Lunar New Year: refleksi pengembangan diri

ang-paoPagi ini tidak seperti biasanya, walau hari minggu dan seperti biasa saya selalu bekerja di hari minggu, ada suatu suasana lain yang saya rasakan.

Setiap melewati staff yang bekerja pagi ini, terlihat senyum mengembang di bibir mereka. angin dingin sepoi sepoi terasa segar dan mendukung indahnya suasana. Yah..hari ini adalah hari terakhir penanggalan Lunar Kalendar alias besok sudah Tahun Baru!

Hari ini bukannya relax tapi memang lumayan sibuk, bak hotel di Bali yang di banjiri wisatawan domestik menjelang libur Idul Fitri. antrian memanjang, mobil plat luar daerah membanjiri, lobby dipenuhi puluhan manusia dengan tujuannya masing masing. Ada yang baru menanyakan kamar kosong, harga kamar, ada yang mau check in atau sekedar membuka notebook dan duduk di lobby karena wi fi gratis. Tetapi semilir angin dingin dari utara yang mengalir tak menyurutkan mereka untuk tetap tersenyum dalam melayani para tamu. itulah ‘Hospitality Industri’ alias kalo di Indonesiakan adalah ‘Industri keramahtamahan’.

Senyum ini tak hanya dirasakan oleh para staff tetapi juga saya. Hari ini adalah untuk pertama kalinya dalam hidup saya memberikan ‘Li Xi’ kepada staff selama bekerja di Industri perhotelan ini.

‘Li Xi’ sama juga dengan Ang Pao, amplop kecil warna merah yang didalamnya di isi dengan lucky money atau uang keberuntungan. nominalnya tergantung si pemberi. tidak ada batasan dalam memberi, hanya saja kalo untuk staff ya diusahakan harus sama jumlahnya.

Karena memang bukan budaya Indonesia, makanya selama bekerja di hotel hotel di Bali maupun di Jakarta, saya tidak pernah menjumpai kebiasaan tersebut sewaktu hari raya imlek. lagipula pemberian angpao biasanya diberikan dari manager expat kepada karyawan lokal. ya maklumlah, kalo manager lokal dengan penghasilan lokal tentunya tahun baru ini mungkin bonusnya udah abis buat kebutuhan keluarganya.

Hal ini juga yang akhirnya mengingatkan saya 11 tahun yang lalu sewaktu masih menjadi tenaga bersih bersih kamar atau room boy di Singapura. sang boss yang orang kanada itu memberikan amplop warna merah ini ke semua staff sambil mengucapkan ‘happy new year’ yang diikuti kembangan senyum oleh yang menerimanya.

Tak terasa waktu berlalu begitu cepat. Walau bukan di Singapura, tapi merubah posisi dari penerima menjadi pemberi ang pao merupakan suatu sensasi kebahagiaan tersendiri. Saya tidak bisa bayangkan kalo sampai sekapasitas para haji haji kaya atau cukong cukong cina yang bisa memberi sampai ratusan orang yang ngantri didepan rumah mereka. Betapa bahagianya mereka bisa memberi lebih seperti itu. Saya hanya berharap suatu saat, bisa mencapai tahap itu (duh..jadi pingin nangis nulisnya).

Sahabat sekalian, sudahkah kita menetapkan tujuan kita setinggi tingginya untuk membahagiakan diri, keluarga dan orang lain serta menetapkan tenggat waktu dalam mencapainya?

Leave a comment ?

46 Comments.

  1. Hi friend.. Nice post.. Visit my blog and post your comments.. Cheers!!!

    Reply

  2. Pak b0s linknya dah tercantum di blog saya..Saya bl0gger dari bAli

    Reply

  3. Itulah anugerah yang diberikan oleh Allah kepada saudara:-).Tentu saja patut disyukuri dan diambil hikmahnya:-).

    Trimakasih telah singgah diblog saya yg sederhana pak:-).

    Salam kenal dan salam hangat persahabatan selalu:-)

    Reply

  4. Gong xi fa cai mas… hehee… 😀
    Salam kenal… 😉

    Reply

    boyindra Reply:

    kok pada gong xi fa cai sih…?heee..aku gak ngrayain lagi..kebetulan aja suasananya disini lagi ngrayain…

    Reply

  5. Wah wah wah…

    Sungguh mengingatkan masa lalu yaw..

    Keren Maz panjenengan bener-bener mulai dari bawah dan sekarang sudah bisa menuai hasilnya..

    Terus berkarya, lakukan yang terbaik..

    Semoga saya juga bisa meniru jejak Anda.

    Semangzt… :em17:

    bocahbancar’s postingan di blognya..MENGHAPUS BUDAYA KKN DIMULAI DARI DIRI SENDIRI

    Reply

  6. Angpau nya di tunggu ya…!? :em50: :em47:

    Daiichi’s postingan di blognya..NEGERI AIR YANG SUSAH AIR BERSIH

    Reply

  7. he he he staffnya senyum, berharap bisa dapet angpau … 😀

    adinata’s postingan di blognya..Mengenang Masa Lalu

    Reply

  8. entah apa namanya, angpao, bonus, atau apa? yang pasti kalau ada kelebihan rezeki, ada bagusnya, mas, memperbanyak bersedekah agar rezeki kita makin tembah berkah.

    sawali tuhusetya’s postingan di blognya..Merindukan Multiwajah Indonesia yang Ramah

    Reply

    boyindra Reply:

    kelebihan sih nggak pak..cuman memang budayanya begitu..manager expat memberi ke staff..ini terjadi di negara2 yang merayakan lunar new year ini..

    Reply

  9. selamat pagi banget,bang!
    ganggu tidur abang barang kali saat ini hehehe maaf OK
    semangat selalu ya,bang
    selalu ada doa dech tuk abang
    salam hangat selalu :em70:

    dobleh yang malang’s postingan di blognya..Dan Cinta……………..

    Reply

  10. Cita – cita hidup saya adalah membawa kedua orang tua saya tinggal di singapore dan hidup enak disana… Duh, kapan ya?

    btw, iya bos kalau optimasi SEO di blogspot memang sedikit ribet, beda dgn WP yang lebih mudah.. Tapi justru disitu seru dan tantangannya, heuheuhe… 🙂

    BTW, merayakan imlek gak bos? Kalau iya, gong xi fat cai dari saya, ditunggu angpao nya :p

    – s L i K e R s -’s postingan di blognya..Tips SEO Untuk Pemula

    Reply

  11. Makan2nya dunks.. 🙂 🙂

    Danta’s postingan di blognya..Guest Blogger di Melodanta dot Com

    Reply

  12. Wah kalau saya sih, menetapkan tujuan tidak harus tahun baru, bahkan setiap haripun kita harus menetapkan tujuan ataupun merubah tujuan sesuai dengan dinamika hidup kita. Yang jelas akhir tahun bisa dijadikan koreksi diri dan evaluasi diri untuk menreviu apa yang telah kita capai selama ini…..

    Btw… di Vietnam orang juga merayakan “new lunar year” ya??

    Yari NK’s postingan di blognya..BOTD Bahasa Inggris vs. BOTD Bahasa Indonesia….

    Reply

    boyindra Reply:

    betul.khan vietnam letak negaranya deket ama cina.

    Reply

  13. kalo buat keluarga, udaaaaaaaaaaaahhh :em47: eh tapi masih ada goal laen sih.

    dian’s postingan di blognya..Balikin !

    Reply

  14. Bener mas. Kebahagiaan yang memberi sejatinya lebih besar. Jika yang menerima, meskipun senang, ada perasaan kapan ya bisa memberi, maka yang memberi tidak punya perasaan “utang” seperti itu. Pemberi pun senang melihat kebahagiaan orang-orang yang menerima pemberian yang terpancar dari wajahnya. Indah. :em20:

    Hejis’s postingan di blognya..CIAAAAATT… JURUS PENDEKAR MAUT

    Reply

  15. kirim angpaonya dunk…ditunggu banget…!!!!

    Budiono Darsono’s postingan di blognya..Lelaki Bicara Banyak, Tapi Yang Dipikirkan cuman Satu……

    Reply

  16. Sungguh cita cita yang sangat mulia ,memang tangan diatas lebih indah daripada dibawah.
    Apalagi saat ini krisis global regional nasional sedang mengintip.
    Waktunya kita berbagi dengan mereka yang belum beruntung.

    Reply

  17. “Betapa bahagianya mereka bisa memberi lebih seperti itu”
    Amin Smoga niatnya didengar dan dikabulkan Tuhan ya. mas..

    Kalau untuk keluarga pastinya akan berbuat yang terbaik, tapi kalau masalah waktu, seperti air mengalir aja, dengan penuh persiapan tentunya agar tidak terbawa arus…

    abindut’s postingan di blognya..SELAMAT JALAN SAHABAT

    Reply

  18. Perbuatan yg mulia mas 🙂
    semoga saya juga bisa berbuat hal terbaik untuk keluarga, dan orang banyak

    Mas Koko’s postingan di blognya..Gurindam keenam Raja Ali Haji

    Reply

  19. paragraf terakhir itu yang membuat gw jadi sedikit sedih, karena blum membahagiakan orang tua gw hehehehehe….btw, gong xi fat cai

    Reply

  20. Mas Boyin, tulisan ini sangat emosional banget ya, :em51:
    kalau dibaca dengan penuh penghayatan, sebenarnya dalam banget isinya.bagus loh, :em32: sering2 aja mas, salam

    Bayhaki Ramli’s postingan di blognya..Umrah,Ka’bah,Finansial

    Reply

    boyindra Reply:

    maklum orang melankolis ya gini..

