Menangani Politik kantor multiracial

Baca judulnya aja udah ngeri yah….sama….saya juga. Lho kalo sama sama ngeri ngapain di bahas? terus terang kalo udah tingkat multirasial antar negara ini kendalanya emang kompleks banget, bisa dari bahasa, agama, kebiasaan mereka, dan hal hal lain yang sangat subjectif seperti warna kulit misalnya.

Sebenarnya saya bukan pakarnya mengungkap hal ini apalagi menjadi sekelas psikolog, tetapi ini berdasarkan pengalaman saja yang sapa tau bisa dipakai bahan referensi bagi yang sedang stress mengalami situasi tingkat tinggi ini.

Cerita atau bahasan ini sebetulnya akan lebih mengkhususkan politik yang terjadi jika ada kubu/grup antar negara di satu perusahaan. Maksudnya jika ada beberapa grup antar negara berbeda, bekerja di negara yang berbeda pula maka ada kecenderungan mereka akan mencari orang orang yang senegara dengan mereka untuk menduduki jabatan tertentu dan menyingkirkan pekerja yang berbeda negara dengan mereka. Biasanya mereka akan mengincar posisi yang strategis yang mungkin sedang anda jabati. Yang akan mereka lakukan biasanya bermacam macam, dengan membuat jabatan baru yang mirip mirip jabatan anda dan mengambil beberapa yang menjadi tanggung jawab anda sebelumnya, atau tidak memperpanjang kontrak kerja anda (yang ini masih halus)

Tidak disalahkan jika anda mengalami stress tingkat tinggi dalam mengalami tekanan seperti ini karena saya juga pernah mengalaminya walaupun bukan dalam kapasitas sebagai Top management. Sebotol vodka atau red wine hanya menjadi sarana pelarian sementara. untuk itu mungkin yang bisa saya sarankan yaitu,

1. Kenali di posisi mana anda sekarang

Tingkat sapuan ombak berbeda beda sesuai dengan jabatan itu sendiri, apakah anda termasuk mid management, up atau top management (sekelas VP) yang sedang ikut dalam genderang perang.

2. Kenali siapa yang bisa diajak kerjasama/dipercaya

Dalam perusahaan besar kayaknya hampir sama dengan negara kecil bahwa kawan atau grup anda adalah orang orang yang mempunyai kepentingan yang sama. Nggak penting dari negara mana mereka berasal. Yang penting kepentingannya.

3. Selalu mempunyai data yang paling valid

Meminjam istilah orang orang terkenal yang saya lupa bukunya bahwa “information is power” nah, mungkin hal ini tentu saja merupakan senjata ampuh untuk membuktikan bahwa grup anda lebih baik dan dipercaya oleh para pemegang saham/owner.

4. Mempunyai inovasi terbaru

Jika dihadapkan oleh satu atau dua kubu besar yang sedang bersaing, sangat di sarankan mempunyai suatu inovasi atau produk terbaru yang harus anda launch secepatnya yang tentunya berhubungan dengan kontribusi revenue di perusahaan anda. Sesuaikan pengeluaran dan estimasi revenue yang akan di dapat. Yakinkan ini akan berhasil, jika tidak maka dapat dipastikan anda yang akan tersingkir.

5. Informasi tidak boleh bocor

Siapa yang mau naik jabatan, produk/kebijakan apa yang akan diluncurkan, siapa yang akan dipecat, dll pastikan informasi ini tidak bocor saat anda belum melakukannya. Dikalangan mid management biasanya grup ini yang jadi penyebar gosip bahkan bumbu bumbu sudah ditambahkan. Cerita A bisa jadi Z..heee

6. Iklaskan akan keputusan terakhir

Ikhlas itu penting. kadangkala semuanya ini diluar kontrol anda maksudnya kalo emang para pemegang saham atau owner gak suka anda apapun alasannya (namanya juga multirasial). Jika anda atau kalo grup anda dibubarkan ya kudu terima dengan lapang dada. Bukankah masih banyak negara lain yang membutuhkan tenaga profesional seperti anda.

Makanya bagi para profesional yang bekerja di luar negeri dengan kendala seperti ini, sangat disarankan untuk memutuskan hidup bebas hutang. Karena jika sudah bekeluarga anda toh harus memastikan biaya kehidupan, sekolah anak dan lain lain terus ngebul walaupun di saat saat anda nganggur. Tabunganlah yang menghidupkan anda selama anda mencari pekerjaan baru kembali.

Sebenarnya dilapangan ada trik trik yang kadangkala lumayan kotor dan bikin mules kalo diceritakan, tetapi saya lebih suka kecenderungan untuk menampilkan performa yang baik untuk menangani politik kantor ini karena tidak saja boss yang suatu saat akan menyadari kemampuan anda dan siapa tau anda akan dipanggil kembali oleh boss anda di company yang lain, tapi yang lebih penting lagi adalah Yang Maha Kuasa tahu apa yang sudah anda lakukan.

Bukankah Pekerjaan kita adalah Ibadah?

Leave a comment ?

28 Comments.

  1. Politik kantor lumayan kejam, kadang sebangsa sendiri juga begitu malah masih dalam satu departemen juga sering main “sikut”. :em30:
    .-= Wempi´s last blog ..Kompor Gas Gratis Dari Pemerintah =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    sekali lagi emang gak kenal bangsa kadang2 yang lebih penting adalah kesamaan kepentingan.

