Semua bentuk rumah sama

Hanya sekedar informasi dan menambah wawasan aja, kalo ternyata orang kamboja itu kurang kreatif dalam membuat rumah. Kalo saya perhatikan 2 tahun belakangan ini, gak orang middle up walaupun yang miskin sekalipun bentuk dan desain rumahnya sama. Mau tau apanya yang sama, mari kita lihat satu persatu.

Sebenarnya rumah asli khmer itu seperti gambar di bawah ini, bawahnya tembok, atasnya kayu atau seng (kalo yang miskin di pedalaman sana).

traditional khmer house1

traditional khmer house

Tapi lambat laun rumah tradisional ini sudah jarang di jumpai di kota walau kebetulan sukur masih ada di kota (jadi gak usah pergi ke desa buat foto..hee), yang ada adalah konsep rumah konsep ruko yang hampir tidak memakai bahan kayu sama sekali kecuali pintu rumah dan furniture.

Percaya deh kalo keliling kota di kamboja khususnya Phnom Penh ini bentuk rumah 95% sama semua..plek deh pokoknya. yang 5% itu pengecualian untuk orang orang yang bener bener high rank/class, biasanya bentuk rumahnya model eropa. Gambar dibawah ini bukan motret ruko tapi itu emang rumah. Yah kalo tempatnya di jalan raya ya mungkin akan di berdayakan sebagai toko juga.

modern khmer house

Saya juga bingung, katanya jajahan prancis, kok model rumah mirip prancis malah gak ada yah? mendingan kita, coba kalo jalan jalan ke bogor, banyak sekali rumah peninggalan belanda yang masih terawat apik disana, sampai salah satu rumah teman saya di bogor itu lantainya masih asli berwarna merah kecil kecil.

Yang lulusan arsitek ama sipil bisa tuh cari pekerjaan disini, asal bisa bahasa inggris dijamin kaya deh..heee..tapi kalo udah kaya harus inget saya yah….haaa

34
Leave a Reply

avatar
24 Comment threads
10 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
24 Comment authors
hachikoEdillaitempoetiAndy MSEboyindra Recent comment authors
  Subscribe  
Notify of
Anas
Guest

Mmmmm, baru tau saya.. makasih infonya..
.-= Anas´s last blog ..Serba 2000 pada kartu simPATI =-.

Anthony Harman
Guest

Bentuk rumahnya kayaknya gak beda ama di negeri sendiri. Hahaha…
.-= Anthony Harman´s last blog ..Coba-coba Bikin Situs Game =-.

Bang Aswi
Guest
Bang Aswi

Ya, dinikmati aja. Berarti kan ada bedanya selain faktor bahasa. Kalau sama kayak Indonesia, nanti malah bingung ini di Indonesia atau Kamboja. Hehehe … sudah kenyang kan telur saus merahnya?

anderson
Guest

Tapi asli bang Boy, ngeliat fotonya serasa ngeliat rumah-rumah yang ada di Jakarta. Emang gak jauh beda yah…

achmad sholeh
Guest

Berarti orang-orang di sana mungkin tidak suka kreasi model baru mas, atau bahkan takut sama leluhurnya kalau mau merubah type rmahnya

Wempi
Guest

Wempi kesana deh, jadi tukang bangunan aja :em20:
.-= Wempi´s last blog ..Bengkel Kita =-.

suwung
Guest
suwung

keamanan dijamin gak bos?

edratna
Guest

Kalau di Indonesia kayaknya model apa aja ada ya…mungkin bagi orang kita selalu pengin yang lain dari lainnya.
Dan model rumah berubah sesuai zamannya…saat masih kecil, model rumah yang ada pavilyunnya…terus model joglo…minimalis dsb nya…dan saat ini setiap orang punya keinginan sesuai apa yang diharapkannya.
.-= edratna´s last blog ..Bulan renungan? =-.

