Emang Amerika saja yang menancapkan pengaruh

pusbudi1Postingan orang awam. Minggu kemarin saya bertandang ke KBRI Phnom Penh untuk menyaksikan pagelaran budaya yang didatangkan oleh penari dari yogyakarta dan merupakan malam kesenian untuk para pelajar bahasa Indonesia di Phnom Penh ini.

Pagelaran yang bertajuk “Pentas tari tradisional oleh realiska hayati dari yogyakarta dan aktualisasi murid bahasa Indonesia pusbudi Nusantara” merupakan malam kesenian dan terbuka untuk seluruh warga Indonesia yang berada di Kamboja.

Sebagai warga yang baik dan kebetulan ada waktu untuk datang ya tentunya tidak akan menyiakan kesempatan ini, apalagi ada jamuan makan malam  gratis..heee

Disana saya cukup terpukau oleh penampilan dari murid murid bahasa Indonesia yang jumlahnya 200an yang notabene warga negara asli kamboja. Mereka menunjukan kepiawaiannya dalam menari tari tradisional Indonesia, Fashion Show pakaian adat Indonesia, sampai baca puisi seperti puisi Ki Hajar Dewantara dan R.A Kartini..wah wah

Karena penasaran, saya dekati teman saya yang kebetulan salah seorang staff di KBRI itu. Beliau mengatakan bahwa setiap tahunnya mereka memberikan beasiswa untuk murid murid bahasa Indonesia untuk belajar ke Indonesia sesuai dengan minat dan bidang studi masing masing di Universitas Universitas negeri terkenal di Indonesia.

Info lainnya yang cukup mengejutkan saya juga bahwa pasukan pengawal president disini juga dilatih oleh para kopassus kita dan untuk tahun ini akan ada kerjasama melatih para tentara disini dengan ilmu beladiri pencak silat Indonesia.

Beliau mengakui jika negara sekelas Indonesia kalo  menancapkan pengaruhnya langsung ke bidang politik dan ekonomi, banyak biaya yang harus di tanggung, maka dari itu melalui pintu sosial budaya (sosbud) adalah langkah yang paling tepat dan keberhasilan itu terbukti dengan kemampuan murid murid bahasa Indonesia ini.

Hasil dari pengaruh inipun terbukti dari pendataan warga negara yang melapor, bahwa tahun 2009 ini warga Indonesia yang bekerja di Kamboja mengalami kenaikan yang signifikan hingga 532 orang dari sewaktu pertama kali saya datang ke negara ini tahun 2007 yang hanya hampir 300an. Mereka banyak yang bekerja di sektor telekomunikasi, farmasi, tekstil, NGO, dan masih banyak lagi. Restoran Indonesia yang dulu hanya 2 sekarang sudah 5 restoran.

Jadi kalo anda masih berpikir bahwa negara kita ini dilecehkan oleh negara lain, jangan percaya begitu saja. Rumor yang beredar juga mengatakan bahwa negara kamboja ini bekerja sama dengan pengusaha Indonesia untuk dibantu dibuatkan National Airlines seperti yang kita miliki dengan Garuda Indonesia Airways. Tahun 2009 ini mereka belum punya National Airlines, padahal Garuda sudah eksis di tahun 60an.

Kalo berminat mencoba kerja disini, saya kasi link untuk lamarannya di sini. Disini keahlian profesional anda di butuhkan atau kunjungi postingan saya sebelumnya di sini untuk link yang lain di vietnam.

Kalo minimal dapatnya 2 kali lipat di Indo, lumayan khan? krisis krisis gini…heee

Leave a comment ?

27 Comments.

  1. Saya dulu pernah chatting sama orang Vietnam, katanya dia cuci pakaian pakai sabun krim merk OMO. Nggak tahu deh, apakah OMO yang dimaksud sama seperti OMO yang ada di Indonesia. Terus di salah satu, acara di mana ya lupa lagi di televisi, ada acara tentang Vietnam saya lihat ada iklan papan Salonpas, nggak tahu deh apa Salonpasnya sama dengan Salonpas yang ada di Indo ini. Terus katanya Ciputra juga mbangun properti di Vietnam ya?? Bener nggak tuh??
    .-= Yari NK´s last blog ..Cuaca di Wimbledonpun Seperti Ngeledek… =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    Ciputra malah membangun real estate di Phnom penh kamboja dengan pembebasan lahan lebih dari 1000 hektar. mengenai barang2 Indonesia di vietnam memang sudah banyak yang masuk.Astra saja sudah lama bercokol di vietnam menurut kabar makanya hampir semua taxi di ho chi minh memakai kijang Inova.

