Nyuri kreditnya orang

Didalam dunia internet copas mencopas itu biasa, walaupun banyak blog memberikan disclaimer tentang “boleh copas tapi harus menyertakan sumbernya” pada kenyataannya tetep aja masih banyak yang copas. Buat saya kalo digituin sebenarnya agak keki juga tapi mengingat saya juga suka copas gambar, jadi saya relain aja.

Suatu ketika saya pernah iseng ngecek tulisan saya yang berbau tips di website copy scape itu dan kelihatan ada anak muda ganteng dengan pose lagi petenteng (basa indonesianya apaan yah) menceritakan tips bagaimana cara kuat minum alkohol tanpa mabuk yang notabene copasan dari blog ini. Saya mah cuman geleng geleng keki aja, tapi dalam hati saya ketawa juga, ntar kalo beneran diajakin minum trus gak sesuai dengan teorinya, bukannya malah diketawain..haaa.

Tapi bukan itu yang saya mau sharing, kali ini masih berkisar tentang kehidupan yang “katanya”profesional tetapi ternyata hanya bikin malu dunia profesional aja. Sharing aja agar berhati hati buat rekan rekan atau rekan saudara, atau teman yang akan bekerja di luar negeri.

Di suatu perusahan ada seorang teman manager yang jaim banget, kelihatan pinter dan berpengalaman. Kalo ngomong gak lepas dari kata-kata seperti ini “sewaktu saya di sana…caranya begini..”, “sewaktu di perusahaan A,B,C, saya biasanya..begini..begina..beginul..begindang…hahaha” pernah denger yang kayak gitu?

Suatu waktu, ada proyek baru dari big boss yang harus dilakukan oleh kita para bawahannya, teman ini dapat bagian ini, saya bagian yang lain. Suatu ketika sang teman berkunjung ke kantor saya dan menanyakan soal pekerjaan itu, dia sempet ngelihat kerjaan dan proposal yang saya buat dilayar komputer dan memberikan pendapatnya.

Besoknya di inbox saya, saya melihat emailnya yang ditujukan kepada big boss kami dengan tak lupa cc ke saya lengkap dengan attachmentnya. Saya lumayan kaget juga sewaktu melihat proposalnya, lha kok proposal yang notabene persis punya saya disertakan juga dalam laporannya lengkap dengan namanya yang mengklaim sebagai “prepared by”.

Semua orang pasti keki dan sangat gondok kalo di kerjain seperti itu, apalagi kalo beda kebangsaan, wuiih mungkin itu emosi bisa sampai di ubun ubun. Makanya, saya cuman mau cerita aja, kalo bekerja di luar negeri kudu siap siap dengan hal hal semacam itu agar nggak kaget trus gak bisa nahan emosi trus patah semangat dan ujung ujungnya nanti stress ingin pulang ke tanah air. Mau diajak berantem itu orang juga nggak ngaruh, kadang kita sebagai bangsa Indonesia lumayan minoritas dan suka gak ada power untuk itu. Mau debat debatan dalam bahasa inggrispun bisa bisa anda yang kalah cepat..haaaa. Makanya kudu belajar ngelmu boyin disini.

Akhirnya dalam kasus ini, si teman yang akhirnya malu(gak tau beneran malu nggak dia) setelah mendapat telpon dari saya yang mengatakan begini “Oii bro! the one that you’ve just sent it, I’ve send it to him earlier yesterday. Anyway you’ve got to be fast a little bit lah, if you want to copy mine..heee” dan telponpun saya tutup tanpa peduli suara diseberang sana.

Udah selesai? belon. Langkah selanjutnya anda kudu datang ke boss dan jelaskan tentang apa yang terjadi, kadang sang boss juga nggak ngeh siapa yang nyuri duluan, apalagi kalo si boss berbeda kebangsaan dengan anda dan malah satu kampung (ras maksudnya) dengan teman anda ini. Gunakan communication skill anda agar gak terkesan ngadu kayak anak kecil.

Gimana kalo nggak berani untuk klarifikasi? ya udah terserah anda. Tanggung sendiri akibat selanjutnya.

Leave a comment ?

34 Comments.

  1. Hehe,, itu pasti pengennya diajak berantem aja. Btw mas, comm skill gimana yang tak terkesan ngadu?
    .-= Dhany´s last blog ..Apakah Situs Web Anda Termasuk Spam? =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    wah itu sulit njelasinnya…intinya ngomong kudu muter dulu..

    Reply

  2. Ya itulah mas Boyin. Itu sih masih sopan dikasih Carbon-Copy. Terkadang sih lurus aja nggak nengok kita lagi. Tapi kok bisa sama persis proposaslnya?? Emang sempet dicopy??

    Kalau di sini lagi marak profesor2 plagiat karya ilmiah. Pasti udah denger juga kan?? Ya… begitulah… saya nggak habis fikir, profesor yang harusnya lebih mencintai ilmu daripada kedudukan dan harta malah mengajari mahasiswanya bermental ‘korup’!! Bukan hanya menyedihkan tetapi juga patut ditertawakan!!