    Reply

  21. Aku malah jadi pingin nulis bacanya… 🙂
    I want to be rich! Sama seperti dirimu, rasanya sangat senang bisa berbagi dengan banyak orang…

    Ah,
    kebayang betapa harunya perasaanmu.
    Yang dulu hanya bisa menerima, sekarang paling tidak bisa memberi… Meskipun bukan sekelas cukong-cukong atau Haji yang kaya raya itu…

    Semoga, keinginan yang mulia seperti ini bisa terwujud, ya…
    Amin..

    Reply

  22. Saya pun juga bermimpi lebih dari itu, Boy. Semoga saja dan insya Allah….

    Bang Aswi’s postingan di blognya..Rantai Keberkahan

    Reply

  23. minta angpaonya mas Boyin hehehe…

    MJ’s postingan di blognya..Special Awards from My Friends

    Reply

  24. kirim2 jugalah mas angpaonya :em47:

    boon_chiet’s postingan di blognya..Busby Seo Test menuju puncak

    Reply

  25. siap bozz… :em68:

    nono’s postingan di blognya..Kata “Maaf” ‘tuk Memaafkan

    Reply

  26. saya juga mau MasBoy angpao-nya, tapi harus jadi anak buah masBoy dulu ya??? :em23: semoga penghargaan setinggi tingginya itu bisa kita raih dengan memberikan penghargaan2 kecil setiap detik.

    deviw’s postingan di blognya..Sudut Nakal

    Reply

  27. Betul sekali mas Boyin…
    Pemberian yang ikhlas akan selalu teringat oleh si penerimanya walupun nilainya tidak seberapa….
    Tapi sisi ikhlasnya dalam meberi itulah yang membuat orang selalu teringat….

    Reply

  28. belum nih…heheh

    info resep’s postingan di blognya..Resep Brownies Kukus

    Reply

  29. makasih kunjungannya om..
    dq slalu mencoba tuk memelihara rasa menghargai sesama..termasuk HARUS mengunjungi temen2 yg rela berkunjung ke rumahku….

    Reply

  30. Gong Xi Fat Chai, bro. Enak juga suasana di sana yah

    Anthony Harman’s postingan di blognya..Ketika BARONGSAY Sudah Bisa Menari Kembali

    Reply

  31. gong Xi fat Cai..

    nah itu dia.. sampe sekarang masih bingung ma tujuan.. wheheh..

    ya berharap nanti bisa memberi pada apa yang memang blom pernah di berikan kepada orang lain.. amieenn..

    moga kita sama” berhasil.. 🙂

    Andri’s postingan di blognya..Kembali Berdiri

    Reply

  32. taun kemaren gw panen angpao dari nasabah… sekarang, berhubung nganggur… gak dapet sepeser pun… :em65:

    ichanx’s postingan di blognya..24 Tips Cara Kenalan Dengan Cewek

    Reply

  33. memang mengharukan dan membahagiakan bisa menjadi salah satu saluran rejeki…

    suryaden’s postingan di blognya..Arisan

    Reply

  34. esha di birulangit

    Kalau semua org mau berbagi…barangkali 50% persen masalah kemiskinan teratasi…

    esha di birulangit’s postingan di blognya..Tilang motor…bagaimanakah prosedur sebenarnya…?

    Reply

  35. Saya setuju dengan anda!

    WMP Skin’s postingan di blognya..Age of Mythology

    Reply

  36. wah padahal cuman lewat aj sudah bisa merasakan angin2 sepoi basah :em66:

    bet’s postingan di blognya..Lahire Gatotkaca

    Reply

  37. Kalo lebaran dan natal pasti dong kasih ang pao! Duh ini sudah sejak pertama kali aku kerja!

    Juliach’s postingan di blognya..Perancis : Juara Mogok Kerja Sedunia

    Reply

  38. Saya Doain Mas Boyin jadi Konglomerat yang hebat, supaya saya juga ikut kebagian Ang Paw he..he..he…
    BTW maaf agak lama nggak nongol disini ….
    Salam dari Belgia ……

    Reply

  39. asalute
    tabikkk
    11 tahun dari room boy jadi bos
    salute (sembah sembah mode on)

    suwung’s postingan di blognya..ngelmu soewoeng: Tip’s mencari kerja part 4 (harus punya Koneksi)

    Reply

  40. Saya mau Angpao juga…

    marsudiyanto’s postingan di blognya..Matematikaria

    Reply

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>