Sanksi untuk Citibank

Baru baca di kompas kemarin soal sangsi dari Bank Indonesia (BI) untuk citibank yaitu ada 3 sanksi, Sanksi pertama berupa larangan menjaring nasabah kaya dari Citigold selama satu tahun. Sanksi kedua berupa larangan penerbitan semua jenis kartu kredit selama dua tahun. “Sanksi ketiga, bank juga dilarang menggunakan jasa penagih utang atau debt collector selama dua tahun.

Untuk orang yang memang tidak berhubungan dengan Citibank agaknya dari komentar komentar yang masuk banyak yang menghujat dan menilai kalo hukumannya sangat sangat ringan. Tapi bagi saya sendiri yang dulu pernah kerja disana dan gara gara Amrozi cs ngebom bali di tahun 2002 kemarin sehingga mengakibatkan card center kami ditutup, hal itu bukanlah sesuatu yang mudah.

Perlu diingat yang bermasalah sebenarnya adalah para pelaku dan pengambil keputusan alias bos bos disana yang menggunakan jasa debt collector serta masalah oknum nyong melinda yang membobol untuk kepentingannya sendiri. Dari oknum oknum ini kalo sampai berimbas dari ratusan orang yang mencari kerja di Citibank agaknya sangat kurang bijaksana mengingat mencari pekerjaan baru selalu merupakan hal yang sulit.

Yang paling apes dari hal ini adalah pekerja sales KK yang dimana mereka ini bekerja untuk Citibank tapi bukan under Citibank alias mereka bekerja di perusahaan yang ditunjuk oleh Citibank untuk membantu penjualan KK tersebut atau bisa disebut juga jasa outsourcing yang gaji basic dan bonusnya dibayar oleh Citibank. mereka ini jumlahnya lumayan banyak, bayangkan kalo jumlah ini dikalikan oleh banyaknya kota kota besar di seluruh indonesia mengingat KK Citibank ini merupakan salah satu KK terbanyak peredarannya di Indonesia.

Duh,..nganggur maning, nganggur maning….saya teringat kehidupan saya dulu yang lumayan baik dan akhirnya harus over kredit mobil gara gara card center saya ditutup dan lumayan terseok seok untuk bangkit kembali.

Saya tidak bermaksud menyalahkan siapa siapa tapi yang jelas, nganggur itu tidak enak, apalagi masih ada rentetan dibelakang kita yang memang hidup dari hasil kerja keras kita ini. Semoga mereka mereka yang menjadi korban dari oknum oknum tersebut mendapatkan perlindungan dari Yang Maha Kuasa. Amin

Leave a comment ?

26 Comments.

  1. SANKSI om… bukan SANGSI… hehehe… thx

    Reply

    boyindra Reply:

    O..iya..makasih atas koreksinya…

    Reply

  2. Memang jika dihitung jumlah tenaga kerja yang akan menganggur jika 3sanksi itu dilaksanakan, miris juga. Apalagi, satu pekerja kehilangan pekerjaan, bisa jadi ada 4-10 orang yang terkena dampaknya.
    Semoga saja, masing2 yang terpaksa kehilangan pekerjaan diberikan jalan keluar secepatnya.

    Reply

    boyindra Reply:

    itu yang memprihatinkan….

    Reply

  3. Dengan sanksi pada Citibank itu, saya jadi sangsi untuk buka rekening disana…

    Reply

    boyindra Reply:

    ciee pak mars….

    Reply

  4. Saya bisa melihat bahwa itu sanksi yang berat sekali. Selain akan banyak yang menganggur, bisa down juga itu Citibank.
    Saya pemakai KK Citibank Mas, tapi bulan lalu saya memutuskan untuk menutup salah satu KK, karena setiap tahun selalu dikenakan iuran tahunan. Kalau mau gratis bisa tapi syaratnya saya gak cocok. Mereka berusaha menahan2 agar saya tidak tutup (mungkin karena sudah mau 10 tahun ya), tapi tetap saya memaksa mau tutup.
    Biarlah. Lagian Citibank jarang sekali ada promonya…..

    Reply

    boyindra Reply:

    mungkin karena positioningnya udah bagus…

    Reply

  5. Di blognya priyadi.net juga lagi dibahas soal ‘salah’ nya sangsi yang dijatuhkan atas Citibank. Kasian memang para prajurit lapangan…

    Reply

    boyindra Reply:

    yg gak ikut2 kena juga

    Reply

  6. Ini sisi lain dari berita tentang sanksi untuk Citibank
    yang selama ini hanya melihat dari kelalaian Citibank atas tindakan over acting dari debt collector.

    Reply

    boyindra Reply:

    iya kang..ujung2nya pengangguran

    Reply

  7. semua tindakan ada akibat, mungkin ini akibat yang harus dirasakan olh citibank,

    Reply

  8. sebab seseorang, banyak orang yang terpaksa menanggung akibatnya… kasihan juga…

    Reply

  9. Dan yang lebih gawatnya…bos-bos yang diatasnya malah gak kena imbas langsung, selain kinerja perusahaanya yang bakal turun 🙁

    Reply

    boyindra Reply:

    enak bener yah…

    Reply

  10. kebijakan apa pun lebih2 yang terkait langsung dg nasib para karyawan, pasti akan menimbulkan masalah tersendiri. ini juga bisa menjadi pembelajaran berharga bagi pengelola bank.

    Reply

    boyindra Reply:

    yg mengelola mah masa bodo dengan pengangguran itu…

    Reply

  11. wah, yg sabar aja bro…

    Reply

  12. Sebetulnya ada sanksi juga untuk para pejabatnya..mereka ada risiko diganti, juga dilakukan uji fit and proper test.
    Dan…ada sanksi yang lain juga (yang tak dikemukakan ke publik).

    Reply

    boyindra Reply:

    iya bu, berita terakhir pejabat citibank akhirnya juga harus menanggung resikonya

    Reply

  13. rupanya walau di luar negeri tetap memantau INDONESIA

    Reply

    boyindra Reply:

    moco koran soale wung…

    Reply

  14. Yah, saya hanya bisa mendoakan yang terbaik untuk nasabah2 citibank, juga semoga citibank dan pihak ketiga cepat berbenah diri.

    Reply

  15. Itu memang risiko…
    Sanksi diperlukan untuk menimbulkan efek jera….dan kesempatan untuk memperbaiki sistem internalnya. Bukan ditutup kan, hanya dilarang menambah nasabah baru…artinya waktu yang ada untuk perbaikan.

    Dan siapa bilang para petinggi tak terkena sanksi? Justru sanksi lebih berat, minimal akan tertutup karirnya di Perbankan. Dan sanksi ini, karena personal tak disampaikan di media…bagaimanapun Pemimpin harus bertanggung jawab jika anak buahnya salah.

    Reply

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>