Murahnya Miras di Phnom Penh

wine rackIni pendapat pribadi, berhubung dari belia sampai sekarang saya akui saya adalah peminum serta perokok (walau gak banyak), makanya kalo jalan jalan kemana aja hal yang menarik buat saya adalah melihat toko toko yang menjual minuman keras. Ibarat seorang perempuan yang sukanya ke toko tas dan parfume saya senengnya liat jenis jenis minuman keras. Sekedar melihat perkembangannya karena hal ini masih merupakan ruang lingkup pekerjaan sebagai hotelier.

Kalo ngomongin toko wine dan minuman keras, di beberapa negara ASEAN tentunya mempunyai banyak koleksi minuman minuman keras yang beraneka ragam jenisnya, tapi kalo ngomongin harganya, saya yakin Kamboja adalah yang termurah.

Kalo mau dibandingkan Indonesia dan Malaysia sudah tentu negara ini masuk kotak, karena sudah pasti harganya mahal tetapi waktu saya bandingkan dengan Vietnam yang dimana 1US$ nya sampai 19,000 dong alias lebih dari 4 kali lipatnya uang kamboja yang 1US$ hanya 4000 real. Kalo di kurs in juga masih mahal.

Bagaimana dengan Thailand? Pengalaman saya Thailand tidak hanya di Bangkok ataupun di Pattaya harga masih lebih mahal dari di Vietnam. Walau belum mengunjungi Laos dan Myanmar, menurut teman saya distributor wine yang orang prancis, tax disana lebih mahal dari kamboja.

Banyak yang mengatakan sebenarnya tidak ada tax di kamboja hanya uang pungli untuk pejabat pejabat disini saja. Jika berani memasok dengan volume besar, tidak hanya menguntungkan tetapi bisa juga menekan harga jual menjadi lebih murah.

Bagi yang suka minum wine mungkin heran setelah melihat banyak wine prancis yang dijual mulai dari harga $3 (Rp.30.000) saja. Yang laris berkisar dari $4 sampai $6. Demikian pula wine spanyol dan Italy yang cukup populer disini.

Banyak toko yang memang khusus menjual wine ini, koleksinya memang mengaggumkan dari berbagai negara seperti South Africa, Australia, Chille, California, Argentina sampai yang populer tadi italy, spanyol dan Prancis.

wine shelfing cambodia

Mungkin ada yang pernah mendengar banyak orang tua yang suka minum anggur kolesom yang di indo terkenal dengan cap orang tua. Nah minum red wine ternyata bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan mencegah stroke. Makanya sering terdengar kabar banyak orang prancis yang jarang sekali terkena stroke karena terbiasa mengkomsumsi red wine ini.

Untuk miras yang lain, relatif tidak banyak perkembangan. Hanya buat penggemar vodka, disini banyak sekali vodka dari Russia yang harganya murah banget sekelas vodka topi miring buatan Indonesia yang sering kena razia itu. Harga berkisar $3 – $6 dengan tulisan Russia yang kita gak ngerti apa artinya..heeee. Variasinya juga banyak ada yang rasa apricot, buah kiwi dan lainnya melengkapi rasa yang sudah ada sebelumnya seperti citrus, rasberry, dll.

Kalo anda bertanya bagaimana miras kamboja dibandingkan dengan harga Duty Free di airport? wow jelas masih lebih murah di kamboja donk, buat saya duty free itu hanya stempel aja, ada yang bilang duty free di Hongkong murah murah ternyata waktu berkunjung kesana nggak juga tuh.

Mungkin kalo dari segi harga, pengalaman saya pernah mendapati yang lebih murah dari kamboja, yaitu di St.Thomas sebuah virgin island kepunyaan Amerika di kepulauan karibia. Itu emang lebih murah, tapi khan jauh banget disana. Lagian itu udah dulu banget, sekarang saya udah nggak tau lagi.

Leave a comment ?