arifudin
Guest

semoga nanti bisa mendaatkan rumah yang senyaman surga, faktor terenting adalah dari para penghuninya 😉
.-= arifudin´s last blog ..Nexian NX-G522 hasil nyata pertama ngeblog =-.

marsudiyanto
Guest

Jangan2 blogger Kamboja pakai theme yang sama pula…
.-= marsudiyanto´s last blog ..Setelah Dofollow dan Nofollow, kini ada Nifollow =-.

tukang Ndobo$
Guest

Berarti mereka kurang kreatif ya..hihihihi

buJaNG
Guest

Didaerah saya juga banyak tuh yg tipe/model rumahnya niru2… mungkin klo punya rumah yg super mewah baru nggak ada yg bisa ngikut niru
.-= buJaNG´s last blog ..Rencana Untuk Tahun 2010, Belajar Lagi =-.

tukang Ndobo$
Guest

Hihihihii.. ternyata mereka kurang kreatif ya :em47:
.-= tukang Ndobo$´s last blog ..Aplikasi PayPal Untuk Handphone (HP) =-.

alhejawi
Guest

Yang pentingkan punya rumah. :em66:
.-= alhejawi´s last blog ..Job Pertama Senilai $100 dari PayPerPost =-.

DV
Guest

Kupikir memang se Asia Tenggara yang paling ‘nyeni’ itu Indonesia 🙂

Tapi kuyakin nanti kalau Kamboja sudah maju secara ekonomi, wawasan orang ttg seni termasuk seni membangun rumah akan membaik 🙂
.-= DV´s last blog ..Avatar, terbaik 2009? =-.

boyin
Guest

udah saus telornya..haaa

boyin
Guest

ini style china ruko kayaknya bro..

boyin
Guest

wah itu saya kurang tau juga..tapi sih kayaknya nggak mas..

boyin
Guest

kalo dilihat di photo..emang ketutup semua, karena banyak maling juga disini..mklum negara miskin

boyin
Guest

iya bu..dinamis sesuai perkembangan jaman

sawali tuhusetya
Guest

wah, apa mungkin kultur masyarakat kamboja yang memang sulity utk berubah, mas boyin, sampai2 bentuk rumah pun ndak ada bedanya antara si kaya dan si miskin. atau jangan2 ini memang utk mengurangi kesenjangan sosial?
.-= sawali tuhusetya´s last blog ..Epitaph: Kisah Berbingkai dalam Balutan Misteri =-.

Yari NK
Guest

Mungkin arsiteknya sama semua. Atau bisa jadi arsiteknya berlainan tapi arsiteknya belajar dari universitas yang sama dan dari guru yang sama sehingga mungkin saja ide2nya sama…. huehuehuehue…. nggak tahu deh…. 😀
.-= Yari NK´s last blog ..Di Tahun Depan Mari Lebih Melestarikan Lingkungan Hidup… =-.

nh18
Guest

Ah sayang sekali saya bukan lulusan Arsitek …
kalau tidak …
wo … saya pasti sudah terbang ke sana deh …
hehe

Salam saya Mas Boy

bukan facebook
Guest

wah kaka saya mau gak yah ke kambjo..soalnya dia arsitek 😀
.-= bukan facebook´s last blog ..Karena wanita sulit dimengerti =-.

Edi Psw
Guest

Foto yang paling bawah itu modal baru ya, Mas?
.-= Edi Psw´s last blog ..Award di Bulan Desember =-.

Andy MSE
Guest

omahe apik2…
rasa-rasane suasanane ra bedo adoh karo ning kampungku… hehe
.-= Andy MSE´s last blog ..Vektor =-.

itempoeti
Guest

hlaaa kok gak kreatif gitu Mas…

Edilla
Guest
Edilla

:em63: :em39: oooooooooooooo,tinggalin kebudayaan ya

hachiko
Guest

wajarlah kesian,, masih trauma perang kali.. payah
mikir
kalo indonesia ga usah ditanya, perang nggak perang
emang dari dulunya tukang ngoprek2 :ngacir: