Jambu klutuk tanpa klutuk yang bikin resah

Jambu bangkok tanpa bijiBerita singkat. Yang suka baca koran atau TV mengenai berita internasional pasti udah pada ngikutin kalo saat ini hubungan negara Thailand dengan Kamboja memang lagi runyam.

Belum usai pembakaran kedutaan besar Thailand di kamboja beberapa tahun silam serta ketegangan di perbatasan satu tahun yang lalu gara gara memperebutkan candi yang di klaim milik kedua belah pihak, eh sekarang ada lagi persoalan yang lain yaitu masalah si Thaksin yang diangkat jadi penasehat senior perdana menteri kamboja yang berkuasa.

Buat info aja bagi yang gak tau Mr. Thaksin Shiwanatra (eh gitu ya nulisnya..) adalah mantan perdana menteri yang berkuasa di Thailand. Setelah digulingkan kekuasaannya dan menjadi buron dalam dakwaan korupsi, eh tau taunya malah tambah heboh karena dijadikan penasehat senior oleh Orang nomor satu disini. Di kamboja sini, orang nomor satu bukannya raja tetapi si PM ini, kekuasaannya mirip Suharto pada jamannya. Lebih serem malah tapi saya males mbahasnya.

Sebenarnya bukan politiknya yang saya takutkan, saya jadi terusik gara gara buah favorit saya jambu klutuk bangkok tanpa klutuk lenyap dipasaran, pasti ini gara gara si Thaksin, pikir saya. Ya jelas nuduh, la wong Duta besar masing masing negara aja udah pada saling mudik mungkin hal ini bisa saja berimplikasi dengan kegiatan ekonomi dan perdagangan masing masing negara.

Ternyata bukan hanya si klutuk yang gak ada, susu fresh milk anak saya juga kosong stoknya, bawang merah segede bola golf asal thailand juga mulai dikit ,gimana mau bikin telor dadar. Maklum kamboja memang belum punya teknologi dan infrastruktur untuk memproduksi dairy produk dan segala macam jenisnya, semuanya import dari negara negara tetangga Asean termasuk Indonesia.

Sekarang tinggal nunggu aja, gimana kelanjutan ceritanya…pufff..mbok ya perang politik gak usah nyamber nyamber ke wilayah ekonomi gitu lho.

Jambu…jambu..kapan kau datang lagi.

Leave a comment ?

39 Comments.

  1. Abisnya ‘big brother-nya’ (baca:Indonesia) juga lagi sakit sih. JAdinya gak bisa ngurusin adiknya yang pada berantem. 😀
    .-= bukan facebook´s last blog ..Siapa suruh datang Jakarta =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    tapi kayaknya negara asean yang lain juga gak setuju sih, mosok koruptor malah di lindungi malah dikasi jabatan pula

    Reply

  2. :em22: masih banyak ngimpor dari Thailand ya? Jadi, kalo yang punya negara lagi berantem, barang-barang impor jadi langka deh… :em58:

    Di Indonesia, saya baru tahu kalo garam, hampir sebagian besar adalah Impor! Padahal, garis pantai negara indonesia adalah yang salah satu yang terpanjang di dunia! Bayangkan kalo kita berantem sama negara penghasil garam, bisa-bisa rakyat pada mati semua, nggak bisa masak!

    :em66: :em66:

    Reply

    boyindra Reply:

    iya ironis yah..garam kok bisa import

    Reply

  3. Sepakat.. perang politik jangan dicampur aduk ke dunia ekonomi. Btw, q juga suka jambu klutuk loh!
    .-= Anas´s last blog ..Telkomsel Campus Blog Competition =-.

    Reply

  4. Wah… kalau begitu bukan hanya Indonesia dan Malaysia aja yang ribut dong ya?? Thailand dan Kambodia bahkan jauh lebih ribut lagi. Tapi saya agak salut juga dengan Kambodia yang ukurannya lebih kecil dan relatif lebih miskin dari Thailand tapi berani menantang tetangganya yang lebih besar dan kuat itu….

    Hmmm…. sebenarnya bisa nggak ya… dengan ditariknya produk2 Thailand (termasuk jambu klutuk), bisa menjadi opportunity untuk kita agar bisa menembuh pasar Kambodia lebih dalam lagi?? Seharusnya kita juga bisa tuh mengekspor jambu klutuk maupun susu ke Kambodia, bahkan mungkin dengan harga yang lebih murah dan dengan kualitas yang sama baiknya atau bisa jadi lebih baik…
    .-= Yari NK´s last blog ..Seorang Guru Yang “Menolak” US$ 75.000 =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    sekarang memang sudah mulai dimanfaatkan oleh negara2 asean yang lain salah satunya yang paling diuntungkan adalah vietnam karena paling deket dari yang lainnya

    Reply

  5. ya seperti biasa kalau ada gejolak politik, dampaknya pasti ke masalah ekonomi duh…
    .-= arifudin´s last blog ..Desktop ubuntu-ku makin cantik =-.

    Reply

  6. yang bener bukannya thaksin shinawatra, ya? *sok tau*

    anyway, perang politik biasanya juga dibarengi sama perang ekonomi koq.. jadi yah, harap bisa menjalani dengan sabar dah.. 😉
    .-= Billy Koesoemadinata´s last blog ..eksis = bakat ngartis? =-.

    Reply

  7. tanda-tanda perang dunia ke 3 tuh… :em20:
    .-= Wempi´s last blog ..Bukit Kubu & Kebun Strawberry Medan =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    walah..jangan donk..heee

    Reply

  8. Jambu monyet yang tanpa jambu pasti makin banyak…
    .-= marsudiyanto´s last blog ..Ada, Tapi Entah Dimana =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    dimana pak mars?