57 Comments.

  1. Siang kang boyin…sehat kang hari ini? :)
    .-= Diajeng´s last blog ..Bunga Syurga Itu Adalah Wanita, dan Wanita Itu Adalah “Ibu Kita” =-.

    Reply

    boyin Reply:

    Sehat jeng..terimakasih :em20:

    Reply

  2. wah….apa pemerintah ga melarang ya..?kalo semakin murah kan malah makin banyak orang yg mengkonsumsi miras itu… :)
    .-= Diajeng´s last blog ..Bunga Syurga Itu Adalah Wanita, dan Wanita Itu Adalah “Ibu Kita” =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    kalo minuman bebas..malah disini gayanya malah kayak orang prancis, suka minum wine karena memang negara ini bekas jajahan prancis

    Reply

  3. kalau di Solo, yang paling murah adalah CIU MBEKONANG!!!…
    :em62:
    aslinya ciu itu untuk dipasokkan ke industri… e.e.e.e… malah diminum juga…
    .-= Andy MSE´s last blog ..Mengganti Label Flashdisk di Ubuntu =-.

    Reply

  4. wah seru banget bisa jalan-jalan, dan menikmati ke anekaragaman minuman dari seluruh negeri ;) .

    kalau di tempatku biasanya TM atau jowo yang ngetrend ;)

    Reply

    boyin Reply:

    TM itu apa mas?

    Reply

  5. Wah di sini minuman mahal-mahal.. Waktu belum dapet SIM (yg berarti blum nyetir) aku sering banget minum, tapi stelah dapet SIM dan slalu dapet giliran nyetir, stop beralkohol soalnya di sini razia pengemudi beralkohol sangat marak…
    .-= DV´s last blog ..Firasat Digital =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    wine australia disini sekitar $6- $12..masih gak terlalu mahal kok

    Reply

  6. Gila… menggiurkan banget..
    .-= H´s last blog ..Kentut ala Huang =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    hayoo suka minum yah…

    Reply

  7. wow… diimpor harganya jadi berapa x lipat ya? hehe :em68:
    .-= wahyu´s last blog ..Seorang Pengamen Seniman =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    kena pita cukai udah berlipat lipat kayaknya..

    Reply

  8. kalo dibawa ke indonesia bisa gak ya?
    jangan jangan dengan minuman itu rakyat dibbuat mabok supaya ngak mikir yang macem macem ya bos?

    Reply

    boyindra Reply:

    haaa..miras jangan selalu dikaitkan dengan mabok donk..

    Reply

  9. Murah sih murah mas, tapi aku sudah gag tertarik dengan segala bentuk miras (Rhoma mode on), terakhir aku kena baunya bir bin**** langsung mabuk meski gag minum :lol:
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tanah Lot
    .-= Sugeng´s last blog ..Blogger Senang Menyendiri & Exclusive Dalam Pergaulan ??? =-.

    Reply

  10. Aku suka ngeliatin botol2nya doang… Harganya mahal-mahal euy.. dan rasanya? Ugh, pait gitu, Mas… Emang enak ya? :)

    Reply

    boyin Reply:

    gak mahal sih dibandingkan harga di indo, kalo wine ya nggak pahit..malah ada yang manis..enak? ya tergantung..tapi bisa bikin mau coba lagi..haaa

    Reply

  11. Dulu saya sering minum minuman berlalkohol juga, tapi yang dari proses fermentasi alami seperti bir atau wine, yang kadar alkoholnya nggak lebih dari 10%, sementara yang melalui proses distilasi hingga kadar alkoholnya lebih dari 20% seperti whisky atau brandy dsb saya nggak mau.

    Yang saya bingung, kalau minuman beralkohol yang dimasak dengan makanan boleh nggak ya?? Kata kyai sih tetep nggak boleh. Tapi kalo menurut logika saya, karena alkohol menguap pada suhu 80°C, maka ketika dimasak dengan panas yang mendekati titik didih, pasti alkoholnya sudah menguap semua! Ah… nggak tahu deh… binun… :em42:
    .-= Yari NK´s last blog ..Bau Kentut Kok Dihilangkan Dengan Bau Kentut Juga!! =-.

    Reply

    boyin Reply:

    aromanya kang…biasanya red wine..kalo memakai alkohol yang diatas 40% juga ada..namanya flambe..masak pisang atau crepe dengan contreau atau brandy. gak bikin mabuk sih hanya aroma saja.

    Reply

    Yari NK Reply:

    Nah… itu dia mas Boyin. Berarti aromanya itu bukan alkohol pastinya kan?? Karena tidak memabukkan dan saya yakin alkoholnya sudah menguap semua dalam flambé tersebut, apalagi kalau apinya sudah mati…
    .-= Yari NK´s last blog ..Moso Kita Bikin Atlas Saja Nggak Becus Sih…. =-.

    Reply

  12. wah baru berkunjung lagi ke sini,
    miras dimana-mana ada penggemarnya…
    .-= antokoe´s last blog ..Mahalnya Sebuah Ilmu =-.

    Reply

  13. Saya cuma sekali diajak minum anggur pas ada acara bersama bosku di Tretes…wahh langsung kaget, lha badan terasa kemranyas. Bosku geli…”Belum pernah ya”, tanyanya. Dalam hati, saya berkata, tak akan pernah mencoba lagi….

    Yang tak terbayangkan lagi, bagaimana orang bisa menikmati alkohol (yg jelas rasanya lebih tak enak..menurut pengakuan teman), dan rokok..lha baunya aja bikin pusing.
    .-= edratna´s last blog ..Akikah Epitaph di Newseum Café: Sebuah novel yang merupakan buah permenungan, hati yang berontak, ada rasa indah dan mengharukan =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    baguslah bu kalo sampai tak tersentuk alkohol…heee..kalo saya sekolahnya aja diajarin bikin cocktail sampai menghidangkan cerutu.

    Reply

  14. Hati-hati kalo minum minuman keras gigi bisa rontok, secara kan keras banget tuh.

    wempi minum air tajin saja sudah mabuk, haha…

    Reply

    boyindra Reply:

    haaa..moso sih air tajin wemp..hee

    Reply

  15. Minumnya pake sendok logam biar lebih berasa :em19:

    Reply

    boyindra Reply:

    ngirit amat pake sendok…

    Reply

  16. Buset, saya baru dengar nih masak pisang pake contreau hahahaa… sumpah keren banged idenya.
    Gimana caranya mas boy? Ada resepnya? :D
    .-= zee´s last blog ..Jiwa Melayani =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    di fine dining restaurant biasanya ada, namanya flambe..makanan klasiknya kalo gak salah seperti crepes red devil trus apalagi yah..haaa..lupa..udah lama sih dulu belajarnya..dan karena pake minuman keras jadi ada atraksi teflonnya terbakar dengan aroma alkohol yang mantep…

    Reply

  17. penggunaan minuman keras disana legal ya
    klo di indonesia di haramkan..
    malah yang minum menjadi-jadi :em58:
    .-= annosmile´s last blog ..Mendaki Tingkatan Candi Gedongsongo =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    lebih baik kayak di indo kalau nggak kayak disini(vietnam dan kamboja), yang muda muda udah pinter minum alkohol.

    Reply

  18. banyak orang mabuk kali ya
    .-= m. wiyono´s last blog ..Health Tips with the Bike Shed =-.

    Reply

  19. Ahai…. kkonten sahabatku yag satu ini kok makin mantab aja ya, terus berkarya dan jangan pernah bosan, serta jangan dilarang aku berkunjung n komentar. Lebih lagi kalau mau memberiku link, tapi jangan terpaksa… dan harus ikhlas
    .-= m. wiyono´s last blog ..Health Tips with the Bike Shed =-.

    Reply

  20. dilihat dari psikologinya, segala yang dilarang itu malah membangkitkan keinginan untuk mencoba. demikian pyula dengan minuman keras. disana diperbolehkan mungkin untuk mencegah terjadinya peminum yang berlebihan. di indonesia, saya kira bukan rahasia lagi dilarang tapi malah membuat setiap orang ingin mencobanya kali.
    .-= liudin´s last blog ..Ingatlah! “Anda adalah Pemimpin” Jadi… Apa yang Anda Butuhkan? =-.