    Reply

  2. saya yang awam, kurang menegerti dengan ini
    ‘Beliau mengakui jika negara sekelas Indonesia kalo menancapkan pengaruhnya langsung ke bidang politik dan ekonomi, banyak biaya yang harus di tanggung, maka dari itu melalui pintu sosial budaya (sosbud) adalah langkah yang paling tepat dan keberhasilan itu terbukti dengan kemampuan murid murid bahasa Indonesia ini.’

    ini hinaaan buat kita, atau cambuk mengenai negara kita ?!
    .-= NoRLaNd´s last blog ..The begining of my holiday =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    ibarat negara seperti perusahaan, maka ada perusahaan yang bermodal besar juga ada yang kecil tapi masing2 ingin perusahaannya sukses. Jepang dikamboja contohnya sampai membangunkan jembatan megah yang menghubungkan jalan kamboja menuju Vietnam melewati lebarnya sungai mekong.Kalo kita pasti belum mampu untuk itu.

    Reply

  3. Mr Boyin…I like this post :em67:

    Reply

  4. hmmm … kalau dialog budaya semacam ini bisa terus berlanjut, insyaallah hubungan antarbangsa menjadi lebih cair dan nyaman, mas boyin. bukannya malah mengklaim karya bangsa tetangganya menjadi karya sendiri, hehe ….
    .-= sawali tuhusetya´s last blog ..Refleksi Akhir Tahun Pelajaran =-.

    Reply

  5. takut ketemu anak buahnya pol plot… :em52:
    .-= ichanx´s last blog ..Bu… Saya….. Ergghh…. =-.

    Reply

  6. kalo amerika lebih kepada militer dan ekonomi kalo salah satu di embargo ke negara lain ada kena pengaruh nya.

    tapi… negara mana yang bisa mengalahkan penjajah dengan bambu runcing, indonesia kan, hahaha…

    amerika mesti pake 2 bom atom untuk mengalahkan jepang.

    Reply

  7. Keren sekali mas boyin bisa punya pengalaman kayak gini 🙂

    Reply

  8. waahh mw dunk k vietnam 😛

    Reply

  9. Melalui budaya dapat dibangun saling memahami antar bangsa di dunia ini.
    Btw, negara Kamboja memang dekat dengan Indonesia. Bahkan salah seorang Kamboja yang teman anakku, saat ketemu di Amrik bilang…Walau kepala negara AS sekalipun, jika datang ke Kamboja akan dipersilahkan tidur di hotel…tapi kalau Presiden Indonesia akan dipersilahkan tidur di istana negara.” Ini karena Indonesia banyak membantu rakyat Kamboja sejak jaman bung Karno dulu.

    Entah kebenarannya, mas Boyin yang lebih tahu karena tinggal disini.
    .-= edratna´s last blog ..Pak Oman, Peternak sapi perah dari kampung Silumber, desa Cibogo, Kecamatan Lembang =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    Bener banget,kalo mau dilihat fotonya..raja kamboja Norodom Sihanouk mukanya mirip banget sama muka Pak Harto kalo pas mereka sama sama tua dan berambut putih.

    Reply

  10. Wahh saya ngantuk rupanya..ini kan cerita tentang Vietnam, bukan Kamboja…hehehe….
    Maaf…maaf…memang lagi sibuk, jadi suka “hang”
    .-= edratna´s last blog ..Pak Oman, Peternak sapi perah dari kampung Silumber, desa Cibogo, Kecamatan Lembang =-.