    Reply

  2. bagaimanapun usaha “teman” menjatuhkan kita dengan “kepercayaan dan performa” semua itu bisa dipatahkan. Kecuali sudah kena penyakit “3 doyan” doyan perempuan, doyan judi dan doyan mabuk.
    .-= Wempi´s last blog ..Kompor Gas Gratis Dari Pemerintah =-.

    Reply

  3. kalo ditempatku urut kacang je mas :em28:

    Reply

    boyindra Reply:

    podo..yo politik juga..

    Reply

  4. Ngeri tapi tetap baca dan tetap komentar di sini demi menjaga konsistensitas…
    .-= marsudiyanto´s last blog ..Menikah Itu Murah =-.

    Reply

  5. duh saya tidak mau ikut ikutan politik ah… takut :em54:
    .-= andif´s last blog ..Update award lagi =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    dalam hal ini kalo udah ditengah tengah kudu mau mas..kalo nggak alamat dapur nggak ngebul..alias nganggur

    Reply

  6. saya sepakat kalimat terakhir… kerja adalah ibadah… kalau dilandasi dengan itu, semua jadi nikmat dan bisa dijalani dengan ikhlas…
    .-= Andy MSE´s last blog ..Copying Bookmarks to another Browser =-.

    Reply

  7. Ikhlaskan kepada keputusan akhir :em69:

    Kita hanya bisa berusaha ya Mas.. selebihnya di luar kuasa kita 😀
    .-= dhodie´s last blog ..Selamat Datang Komunitas Blogger Bekasi! =-.

    Reply

  8. Bicara mengenai sumberdaya manusia dan problematikanya apalagi yang multirasial memang sangat rumit dan benang kusut. Setuju dengan poin2 di atas hanya saja mungkin antar sebuah entitas atau organisasi bobot masing2 point berbeda dan juga kita harus jeli untuk mengatur juga strategi di luar dari poin2 di atas untuk setiap organisasi yang lain, karena setiap organisasi punya setting, sistem dan environment tersendiri yang satu sama lainnya hampir tidak mungkin 100% sama…
    .-= Yari NK´s last blog ..The Ramen Girl: Gadis Amerika Penjual Ramen =-.

    Reply

  9. Aku sedang bersedih hati 🙁

    Reply

  10. Aku sedang bersedih hati 🙁

    Hiks..hiks.hiks..
    .-= Joko Setiawan´s last blog ..AKHIRNYA….AKU MENDAPATKAN JAWABANNYA =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    ntar tak kunjungi deh…

    Reply

  11. Di kantor juga harus berpolitik juga mas 🙂
    .-= Nyubi´s last blog ..How facebook Are You? =-.

    Reply

  12. Bro… ayo dong, ceritain trik-trik yang kotor bikin mules itu… *merengek-rengek*

    Jadi pengen tau, how hard can it be, out there… hehehe..

    Yang jelas, sama seperti politik bernegara, politik kantor itu kadang ngga memandang latar belakang lawan, yang penting ada kesamaan kepentingan.. Take care, Bro..

    waspadalah…waspadalah..
    .-= anderson´s last blog ..Prospek Pembiayaan Kopi Luwak =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    ok..salah satunya nyodorin wanita malahan bisa jual anak buah yang wanita untuk di propose ke boss baru itu sebagai bagian dari konsolidasi…jijik banget yah..

    Reply

    anderson Reply:

    Oalah…hoeeks…asli kotor Bro..hehehe.. Jadi cerita Sinetron itu ngga seluruhnya mengada-ada ya… :em41:
    .-= anderson´s last blog ..Prospek Pembiayaan Kopi Luwak =-.

    Reply

  13. Wew, tips yang menarik… karena saya juga kerja di perusahaan multiracial.

    Anda di Vietnam ya? Expat dong heheh 🙂

    Reply

    boyindra Reply:

    sorry belum di update..saya balik di kamboja sekarang.

    Reply

  14. Apapun pekerjaannya kita harus menyenangi agar tidak stress.
    .-= Edi Psw´s last blog ..Investment For Old Age =-.

    Reply

  15. tips yang mantab, mas boyin. cukup jitu utk menyelesaikan masalah di perusahaan yang sedang berada dalam tekanan dan tensi tinggi. di perusahaan pun aroma politik cukup terasa hembusannya.
    .-= sawali tuhusetya´s last blog ..KIB II dan Pupusnya Kekuatan Oposisi =-.

    Reply

  16. Nah, kalau ini mah memang spesialisnya Mas Boy yang dah lama kerja di LN. Saya sendiri, nggak tahu bakalan ke sana dan kerja di sana nggak? ^_^
    .-= Bang Aswi´s last blog ..Melatih Kepenulisan: Apabila John Bertemu John =-.

    Reply

  17. pakar aja belum tentu bisa kasih tips seperti ini…
    ini sich soal jam terbang… tips yang bersifat praksis bukan teoritis tapi sangat berguna…

    Reply

  18. office politik sama jahatnya dengan politik pemerintahan ya Mas…
    .-= Love4Live´s last blog ..Sebuah Pelajaran =-.

    Reply

  19. Life is not fair, get used to it | Boyindra's Weblog - pingback on February 19, 2010 at 9:23 am
  20. lha ini baru ngeh… berarti perang dalam kantor sendiri? hembusi isyu ajah bos heheheheh

    Reply

  21. good man. kunjungi dulu website saya

    Reply

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Trackbacks and Pingbacks: