Semua banting harga!

salesignBeberapa hari yang lalu saya mendapat telpon dari salah satu perusahaan yang saya lamar. Respon lamaran ini merupakan respon kedua yang biasanya disertai dengan pertanyaan yang cukup basic tapi sangat menentukan yaitu expected  salary. yah penentuan gaji ini seperti yang sudah pernah saya bahas dalam menentukan besaran gaji untuk para hotelier adalah hal yang cukup krusial karena kalo bidang pekerjaan, asalkan kita dulunya pernah menjabat posisi itu, maka kebanyakan untuk menduduki jabatan baru dengan tempat kerja yang baru bukanlah suatu masalah.

Intinya terkesan bahwa gaji yang saya ajukan ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan/kemampuan mereka, sempet bingung juga sih, lah wong biasanya pasarannya segitu kok sekarang jadi lain? batin saya.

Ternyata seperti ulasan yang pernah juga saya bahas mengenai pasaran kerja dalam situasi chaos memang terbukti di tahun ini. sudah menjadi rahasia umum bahwa dimana mana yang namanya orang asia kebanyakan kalah pasaran dengan orang bule, apalagi di bidang yang telah lama dan lebih dulu ditekuni oleh orang orang barat sana. “Kalah sama kulit” kata salah seorang teman saya.

Ok.kalo itu sih kita semua juga udah ngerti tapi pasaran harganya itu lho? ternyata diperoleh bocoran bahwa memang dewasa ini khususnya tahun 2009 ini,perusahaan yang ingin mendapatkan pegawai profesional berkulit putih (bule maksudnya) tidak perlu merogoh kocek lebih dalam bahkan dalam cerita saya yang terdahulu ada juga yang melamar kerja dengan latar belakang pendidikan yang berbeda.

Nggak bule, nggak asia ternyata semua banting harga! istri saya pun sempet cerita bahwa ada salah satu teman yang dia kenal orang philipin sampai membanting karier hanya karena ingin segera bekerja. dari seorang Assistant Director yang diberhentikan karena situasi ekonomi sekarang ini menjadi pegawai sekelas supervisor saja. walah,..saya cukup geleng geleng juga. Waktu ditanya alasanya, dia mengatakan yah ini untuk sementara aja, sambil jalan nanti bisa lirik lirik yang lainnya.

Saya pikir betul juga sih, hanya saja bagaimana dengan track record yang akan kita cantumkan di CV? nanti kita bisa dianggap tidak competitive, nggak laku maksudnya. Atau malah malah dianggap tidak mempunyai kemampuan yang cukup di posisi sebelumnya.

Ada lagi cerita yang lain salah seorang teman di Indonesia yang juga mengalami hal yang sama dan sewaktu memilih pekerjaannya, banyak sudah tawaran pada posisi yang sama dengan gaji yang mirip miriplah tetapi tidak diambil oleh beliau. Sewaktu saya tanya kok gak diambil, beliau memberi alasan bahwa perusahaan yang menawarkan kerja kepadanya tidak sekelas dengan perusahaannya dulu. Tapi khan gajinya mirip mirip? beliau jawab lagi “males ah, ngrusak ngrusakin CV ku aja, nanti ngangkatnya susah lagi boy.” “ngangkat” dalam artian pasaran harga profesionalnya dia.

Dan alhasil, teman saya ini sempet nganggur 7 bulan untuk mempertahankan idealisme nya.

Anda, pilih yang mana?

Leave a comment ?

19 Comments.

  1. Bang Boy …
    Ini topik menarik banget …
    Masalah standart remunerasi ini sangat dilematis …

    Yang jelas memang kita harus survei dulu .. kekiri ke kanan …

    mengenai “ngotor-ngotorin” CV … hahaha …
    saya ngakak membacanya …
    Saya pun mungkin akan berpendapat serupa …
    hehehehe …

    Reply

  2. Kita yang paling tahu kualitas skill kita sendiri. Dan tentu saja musti tau bener harga kita. Kalo dah gitu, ngapain dibanting2.