    Reply

  21. wah, mas boyin kok sangat hafal dengan harga2 miras, yak? selalu survey, ya, mas? hehe ..
    .-= sawali tuhusetya´s last blog ..Blog sebagai Gaya Hidup Masyarakat Posmo? =-.

    Reply

    boyin Reply:

    haaa..penggemar pak..kebetulan juga dulu pernah kerja di cafe

    Reply

  22. Kalo disini mahal aja pada beli, gimana kalo murah ya…. :em50:
    .-= the bunglon’s´s last blog ..Kurikulum Yang membingungkan =-.

    Reply

  23. Kalau di sini mahalnya harga dimaksudkan untuk menghambat peredaran minuman-minuman seperti itu. apalagi kalau yang mengutip pajak orang-orang nakal, pasti lebih mahal lagi :em41:

    Reply

  24. Di Kamboja kecil-kecil udah pada minum, gedenya jadi generasi pemabuk, dong :) Liat foto wine berderet-deret gitu pasti para pecinta wine ngiler, air liurnya udah jatuh wekekeke…
    .-= ALRIS´s last blog ..No Pain No Gain =-.

    Reply

    boyin Reply:

    orang sini emang pada doyan minum jadinya

    Reply

  25. :em11: apa disana miras*antika* dijual bebas!
    :em20: Enak banget bisa beli dimana aja, kapan aja, murah lagi! Bagi dunk hiji mah! :em41:

    Reply

  26. mampir ke blognya drunken master,hehehe…

    Reply

  27. saya ndak boleh minum miras.. hehe..
    .-= Ongki´s last blog ..Dunia Games – Download dan Mainkan =-.

    Reply

  28. masih lebih murah di Indo mas…tapi campuran biar nendangnya yang lebih mahal :em41:
    .-= bukan facebook´s last blog ..Wanita paling cantik akhirnya ditemukan! =-.

    Reply

    boyin Reply:

    haaa..maksudnya yang idup?

    Reply

  29. malam bang……..
    belikan blue seotol dong…..hehheh

    mending beli yg lain daripada beli yg itu………
    salam hangat dari blue
    .-= dobleh yang malang´s last blog ..Remember me VII =-.

    Reply

    boyin Reply:

    entar mabora lagi blue..heee

    Reply

  30. semangat y om
    salam hnagat dari blue

    semoga sehat selalu

    Reply

  31. St Thomas ? Karibia …
    Baru saja saya baca resensinya di sebuah blog … saya lupa blognya …
    katanya ini surganya karibia …
    namun penjahatnya juga banyak katanya …

    Salam saya
    .-= nh18´s last blog ..RITUAL PAGI =-.

    Reply

  32. sudah berhenti sejak 17 tahun yg lalu… :em42:

    Reply

  33. :em36:
    glug…
    ngiler
    .-= dian´s last blog ..free hugs jogja =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    heee..jurusannya sama kayaknya ama saya…

    Reply

    dian Reply:

    di sini amer aja mahal bener :em71:
    :em41: ketahuan seleranya
    .-= dian´s last blog ..I’ve got tagged =-.

    Reply

  34. mampir nich…
    menarik sekali blog anda dan saya menyukainya..
    salam….
    oh ya ada sedikit info nich tentang kayu jabon dan bibit jabon semoga bermanfaat… :)

    Reply

    boyindra Reply:

    salam kenal

    Reply

  35. butuulllll ituuuu…harganyaa gILAAAAA!!! Murah Bgt!!!
    Phnom Penh emang surganya buat para yg suka miras ( g harus mabuk2an lho)!!!
    hahahaha..
    lumayan puas nyobain minuman ini-itu, hmmmm…
    kalo di bali harganya udah ga kesampaian.. he3

    Reply

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>