    Ya udah deh… mas Boyin mudah2an tak terpengaruh terhadap ulah nggak profesional temennya mas Boyin ini. Mudah2an mas Boyin tetap bersikap profesional. Tapi kalo udah marah banget ya sekali2 boleh lah membalas… huahahaha…. asal jangan jadi kebiasaan aja dan jangan jadi cara dan jalan kita…
    .-= Yari NK´s last blog ..Marketing-Mix Yang Membingungkan… =-.

    Reply

  3. ugh….. ternyata yang suka begituan bukan orang kita aja orang2 sono juga banyak yang menelikung dari belakang :em65:
    .-= sugeng´s last blog ..Bagaimana Cara Menghemat BBM =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    kadang kalo sudah frustasi, ya cuman cara itu yg bisa dilakukan…tidak kompeten tapi bisa masuk menduduki jabatan tersebut.

    Reply

  4. Sabar bro, nggak usah emosi. wkwkwkwkw

    Reply

  5. Waahhh kalo saya paling gak suka dengan orang kayak begitu. Gak pake ampun lah klo ketauan curi ide.

    Reply

  6. Waduh, kalo baca judulnya sih dah kontroversi, ternyata isinya lebih kontroversi hehehe.. lam kenal yach 🙂

    Reply

  7. idenya dipresentasikan, trus kita bisa nanya-nanya di forum itu. ini kenapa begini? kok begitu? ini anda yang bikin gak yah, kok kurang menguasai banget…?

    Reply

  8. Jengkel mungkin iya, tapi bagaimanapun juga yang punya ide duluan atau sang penggagas ide masih masih selangkah di depan.
    Percayalah…

    Reply

  9. Bagaimanapun, jika orangnya nggak buat sendiri, apa bisa mempresentasikan ke Bos? Karena akan terlihat sekali kalau nggak menguasai masalahnya.
    Saya jadi ingat, jika ada konsultan presentasi, dalam power point kan hanya pointer-pointer saja…sehingga yang kurang menguasai akan berbeda dalam menyampaikannya.

    Pertanyaan saya sama dengan kang Yari..lha kok bisa di copy paste…mungkin kompie nya di pass word aja
    .-= edratna´s last blog ..Kebiasaan perempuankah? =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    komputernya sih gak di jebol paswordnya tapi main ide sampai penjelasanya sama, sedikit berbeda hanya di bagian kata2nya sedikit kurang ditambahin. padahal kalo ditanya dimana dia bisa dapat ide itu pasti nggak tau, karena saya dapatnya dari reference expert luar negeri yg dia gakmungkin dapatkan sebelumnya.

    Reply

  10. Saya sering berada di posisi ‘takut ide saya dicuri’.
    Caranya simple, aku ngga pernah mau ungkapin ide ke sesama karyawan, kecuali diminta manager.
    Kalaupun manager meminta, aku akan cc email ke dia supaya dia ngerti bahwa itu ideku 🙂

    Kalau managerku curi ide ke atasannya, ya ndak papa, aku berpikir bahwa aku sign kerja di sini dengannya, jadi apapun bisa kuberikan boleh diakuisisi sebagai hak kantor melalui managerku itu.

    Tapi tidak lewat karyawan lainnya 🙂
    .-= DV´s last blog ..Lucky Number =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    sebenarnya manager seperti itu juga menyebalkan..bagaimanapun juga itu masih kredit kamu bukan dia..unless ide itu sangat general.

    Reply

  11. Kadang dengan mengatas namakan keikhlasan dan kerealaan kita biarkan aja orang2 kayak gitu, padahal sesungguhnya kita takut untuk melawan.. :em65:
    .-= daiichi´s last blog ..Untuk Istriku Tercinta =-.

    Reply

  12. basmi aja orang itu..
    .-= dedi´s last blog ..Maskot Piala Dunia =-.

    Reply

  13. itu susahnya menghadapi orang yang tidak punya kreatifitas. Susah dibilangin kalau hasil kerja copast itu tidak ada benernya. Beruntung kita bangsa Indonesia yang kreatif.

    Reply

  14. kalo saya dulu kasusnya beda mas. Dapat project untuk mengerjakan proyek pendataan masyarakat marginal dari pemerintah berbasiskan teknologi sidik jari. Saya buatlah mulai dari softwarenya sampai websitenya. Begitu udah jadi semua senang.

    Pas mau dibayar (and credit to me off course) ditanyalah perkara latar belakang pendidikan saya. Ketahuan bukan dari IT (dan cuma free lance belajar otodidak dari hobby ajah). KEjadian deh, saya gak bisa dapat creditnya dan kalau mau dikeluarkan uangnya harus di atasnamakan orang lain yang punya ijazah IT.

