Mens sana in corpore sano

Mudah mudahan penulisannya bener. kalo artinya saya masih inget, ” didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat” heee..terus apa donk kaitanya dengan kata kata diatas?

Terus terang saya juga nggak tau kok terlintas kata kata tersebut jadi judul. Mungkin gara gara bulan yang lalu saya mampir ke carefour di Pattaya, Thailand maklum di kamboja masih udik,  belum ada carefour..heee. Padahal Kamboja sebelumnya merupakan jajahan prancis.

Tapi sebenarnya bukan itu sih, kami kesana mau cari souvenir kayak kaos kaos bergambar “Thailand” yang katanya jauh lebih murah daripada pergi ke souvenir shop tradisional. (dasar carefour suka mematikan usaha kecil dan saya pun sebagai tourist budget juga terpaksa turut andil mematikan usaha rakyat kecil…hiks).

senam-carefour

Tapi saya kali ini tidak sedang membahas monopoli yang dilakukan carefour hanya kebetulan saja sewaktu berbelanja sekitar jam 5 sore saya dikejutkan dengan pengumuman oleh pengeras suara yang mungkin mengatakan (pake bahasa thailand sih,coba bahasa jowo) minta ijin sebentar bahwa staffnya ingin melakukan sesuatu. Dan jreng! walah itu para karyawan mendadak pada berbaris dan akhirnya dengan diiringi lagu kebangsaan mereka, kayaknya sih lagu “mars carefour” mereka mulai melakukan senam dan menyanyi dipimpin oleh salah seorang dari antara mereka.

Dasar blogger yang kayak gitu jelas gak boleh lewat donk, akhirnya bisa juga mengabadikan “senam singkat” mereka yang kurang dari 3 menit itu. Gantian orang orang yang lihat saya, mereka pikir mungkin kok kayak gituan aja di photo? heee…biarin aja.

Ini sudah pasti ulah para konsultan konsultan marketing yang memberikan ide untuk differensiasi dalam pelayanan yang dimana dengan senam dan yel yel itu sebagai ungkapan dan meyakinkan para pengunjung atau pelanggan bahwa mereka para staff carefour siap dalam melayani mereka dengan segenap jiwa.

Jika anda pernah ikut pelatihan para begawan begawan marketing Indonesia juga sama (sekarang trainer biasa juga udah melakukan hal yang sama), sering banget disela sela pelatihan di berikan jeda untuk stretching atau melakukan peregangan sehingga materi pelajaran selanjutnya bisa diikuti dengan mudah dan ceria serta semangat karena senam itu membuat aliran darah kembali lancar.

Sewaktu saya menjadi pelayan di salah satu cafe paling terkenal di Bali 10 tahun yang lalu, hal yang sama juga sering kami lakukan, terutama jika ternyata pada “Pub Hours” para pengunjung tidak bergerak untuk berdansa di dance floor. Biasanya kami para waiter/s melakukan apa yang disebut “Shout” dan akhirnya menarik pengunjung untuk berdisco dengan kami. Setelah suasana mulai panas para waiter/s pun balik ke kerjaan semula.

Saya kurang paham jargon jargon marketingnya, tapi yang jelas dengan sangat ketatnya persaingan antar perusahaan dalam menjalankan bisnisnya, mereka sudah pasti akan memberdayakan human capitalnya sampai pada titik optimum sehingga pelayanan dan produktifitas pun bisa dicapai sesuai dengan standard yang di harapkan.

Mungkin ada pengalaman rekan rekan blogger yang lain seperti ngapalin misi dan visi perusahaan ala anak SD jaman dulu di perusahaan masing masing trus kalo udah hapal di test ama boss misalnya?

Leave a comment ?

24 Comments.

  1. weh cara yang unik

    Reply

  2. sip dapat pertama

    Reply

  3. Wahh…ga ikutan senam juga?

    Reply

  4. hahaha… itu memang sesuatu yang penting untuk bekerja dalam tim mas…

    Reply

  5. kadang bagi wempi yang awam, apa sih korelasinya? :em66:

    Wempi’s postingan di blognya..Jangan ada lagi kata sandi di antara kita

    Reply

  6. selingan ala ice breaking, termasuk senam, itu bisa menjadi penyeling supaya para peserta tdk stress dan jenuh, mas boyin. kayaknya sedang jadi trend nih!

    sawali tuhusetya’s postingan di blognya..Dari S.N. Ratmana hingga Obrolan tentang Penulisan Teks Cerpen

    Reply

  7. haha… kantor gw yang dulu gitu!!! gak jelas, kayak anak sd aja… :em52:

    ichanx’s postingan di blognya..Bingung Mo Kencing di Mall Dan Gedung Modern… Modern Kok Jorok?