    Reply

    boyindra Reply:

    nggak bu, bener kok, ini khan cerita di KBRI Phnom Penh…

    Reply

  11. Apapun… Indonesia itu membanggakan kok..cuma seringkali kita gak PD berhadapan dengan orang asing.. Simak aja pelayan di cafe, kalau melayani orang asing sampai terbungkuk-bungkuk. Sementara, pelayan yg orang asing, seperti kalau kita makan di resto di perancis, pelayannya aja bikin kita segan. Pelayan orang perancis itu punya rasa PD bahwa menjadi pelayan itu sebuah profesi, bukan sesuatu yg memalukan, profesional, siapapun yg datang dilayani dengan semestinya. Jadi, memang kembali ke pribadi masing2, patut gak sih kita dibanggakan? Eh gak nyambung ya komennya.. :em58:
    .-= kucingkeren´s last blog ..One day..MJ =-.

    Reply

  12. Baru tau kalo paspampres nya dilatih ama Kopassus… hebat.. :em45:

    Btw, jadi ya Ciputra bikin real estate di Phnom Penh? Tahun 2003 saya pernah liat master plannya di kantor Pak Ci, tapi kalo ga salah rencananya dulu di Ho Chi Minh (Saigon ya, nama dulunya?)

    Inspiring post, Bro…

    Reply

    boyindra Reply:

    bisa jadi dipindahin ke phnom penh bro…

    Reply

  13. Wah Mantap tuh, ternyata… Hidup Indonesia :em69:
    .-= mamas86´s last blog ..Sobat, Bantu Aku Ya…? =-.

    Reply

  14. Hehehehhe… Emang cuma amerika yg bisa…? Indonesia juga mampu.. :em32:
    .-= alhejawi´s last blog ..Akibat Paypal Terkena Limited Access Account =-.

    Reply

  15. Hebat… Ternyata Indonesia juga mampu :em47:
    .-= buJaNG´s last blog ..AaGgRrHh……….?!?!?! =-.

    Reply

  16. malam bang………… :em70:

    pa cabre?
    wah…………i loVe Indonesia dech jadinya kalau selesai baca postingan abang ku ini…….. :em47: :em34: :em70:
    .-= dobleh yang malang´s last blog ..resah diantara keabadian sang malam………. =-.

    Reply

  17. Keren dan mantaps memang Indonesia.. dan saya yakin kalo kita serius untuk mengelola potensi yang ada di negri ini, Indonesia akan mengalami kemaujan yang signifikan, :em69: :em54:
    .-= daiichi´s last blog ..Bila Moral tak Segera Bangkit =-.

    Reply

  18. Ya memang indonesia kalo dengan misi kebudayaan bisa berhasil di kancah internasional, lanjutkan
    .-= kawanlama95´s last blog ..Kembali ke Alam, sebuah ketenangan yang memikat =-.

    Reply

  19. Maaf, sob OOT..
    Mohon dukung saya di Contest ngeTop ngeTren ya…
    caranya dgn memberi komentar pada postingan saya..
    Thanks yaa..
    .-= Irfan´s last blog ..Contest ngeTop ngeTren, kontes review yang keren abis… =-.

    Reply

  20. malam bang……… :em70:
    semangat dong dan beri postingan lagi ok :em64: :em64: :em70:
    salam hangat selalu

    pa cabar? :em34: :em47:
    .-= dobleh yang malang´s last blog ..Ku pandang langit penuh bintang bertaburan………….. =-.

    Reply

  21. Mahendrattunggadewa

    secara historis hubungan kita dengan Kamboja telah terjalin sejak jaman kerajaan Sriwijaya.

    Sriwijaya membantu penyelamatan putera mahkota kerajaan Mon dari kudeta. dan setelah dewasa Sriwijaya membantu mengembalikan kekuasaanya kepada Sang Putera Mahkota.

    halaaaahhh… kok jadi pelajaran sejarah…
    maap ya Bro… :em21:
    .-= Mahendrattunggadewa´s last blog ..Mengembalikan Jati Diri Bangsa = Revitalisasi Nilai-nilai Budaya Bangsa =-.

    Reply

  22. Center for Naturopathic

    Selamat Siang. Blogwalking dari Gugel. Nyari inspirasi tentang herbal, Nyasar di sini. Saya baru bikin blog tentang herbal http://centerfornaturopathic.com. Mohon saran dan kunjungan baliknya ya.

    Reply

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>