pembukaannya di buka oleh Wapres Budiono serta Menbudpar Ibu Maria Elka Pangestu.
ATF Manado booth

Sayang dibanding negara sebelumnya di Kamboja, perhelatan di Manado ini di nodai oleh belum selesainya bangunan untuk para exhibitor ini, terlihat dari atap yang belum selesai masih berupa beton sampai tembok serta area taman sekitarnya yang masih berupa tanah merah.
PDA Booth

Sungguh menyenangkan berada di Manado, kota yang ramah penduduknya, masyarakatnya sangat ringan tangan, contohnya kalo kita naik angkot dan kebetulan tujuannya agak menyimpang dikit dari trayek, sang supir dengan senang hati mengantarkan kita tiba di tujuan. Hal lainnya kota ini tidak ada pengemis dan pengamen karena jika hal itu terjadi maka pemkot akan mengembalikannya ke keluarganya dan itu sangat memalukan buat masyarakat Manado.

Bagi penggemar seafood segar dan masakan pedas, kota ini tempatnya, saya saja bingung kenapa masakannya jadi super pedas, apa cabe nya beda kali ya…tapi yang jelas saya kangen makan sambil keringetan di Manado ini. Entah kapan akan kembali lagi.

Leave a comment ?

26 Comments.

  1. wah kapan ya ada di semarang, pengemis juga masih banyak yang keliaran… dududududu….
    #tunggu sriyono jadi walikota…
    #merdeka…. :D

    Reply

    Boyin Reply:

    @Sriyono Semarang, budaya nya disini mengemis memalukan mas…

    Reply

  2. wah…lama g mampir sini, aktifitas mas boyin tambah padat dan keren… :)

    blum pernah ke manado, semoga suatu saat nanti berkesempatan ksana… eh kapan ya komunitas blogger manado bikin event? haha

    Reply

    Boyin Reply:

    @azaxs, saya sekedar berkunjung ke manado,bukan tinggal disana kok mas…

    Reply

  3. Makan babi kawanua juga ga? Enak tuh, Boy :)

    Reply

    Boyin Reply:

    @DV, haaa…rahasia…

    Reply

  4. Selamat pulang kampung meski cuma sebentar Mas.
    Semoga Mas Indra sehat sejahtera sekeluarga
    Salam!!!

    Reply

    Boyin Reply:

    @marsudiyanto, bukan kampung saya pak, cuman kunjungan kerja aja kok pak…

    Reply

  5. para pengemis nanti keluar kalau udah malam tapi hanya dua tiga orang saja.

    Reply

    Boyin Reply:

    @TMag, emang ada sih tapi orang buta dan itu juga jual kacang

    Reply

  6. WOW, jangan2 cabe manado mengandung vitamin C yg jauh lebih tinggi saking pedesnya. Manado memang kota yang indah :)

    Reply

    Boyin Reply:

    @achoey el haris, kayaknya gitu mas

    Reply

  7. saya belum pernah berkunjung ke sana, mungkin suatu saat bisa menerokai sendiri tempat itu. Tempat menariknya bagaimana sih boyin? Lebih mirip kepada Padang atau Jakarta?

    Reply

    Boyin Reply:

    @Mama Murai, seperti bandung sih, cuman lebih tertib

    Reply

  8. your post is nice.. :)
    keep share yaa, ^^
    di tunggu postingan-postingan yang lainnya..
    ingin berkunjung kesana jadinyaa. :D

    jangan lupa juga kunjungi website dunia bola kami..
    terima kasih.. :)

    Reply

    Boyin Reply:

    @ongisnade, ok..

    Reply

  9. kesempatan berkunjung atau dalam rangka pulang inih. Selamat bersenang-senang di bumi Indonesia ini hahahaha

    Reply

    Boyin Reply:

    @mandor, keliling indonesia selalu menyenangkan…

    Reply

  10. sebuah event yang bagus dan menarik mestinya, mas boyin. apa ini memang tradisi di negeri kita, ya? utk event sebesar ini proyek bangunannya kok masih mangkrak, seperti saat event sea-games kemarin.

    Reply

    Boyin Reply:

    @sawali tuhusetya, iya pak…pokoke indoensia banget deh…bedanya kalo sea games itu pemerintah nah yang ini swasta…sami mawon…

    Reply

  11. seru bgt kayaknya, jadi pengen juga main kesana

    Reply

    Boyin Reply:

    @tian, sekarang harga tiket pesawat murh kok.

    Reply

  12. Enaknya kerja di sektor pariwisata kayak mas Boy, travelling melulu..hehehe..

    Reply

    Boyin Reply:

    @anderson, bukannya orang bank yang suka traveling…?

    Reply

  13. Dan makan ikan di Manado sungguh nikmat…
    Pagi-pagi sarapan bubur Mando dengan rempeyek ikan nike. Ikan nike ini hanya ada di danau Tondano…sempatkan ke Tondano?

    Reply

    Boyin Reply:

    @edratna, sayang gak sempet bu…

    Reply

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>