Yang itu TV atau Handphone?

Kamboja memang banyak liburnya, baru minggu kemarin libur water festival sampai 5 hari, senin ini masih ada libur juga, maklum dalam setahun kamboja mempunyai 25 hari libur resmi, makanya maap agak jarang posting. Kalo ada yang ingin tahu apaan sih water festival di Kamboja itu, bisa baca postingan saya tahun lalu disini. Nah cerita kali ini terinspirasi gara gara tadi malam ikut menghadiri kondangan pernikahan teman istri orang kamboja sini. Selain belum pernah menghadiri pernikahan a la kamboja, juga penasaran dengan adat dan entertainment mereka.

Pernikahan a la kamboja sekarang dengan a la vietnam ternyata hampir sama, makan disajikan dengan set menu bergaya cina, maksudnya kalo gaya cina itu pasti di mejanya ada “lazy suzan” ditengah tengah meja. lazy suzan adalah meja bundar yang bisa diputar sehingga sewaktu makanan disajikan, para hadirin di meja itu bisa menikmati bergantian dengan memutar meja tersebut untuk mengambil makanan.

Yang berbeda adalah cara penyambutannya. Kalo di vietnam mempelai duduk dipanggung yang sudah disediakan sedangkan di kamboja mereka nungguin di depan gerbang dan aturannya selama menunggu tamu/undangan yang datang mereka bisa bolak balik berganti baju pengantin dengan pakaian khas mereka yang berbeda tentunya selama 12 kali! wuihh..capek bener nikah yak…heee

Perbedaan yang khas adalah di kamboja terkenal dengan acara yaitu “saravan atau Ruongbong” yaitu menari bersama antara pria dan wanita diiringi alunan musik yang riang, mirip pesta orang orang batak jika ada pesta.

poco2 kamboja

Nah ini yang mau saya ceritakan, walau bukan bermaksud mengeneralisasikan semua cowok kamboja, tapi memang pada waktu itu banyak teman istri yang cowok cowoknya pada membawa handphone…heee..pada bingung khan maksud saya?

Saya pun juga sempet ditanya oleh salah seorang yang SKSD (sok kenal sok dekat) sama saya, sambil menunjuk ke istri yang sedang berbincang dengan teman, si SKSD ini bertanya ke saya “maaf, Yang itu yang bersama kamu, TV apa handphone?” terus terang saya nggak ngerti maksud perkataannya, maklum di kamboja saya bukan anak gaul, akhirnya saya cuman cengengesan aja merespon pertanyaannya.

Terakhir setelah tanya ke istri akhirnya saya tahu bahwa yang dimaksud TV itu istri kalo Handphone adalah istri -istrian..haaa..dasar…alasannya adalah kalo TV itu barang yang lumayan lama digantinya kadang malah gak pernah diganti walau sudah rusak dan tv juga bukan barang yang suka ditenteng tapi kalo handphone adalah barang yang kalo lagi model baru suka dibeli, diganti dan di tenteng kemana mana.

Malam itupun cukup banyak “handphone” bertebaran di ballroom tempat acara pernikahan diadakan dan memang jika dibandingkan dengan sang pria, si handphone ini emang cukup “bening bening”, sangat kontras dengan yang “nenteng”.

Sekali lagi maap, bukan bermaksud sekali lagi menggeneralisasi cowok cowok kamboja, tapi kalo di indo biarpun mereka punya banyak “handphone” tapi kayaknya jarang deh sampe ditenteng ke pesta pernikahan.

Apa karena kita lebih munafik? ah, anda sendiri yang tau jawabnya

traditional khmer dress

Ps. Kalo yang ini (foto diatas) semuanya dijamin TV, biar berat bawa tabungnya tapi mesti dibawa..heee

Leave a comment ?

27 Comments.

  1. Waduh, gimana kalau handphone sekaligus TV? Berarti istri2an yang akhirnya resmi dinikahi?

    Hahahahaha.. tukeran handphone yuks :)
    .-= DV´s last blog ..Family Name, Perlukah? =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    jadi punya 2 istri donk..hee

    Reply

  2. wakakaka…, lucu banget istilahnya. nice info, Bro.. Mungkin orang Indonesia lebih ‘low profile’ Bang, jadi handphone-nya diumpetin terus… gak enak sama yang laen, yang nggak make handphoe..

    TV-nya Bang Boy yang sampulnya warna kuning toh? :-D

    Reply

    boyindra Reply:

    yoi yang tabungnye warna kuning..hee

    Reply

  3. Whooaa…PERTAMAX ya, Bro??? :em24:

    Reply

    boyindra Reply:

    keduax..ya ampun gak penting lageee pertamax disini..hee

    Reply

  4. heeh kirain handphone apaan ternyata hehehehe
    .-= Omiyan´s last blog ..Puisi Hati : Karena Kami Punya Hati =-.

    Reply

  5. pasti ada seri nya juga, ada jenisnya juga.
    ada touchscreen, ada keypadnya qwerty, ada juga yang standart. yang penting bunyi :em32:
    .-= Wempi´s last blog ..Asmara Raja Chatting di Internet =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    ring tone nya apa wemp..hee

    Reply

  6. Hahahahaaaa…. ada-ada aja ya istilahnya.
    Tp bener juga itu mas, TV kan lama gantinya, klo hp bisa jual second cepat laku pula, langsung bisa beli baru lagi. Yoi, mana ada cowok di sini yg udah punya TV tp berani bawa HP nya ke pesta. Udah gila klo ada yg berani kayak gitu hihihi…

    Reply

  7. :em70: selamat siang bang
    lama tak mampir
    miss u
    salam hangat selalu
    .-= dobleh yang malang´s last blog ..Man, love and silent night =-.

    Reply

  8. TV kalau plasma ya OK Mas…
    Biarpun HP tapi kalau GPRS jadul ya kalah ama TV…

    Tapi tepat juga kalau pemisalannya TV dan HP.
    Kalau TV dipencetnya sekali2 dowang, kalau HP hampir tiap saat dipencet2…

    Kalau TV dilihat dari kejauhan, kalau HP digenggam dan selalu nempel…
    .-= marsudiyanto´s last blog ..Credit Repair Services =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    makasih pak guru dikasi tambahan penjelasan nih…

    Reply

  9. Handphone maksudnya untuk meramaikan pesta, agar saat acara menari bersama seru?
    Budaya masing-masing bangsa memang menarik untuk dilihat
    .-= edratna´s last blog ..Koya Timur, daerah transmigran di Jayapura =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    buat yang laki2 jelas seru bu, tapi buat istri beneran itu pertanda mereka kudu siap2 minta talak…heee

    Reply

  10. oalha… gitu ya mas..kirain beneran tadi..istilah yang lumayan bikin binging…hwhehwheh.. semoga blog ini juga menjadi TV ya mas….
    hwhehhwehh
    salam kenal
    .-= mase mungil´s last blog ..Comment on 10 November, Menjadi Bangsa yang Besar by oscorner =-.

    Reply

  11. :em62: Bang, TVnya yang berapa inchi tuh? Kok, masih belom beli baru yang flat? *dikeplak* :em26:

    Kalo butuh henpon, hubungi saya ya? Saya punya setok banyak nih. Murah, maklum BM. :em32:

    Reply

    boyindra Reply:

    walah side jobnya nunik yah…haaa

    Reply

  12. hahaha….
    lucu2…. wah sy ngak punya handphone dan TV :P
    .-= aRuL´s last blog ..Gili Trawangan is the most beautiful beach =-.

    Reply

  13. wakakakakak…
    kok melas men to yooo…
    istri kok disamakan kayak barang…

    Reply

  14. hlaaa padahal sekarang banyak yang kemana-mana bawa handphone dua bahkan kadang sampai tiga…
    terus piye Kang?
    .-= Love4Live´s last blog ..Tips Cara Install GYach-E (Enhanced) Improved on Ubuntu 9.04 Jaunty Jackalope – Yahoo Messenger on Ubuntu =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    wani gak digowo kondangan kawinan?heee

    Reply

  15. Yang belon tahu…. ditanya itu TV atau handphone?? Karena gengsi dan sok yakin lantas dijawab: “Oooo saya TV punya 4 di rumah, handphone saya ada 5 tuh…… tiap 2 bulan gonta ganti…” huehuehuehuehue…..
    .-= Yari NK´s last blog ..Blackout Rotation… =-.

    Reply

  16. JJiiiaaaahhh …
    Istilahnya kok lucu juga ya …

    Yang jelas TV kita lebih bening kaaaaannn ???

    Salam saya
    .-= nh18´s last blog ..DEDICATED FOR THE BABIES =-.

    Reply

  17. istilah yang unik.. tapi aku lom punya TV neh.. hihih
    .-= h´s last blog ..Miris! =-.

    Reply

  18. analogi yang kocak tapi memang pas..
    TV jarang dipamerkan kalau HP sengaja dipamerkan agar orang lain pada lihat apalagi kalau hp keluaran terbaru dengan fitur yang canggih dan bentuknya manis. :em32:
    .-= endar´s last blog ..Sejenak menikmati opera handbody =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    weh..udah ada lama gak posting nih..ntar aku maen ke tkp deh

    Reply

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>