    Anthony Harman’s postingan di blognya..MIMPI

    Reply

  3. saya akan bersikap seperti temannya mas Boyin tuh, untuk itulah saya punya deposit paling nggak untuk setahun nganggur sblm mendapatkan posisi yg sesuai keinginan
    *lagi ngimpi ada yg nawarin jadi direktur*

    guskar’s postingan di blognya..Memilih Saksi

    Reply

  4. Ada Maunya…
    Itulah kata kuncinya
    Yang banting harga, yang bangun pagi, yang meninggalkan negaranya, yang ngeblog, yang comment, semua ada maunya…

    marsudiyanto’s postingan di blognya..Ada Apa Dengan OSIS?

    Reply

  5. pilih mengikuti anjuran kang boyin aja deh

    Reply

    boyin Reply:

    lah?aku nganjurin opo ta?

    Reply

  6. memang ada yang diuntungkan dan dirugikan pula dengan situasi seperti ini, semoga cepat pulih deh perekonomian…

    suryaden’s postingan di blognya..infinite dreams

    Reply

  7. kalo wempi milih berdagang sandal jepit aja om, eh. sate otot alot maksudnya…

    Reply

  8. aku pikir pekerja kelas atas itu bisa jadi kutu loncat atas dasar networking yang dibuatnya saat bekerja. ternyata tidak juga ya…

    Reply

  9. Sewaktu saya tanya kok gak diambil, beliau memberi alasan bahwa perusahaan yang menawarkan kerja kepadanya tidak sekelas dengan perusahaannya dulu.

    Pengalaman baru sebenarnya bisa juga didapat dari perusahaan yang dikatakannya rendah kelasnya, pasti kita akan mendapatkan manfaatnya juga sekecil apapun. Kok gengsian banget sih hanya demi CV yang juga belum tentu menggambarkan kemampuan dia sebenarnya. Dianya juga belum tentu bisa berkontribusi baik untuk perusahaan yang dikatakannya kurang kelas tersebut. Huehehehehe……..

    Yari NK’s postingan di blognya..ETIKA dan GENETIKA

    Reply

  10. aku jualan es kiko saja, enak bisa mandiri

    humor lucu’s postingan di blognya..Nasyid : Mestica Feat Munif Hijjaz – Putriku Sayang

    Reply

  11. kakayknya aku emang lebih baik usha sendiri dulu ya
    sebelum ikutan banting harga

    reallylife’s postingan di blognya..

    Reply

  12. waduh sudah nulis komentar 3 paragraf ilang. mas tolong dicek apakah terjebak antispam. url saya kayaknya dianggap spam

    Reply

    boyindra Reply:

    mosok sih? spamnya banyak banget soalnya.ntar aja tak cek

    Reply

    humor lucu Reply:

    selalu dicek saja mas, kadang bukan spam masuk. Askimet kdg g valid. Kasihan temen yg dah komen

    humor lucu’s postingan di blognya..Nasyid : Mestica Feat Munif Hijjaz – Putriku Sayang

    Reply

  13. perekonomian dunia memang lagi mabok… semoga segera pulih kembali semuanya…

    itempoeti’s postingan di blognya..Neolib -Neoliberalisme-

    Reply

  14. malam bang :em70:
    wah kalau majalah serta koran blue di banting harga ………bisa tidak yah blue makan yg enak enak hehehhe..
    pa cabar Bang? :em34:

    kezedot’s postingan di blognya..Poligami rangsangan

    Reply

  15. Kayaknya CVku ngak pernah rusak walo aku pernah jadi tukang bangunan sewaktu pertama kali hidup di Perancis… tapi aku ngak banting harga loh … lah pasarannya segitu seh …

    Juliach’s postingan di blognya..Sehari bersama “ESCARGOT”

    Reply

  16. Hello blogger it was hard to find this post in google. You
    need authority backlinks to rank higher in the top 10. I know how to rank your website, search on youtube: SEO optimization bulletproof strategy

    Reply

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>