    Huehehe…akhirnya saya ngalah, creditnya akhirnya disebutkan bukan buatan saya (bahkan nama saya sama sekali ndak tercantum). Tapi yah duit sih masih buat saya. 😀
    .-= bukan detikcom´s last blog ..Ini kebetulan yang aneh! =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    waduh sayang sekali yah….kadangkala buat laki2 uang bukan segalanya, pengakuan kadang membuat semangat untuk berada di tangga lebih tinggi lagi. berarti kayak ayah saya donk, kudu sekolah lagi meski udah umur 50an

    Reply

  15. yaelahhh parah bangetttt… temen sekerjaan lagi.. iya kalo ngopy orang kantor laen.. hahahaha..
    sisi positifnya adalah: berarti tulisan/kerjaan kamu bagus..sampe ditiru2.. hihi 🙂

    Reply

  16. Semoga kita tidak ikut2an jadi pencuri meski karya kita sering dicuri orang ^_^
    .-= Bang Aswi´s last blog ..Napas Air Mata =-.

    Reply

  17. ADUUHH SAYA JADI MALU JUGA MAS BOYIN MAKLUM SAYA JUGA SEORANG COPAS SEJATIS TERUTAMA MASALAH ILMU EXCEL APALAGI SEKARANG SAYA JUGA POSTING TAPI SEMUA SAYA MAKSUDKAN AGAR ILMU YANG SAYA DAPATI TIDAK SEBATAS TEORI JADI APA YANG SAYA BACA SAYA PRAKTEKIN DENGAN GAYA DAN CARA SAYA

    BUT ….. SAYA DUKUNG LAH KALAU NGEBAJAK BUAT KEPENTINGAN SENDIRI ITU MEMALUKAN

    SALAM MAS
    .-= Omiyan´s last blog ..Microsoft Excel : Tips Menghitung “PPh Terutang” Dalam SPT Tahunan =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    wah itu beda donk ceritanya…minimal pake gaya bahasa sendiri..

    Reply

  18. keras banget ya persainganya… pake cara kotor pulak

    kalo copas blog ada nggak ya yang ngopas blog diriku? lha apanya yang mau di copas hehehehe

    Reply

    boyindra Reply:

    udah balik dari kampung mas?

    Reply

  19. persaingan yang tidak sehat bro..
    perlu memiliki mental baja seperti kamu :em41:
    akhirnya gimana neh
    .-= annosmile´s last blog ..Cemoro Lawang Gate, Bromo Tengger Semeru National Park =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    akhirnya ya gak enak mas, jadi gak omongan lagi..

    Reply

  20. type orang-orang model seperti itu kayaknya banyak di dunia kerja mas, ya kita hadapi dengan sabar dan tunjukkan kemampuan kita

    Reply

  21. Wah…bang Boy…yang begini saya sering banget ngalaminnya. Asli Indonesia. Bang Boy masih untung kalau ada bukti tertulis bahwa itu adalah hasil ide orisinil Bang Boy. Dapat dibuktikan dengan tanggal last modified dari file tersebut.

    Lha saya, dalam suatu diskusi kelompok mengutarakan ide dan pemikiran saya, dengan maksud mem-briefing rekan-rekan sekelompok tentang ide saya…eh, malah diduluin sama seorang anggota kelompok yang mempresentasikannya di forum seolah-olah ide itu keluar dari Otaknya. Masa saya harus bilang “lho…itu kan ide gue” …benar-benar menyebalkan.

    Same similar things happened yang membuat saya selalu waspada dengan si pencuri ide tersebut…

    Reply

  22. mungkin itu sebabnya Habermass mengatakan.., “Everything is politics”

    that’s why they call it “office politics”
    .-= itempoeti´s last blog ..SBY, “Saya bertanggung jawab.” =-.

    Reply

  23. paling enak tuch ngerjain orang-orang yg culas seperti itu…
    hihihihi… 😀
    .-= Love4Live´s last blog ..Tips Cara Membuat Blog WordPress Jadi Mobile-Friendly dengan MobilePress =-.

    Reply

  24. Orang seperti itu ada disemua tempat, dan banyak pula dari mereka yang sukses dengan cara seperti itu…jadi berhati-hatilah membicarakan ide atau apapun ditempat kerja. Bisa-bisa ide brilian kita disikat orang lain.

    Salam Kenal
    .-= Foto Unik´s last blog ..Live Blogging Contest , SEO and the benefits for me as a marketer =-.

    Reply

  25. Bener MAs Boy …
    RAsanya nyesek banget kalao pekerjaan kita itu di Copas orang …

    Orang yang dapet kredit …
    kitanya manyun …

    Ah …

    Salam saya Mas Boy

    Reply

  26. Wiih malu banget tuh orang pasti..

    Malunya ampe terasa disini, hehehe :em55:
    .-= Donny´s last blog ..Mengganti Text Dengan Gambar =-.

    Reply

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>