Peduli Angka

Semenjak menjadi salah satu pimpinan di perusahaan yang sekarang, agaknya ada pola tertentu yang tercipta yang tidak pernah dilakukan sebelumnya.

Dengan target tahunan yang harus di capai, praktis yang harus dilihat adalah angka realisasi terhadap anggaran baik harian maupun bulanan hingga per quarter atau per 4 bulan. Tiap hari yang di baca pertama kali adalah laporan harian yang menandakan sampai dimana bisnis kita berada. Hati gemas jika saat bisnis sepi terlihat tanda kurung dikolom selisih yang menandakan apa yang kita upayakan masih kurang demikian juga sebaliknya. Kalo sudah begitu hari hari rasanya kurang, 12 jam ditempat kerja rasanya kurang cukup untuk memenuhi hal hal yang ada di kepala ini.

Hanya saja ada hal yang rasanya cukup aneh, jika saya merasa pasrah atas kondisi yang terjadi, tiba tiba begitu banyak bookingan atau bisnis datang yang pada akhirnya pada akhir bulan rata rata penghasilan yang kita anggarkan ternyata tercapai.

Jika melihat anak buah, saya ingat diri sendiri beberapa tahun silam, yang dimana kita bekerja dengan plot yang sudah digariskan dan tidak begitu perduli angka yang di raih, sekilas pasti ingin tahu juga tetapi bukanlah hal yang essential.

Ora et Labora alias bekerja dan berdoa agaknya slogan yang cocok buat saya agar bisa lebih menyadari bahwa segala sesuatunya bukan mutlak berada pada kontrol kita, dan bukan pada sebuah indikator atas kerja keras kita. Ada tangan tangan yang tak terlihat yang agaknya juga mempengaruhi dari hasil yang kita upayakan. Ada pengalaman lain umpamanya di tempat kerja lain atau pas di bangku sekolah atau kuliah misalnya antara ngotot versus pasrah?

20
Leave a Reply

avatar
11 Comment threads
9 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
12 Comment authors
Alrissoewoenggardinoarqu3fiqBoyin Recent comment authors
  Subscribe  
Notify of
marsudiyanto
Guest

Ikut berdoa mudah2an angka dalam kurung itu tak pernah muncul lagi… 😛

sawali tuhusetya
Guest

“ora et labora” agaknya bisa menjadi motto yang tepat utk melaksanakan pekerjaan di ranah apa pun, mas boyin. sukses dan gagal merupakan sebuah dinamika yang tak akan pernah lepas dari campur tangan Tuhan.

DV
Guest

Jiehh.. udah jadi pimpinan perusahaan sekarang! Selamat, Sob! Kalo berminat memanggil expatriat dari Aussie untuk bidang IT, kamu tahu siapa namanya! Hahahaha

Indahnya Berbagi
Guest

semoga tetap sukses, mas.

H, Nizam
Guest

Saya sangat setuju bahwa ada tangan2 yang tidak terlihat ikut menentukan keberhasilan uapya yang kita jalankan.
Oleh sebab itu kita harus berprinsip pada :
Ora et Labor, bekerja sambil berdoa agar sukses.

krismariana
Guest

kerap kali dengan berpasrah, kita justru dapat jalan terbaik untuk mendapatkan rejeki…

Sriyono Smg
Guest

tak kasih mantra saja pak….
mmmmmmm danyang perewang jin lan poro lelembut ewangono den baguse boyin anggene usaha, lancar jaya, sugih mblegedih…. 😀

Boyin
Admin

@Sriyono Smg, matur nuwun sanget mas sri…

Boyin
Admin

@krismariana, emang begitu kadang2…

Boyin
Admin

@H, Nizam, makasih kang…

Boyin
Admin

@Indahnya Berbagi, amin…terima kasih atas doanya..

Boyin
Admin

@DV, udah di aussie aja…lebih dihargai khan…

Boyin
Admin

@marsudiyanto, amin…terima kasih doanya pak mars…

Boyin
Admin

@sawali tuhusetya, betul pak sawali, makasih atas pencerahannya…

arqu3fiq
Guest

Iya mas sudah saya baca semunya (belum semua sih, masih seperempat) meski ndak koment. Seru juga bisa jadi pelajaran hidup. Terima kasih mas.

gardino
Guest

Soal ngotot vs pasrah justru saya alami ketika sudah memilih untuk punya usaha sendiri (bahasa keren: entrepreneur). giliran ngotot malah jeblok. Sebaliknya waktu usaha sekaligus berpasrah malah hasilnya naik signifikan 😀

soewoeng
Guest

amien amien amien amien semoga kabul kang

Boyin
Admin

lama gak kesini mas suwung…

Alris
Guest

Rupanya angka dalam kurung itulah salah satunya yang bikin jam kerja kurang ya bli. Saya pengen juga suatu saat merasakan angka dalam kurung itu ketika sudah punya usaha sendiri. Gimana sensasinya, gitu…
Sorry nih bli, lama gak bw kesini. Maklum tukang bangunan lagi banyak kerja malam di Blok M. Jadi siang banyak tidur, hehehe…

Boyin
Admin

@Alris, haaa…thanks udah mampir…