    Reply

  8. Hehehe. Untuk pertanyaan di paragraf terakhir, rasanya belum pernah mengalami. Namun rasanya gong dari postingan ini ada pada paragraf kedua dari akhir.

    Seru juga. Hanya saja kenapa lelaki yang berdiri paling depan itu hanya bengong doang macam itu ya…

    Daniel Mahendra’s postingan di blognya..Dongeng Masa Kecil 3 (Habis)

    Reply

  9. Huehehehe….. untung aja mbak2nya pakai celana bukan pakai rok mini model2 beberapa depratment store di sini. Kalo pakai rok kan berabe… huehehehe…..

    Kalau di Viet-Nam udah ada Carrefour belon??

    Yari NK’s postingan di blognya..Bumi Kita Semakin “Gemuk”……

    Reply

    boyindra Reply:

    kalo di vietnam mungkin di sengaja belum. karena negara sosialis republik tentunya sangat menentang kapitalisme dan monopoli.

    Reply

  10. Salah satu keberhasilan manajemen adalah bagaimana memotivasi SDM…

    itempoeti’s postingan di blognya..Politik Layangan Putus

    Reply

  11. Betul, Mas Boy. Itulah cara yang unik meski dianggap aneh bin gila oleh beberapa orang. Kreativitas memang kadang-kadang dianggap gila dan apa nggak rugi. Justru di sana titik tolak marketingnya: rugi sedikit tidak apa-apa asal mendapatkan untung yang banyak. Ya nggak?

    Reply

  12. mungkin klo di indonesia, lucu juga kalau pegawai/staf toko swalayan tiba2 senam pakai iringan lagu senam kesegaran jasmani. :p

    krismariana’s postingan di blognya..

    Reply

  13. Wah ikutan senam ga ya…? :em28:

    buJaNG’s postingan di blognya..Ganti Themes WordPress

    Reply

  14. sore bang :em70:
    blue belum pernah ngerasain tuhbang
    salam hangat dalam dimensinya blue :em34: :em70: :em64: :em64:

    kezedot’s postingan di blognya..Aku lupa menitipkan pesan doa pada angin yang berhembus di pekatnya malam……..

    Reply

  15. Mungkin perlu kita tiru juga mas Indra.
    Di sela2 ngeblog, kita perlu refreshing senam, kalau perlu diciptakan mars blogger.

    marsudiyanto’s postingan di blognya..Tidak Mengejar Ver

    Reply

    boyindra Reply:

    Lah selama ini belum ada mars blogger to?

    Reply

  16. Saat ini, istilah tersebut sudah ditinggalkan. Karena ngga selalu dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Buktinya banyak orang2 gila memiliki tubuh yang secara fisik sehat, namun jiwanya terganggu…

    Reply

  17. walah kok lucu banget ya. kalau di sini saat karyawan pada berbaris barang-barang dagangan bisa hilang semua. strategi marketing kok aneh-aneh ya.

    endar’s postingan di blognya..Istri pertamaku demam

    Reply

  18. Trik yg unik pasti bikin ketagihan 😉

    Reply

  19. :em32: kapan saya main aerobik lagi kaya gitu ya . . . terakhir kaya gitu pas SD

    Reply

  20. pagi bang :em70:
    cewek yg pake jam tangan kenalkan ke blue dong bang heheh…………….
    salam hangat dalam dimensinya blue
    met libur ya

    kezedot’s postingan di blognya..sambut aku dengan cintamu saat aku pulang sayang……….

    Reply

  21. numpang komen.. numpang baca… sehat untuk semua
    .-= jinkurakura belajar gitar´s last blog ..Belajar gitar dengan software Guitar Pro =-.

    Reply

  22. haha, aneh 2 aja tuh, tapi patut ditiru, mantab gan salam kenal…..

    Reply

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>