    Reply

  9. saya kurang begitu mengikuti perkembangan situasi yang berlangsung di kamboja, mas boyin, hanya sekadar membaca text berjalan di layar tv. konon korut dan korsel juga bersitegang. doh, kapan dunia akan damai, yak?
    .-= sawali tuhusetya´s last blog ..Buku Tali Asih dari Pakdhe Cholik =-.

    Reply

  10. malam-malam kunjungan blog, salam D3pd ^_^…V mau dong buahnya (tukeran link ya)…

    Reply

  11. :em41: anak jadi korban politik

    Reply

  12. Sejak dulu saya gemes, kenapa ya buah yang bagus-bagus itu asalnya dari Thailand? Mulai dari jambu Bangkok, pepaya Bangkok, durian Bangkok, klengkeng Bangkok. Lha kita punya IPB, apa nggak bisa memuliakan benih-benih buah asli Indonesia?

    Saya dengar-dengar (eh, baca-baca ding …) Raja Thailand setiap tahun membagi-bagi benih buah-buahan yang sudah dikembangkan untuk para petani secara gratis. Mbok presiden kita juga gitu ya …
    .-= Tuti Nonka´s last blog ..Jika Jatuh, Pungutlah Sesuatu … =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    takut dibilang niru suharto kali bu..

    Reply

  13. Heheheeh Kamboja yang nyari perkara, Bung!
    Masak bekas PM negeri tetangga yang bermasalah dijadikan penasihat ekonomi 🙂
    Belum pula usai soal urusan candi-candi kuno diperbatasan.
    Ya, semoga semuanya cepat membaik dan Indonesia turun tangan *lohh*
    .-= DV´s last blog ..Tips Mengelola Password =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    UUd soalnya bro..duit..

    Reply

  14. Perang politik kok jadi perang jambu ya ?
    hehe…
    Ya udah, impor aja dari Ind. bro….
    :em70:
    .-= HumorBendol´s last blog ..Antara Nasi Goreng dan Telur =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    gak ada yang tanpa biji soalnya

    Reply

  15. hahahaha tapi ya rasanya aneh klutuk tanpa klutuk :em37:
    .-= dhodie´s last blog ..“Building deBlogger” in Kumpul Blogger Muslim 2009 =-.

    Reply

  16. Sulitnya jika negara sedang berseteru dengan negara lain…padahal banyak sekali ketergantungan perdagangan antar kedua negara tsb.
    .-= edratna´s last blog ..Waktunya bersantai sejenak =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    iya bu, egois juga itu para pemimpin negara itu

    Reply

  17. :em62: wah…. kok pada suka berantem sih yah orang² itu
    :em28:
    .-= meylya´s last blog ..Direct TV Packages =-.

    Reply

  18. waw..
    apa mirip ama..
    jeyuk makan jeyuk ya.. :em54:
    .-= Budi Hermanto´s last blog ..Playing with CB-Sport =-.

    Reply

  19. haduh…. imbasnya sampe gitu ya? ckckck… dasar thaksin si trouble maker!!! :em49:
    .-= ichanx´s last blog ..Gw Orang Indonesia… Dan Elu Juga! =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    bukan penggemar manchester city khan?

    Reply

  20. Yang jelas, jambu itu enak.. Tp lebih enak lagi lagi menyantap nya di tempat yang damai… :em47:
    .-= Ongki´s last blog ..Telkomsel Mobile Campus =-.

    Reply

  21. :em04:
    Kesempatan buat petani bawang Indonesia ekspor ke Kamboja, daripada mengeluh terus harga bawang murah. Soalnya pemerintah sibuk ngurus yang lain. Urusan bawang, cabe, jengkol (hahaha…) dan hasil pertanian yang lain belum dianggap urgent, makanya buah-buahan yang berbau bangkok menyerbu pasar domestik karena pemerintah Thai sana menganggap urusan hasil pak tani sama pentingnya dengan kerja orang yang berkantor di gedung ber-AC.

    Soal gesekan Thailand dan Kamboja anggap aja anak-anak dalam masa pertumbuhan. Emang suka begitu untuk menyalurkan energinya. Sesekali bolehlah tuh para prajurit disuruh praktek nyata, kan selama ini mereka cuma latihan perang-perangan doang? <<< komentar orang gak sehat kali ya, wakaka..
    .-= ALRIS´s last blog ..Blue Ocean =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    ayo..petani bawang kemari..walaupun bawangnya cilek cilek…

    Reply

  22. Sebuah jambu yang punya arti luas… Klutuk..
    .-= masrobertk´s last blog ..Kartu As Perpanjang Nelpon dan SMS Murah – Konten Ridho & Rhoma Irama via UMB *100# =-.

    Reply

  23. jambunya sih nggak masalah, mas Indra! SUSU-nya itu lho! kalau ilang kan berabe!!!… :em59:
    .-= Cah Gembagus´s last blog ..Hello world! =-.

    Reply

  24. wah… gila tuh

    jgn lupa kunjungi blog saya n comment ya!!!

    http://hambyah.com atau di http://hambyah.info
    .-= Hambyah´s last blog ..Aturan Paypal Yang Ketat =-.

    Reply

  25. teganya si takshin itu merampas jambu klutuk g pake klutuknya bang Indra:)

    Salam kenal

    erikmarangga

    Reply

  26. Jujube Kamboja itu bernama Puetri | Boyindra's Weblog - pingback on September 13, 2010 at 9:07 am

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Trackbacks and Pingbacks: