Ngirit BBM!

Gimana jadinya kalo di Indonesia BBM jadi ditarik tanpa Subsidi. Disini (Kamboja) BBM emang tidak disubsidi, bisa dilihat di gambar berikut.

harga bensin

US$1 sama dengan 4100 real, nah kalo di plang harga menunjukan segitu berarti BBM disini sudah melebihi $1 alias kalo dirupiahkan sekitar Rp.9500an lah perliternya.

motor

Nah foto diatas adalah pemandangan rutin dimana berhubung hampir semua lampu merah disini ada penunjuk detiknya, makanya biar hanya menunggu 30 detikpun di lampu merah banyak motor yang mematikan mesin kendaraannya. Kelihatannya kayaknya mau ngirit banget tetapi kalo semua melakukannya ada enaknya juga lho, hawa sekitarnya tidak menjadi semakin panas.

Sayang hanya motor yang mau melakukannya, kalo mobil jelas mereka nggak mau. hayo buat yang naik motor, sudahkah anda sengirit itu?

Leave a comment ?

26 Comments.

  1. Dulu di Jogja pernah ada ajakan untuk mematikan mesin ketika menunggu lampu merah, entahlah sekarang masih dilakukan apa enggak..

    Dari foto Anda, tampaknya lalu lintas Kamboja kacau juga ya karena banyak yang ngga pake helm meski mengendarai motor? 🙂
    .-= DV´s last blog ..Are you happy? =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    kacau abis…lampu merah dengan detik sign aja masih banyak yang nglanggar..haaa

    Reply

  2. Kalau melihat lalu lintas di gambar tersebut, kayaknya masih mirip Indonesia ya situasinya…dan banyak juga yang melanggar tanpa helm.

    Kalau di Indonesia, sopir tak mau mematikan mesin..lha AC nya ikut mati…panas banget di Jakarta..dan jendela mesti dibuka, risikonya bisa kena kapak merah…. :em62:
    .-= edratna´s last blog ..“PERGULATAN KELAS” =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    iya bu kalo mobil jelas nggak mau..kayak oven ntar malah..

    Reply

  3. bener harus ngirit bbm

    Reply

  4. biasanya saya cari tempat yang teduh buat berhenti saat lampu merah, tapi kalau mematikan mesin jarang. soalnya didaerah saya penghitung detik lampunya pada rusak 🙁
    .-= arifudin´s last blog ..Footnote hidup tanpa batas, makasih om Andy =-.

    Reply

  5. Hahahaha, mana bisa di Indonesia lampu merah mesin dimatiin, Bang…

    Wong 5 detik sebelum hijau aja udah pada nyelonong. Kalo mati mesin, bisa-bisa ditabrak dari belakang. :em41:

    Reply

    boyindra Reply:

    kalo nunggunya ampe 90 detik khan lumayan nik..apalagi kalo dibelakang motor 2 tak..aduh azubile bau asapnya

    Reply

  6. murah benar di negara kita!
    .-= aura pelupa´s last blog ..Hanya dua kilogram saja kok tunggu bapaknya! =-.

    Reply

  7. ngirit bbman yuk :em33:
    .-= tamiyakid´s last blog ..Tamiya Scania R470 Highline =-.

    Reply

  8. saya pakai motor keluaran tahun 1971 sob…kapasitas mesin tak sampai 90cc…isi seliter bisa muter-muter sampai capek…jadi dari pemilihan motor ajah saya udah irit banget… :em47:
    .-= bukan detikcom´s last blog ..Saya jatuh cinta dengan film ini =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    ngasep nggak?

    Reply

  9. Di Bandung sini juga sudah banyak sekali lampu merah yang pakai petunjuk detiknya, detik berhenti berwarna merah sedangkan angka detik yang jalan berwarna hijau.

    Kalau saya ngirit BBM yang paling utama adalah untuk menjaga lingkungan hidup. Orang yang nggak pernah belajar atau minimal jarang baca artikel2 mengenai ilmu lingkungan biasanya menyepelekan masalah ini. Mereka cuma berfikir secara sederhana: “Ah… biarkan saja orang lain yang melakukannya” atau “ah… kalau cuma saya yang melakukannya nggak pengeruh, kalo gitu ya nggak usah saja saya melakukannya…” dsb. Dan memang mungkin penarikan subsidi BBM bisa membuat orang irit BBM dan memaksa mereka untuk naik “Mass Transportation” tapi tentu saja pemerintah juga harus memperhatikan kualitas terutama kenyamanan dan keamanan transportasi umum ini…
    .-= Yari NK´s last blog ..Blind Spot =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    kalo semua bus dan truk pakai BBG wah pebedaannya langsung terasa

    Reply

  10. Wempi sering melakukannya, tapi buat lampu merah yang lamaaaaa….

    Reply

    boyin Reply:

    apalagi kalo ada warung pas sebelum lampu merahnya ya wemp..haa
    .-= boyin´s last blog ..Ngirit BBM! =-.

    Reply

  11. Boro2, Mas, yang ada juga lampu belum berwarna hijau dah banyak motor yang menerobos, termasuk antri di depan batas berhenti ^_^ … makanya saya lebih nikmat naik sepeda ketimbang motor
    .-= Bang Aswi´s last blog ..Anagram: Cerdas Bermain Kata-Kata =-.

    Reply

  12. Bagus juga sih masboy, biar hemat bbm. Di Jakarta juga klo udah macet parah, mending matikan mesin de…

    Reply

    boyindra Reply:

    iya dijakarta lampu merahnya khan bisa sampai 70 detik khan?

    Reply

  13. waw nice tips bos
    jadi klo ada stopan saya lebih baik matiin mesin aje ye biar hemat

    Reply

    boyindra Reply:

    yah ini sharing aja

    Reply

  14. tertib karena ngirit
    .-= soewoeng´s last blog ..mengalah untuk menang? =-.

    Reply

  15. Nggak se-ngirit itu seh tapi sebenarnya trauma aja coz pernah matiin mesin motor saat lampu merah, eh pas lampu hijau motornya mogok, kacau balau kan jadinya hehehe……
    Lam Kenal

    Reply

    boyindra Reply:

    haaa..kudu ganti aki itu mah..

    Reply

  16. yang paling bagus jika air bisa digunakan sebagai pengganti BBM. hasil pembakaran mesin malah berupa oksigen.

    pastinya murah banget…

    tapi yg ngamuk para raksasa minyak dunia seperti Caltex, Chevron dll, karena minyaknya gak ada yg mau beli. hihihihi…
    .-= itempoeti´s last blog ..Satu Lagi Skandal Bank Indonesia, Kasus Suap Pencetakan Uang pecahan Rp 100 Ribu =-.

    Reply

  17. wuih mahal juga ya harga bahan bakar di sana. di sini subsidi bbm untuk motor juga akan dikurangi bbm jadi naik deh.
    .-= endar´s last blog ..Plurk Emoticons on WordPress =-.

    Reply

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>