Ngelmu Boyin (jurus mabuk): Bertahan di kaleng ke 17

heineken2Bulan January ini saya namakan bulan pembawa berkah sekaligus bulan racun. lho alasannya? iya karena bulan January ini di Vietnam akan memperingati Tahun Baru Vietnam atau dikenal dengan istilah Tahun Baru ‘Tet’ karena mereka masih memakai sistim penanggalan Lunar atau Lunar kalender.

Karena menyambut Hari raya besar inilah di setiap company banyak diadakan pesta seperti pesta perusahaan yang setiap setahun sekali, pesta antar departemen, pesta kawinan, pesta individual dan lain sebagainya. Bonus pun banyak dibagikan di tahun ini, dari gaji ke 13 sampe THR dan bonus tanggal merah (ada 3 tanggal merah bulan ini).

Selama di Vietnam dan bergaul dengan masyarakatnya, saya mendapati bahwa mereka ini suka pesta jika punya rejeki berlebih, mirip mirip dengan beberapa sahabat saya yang orang Manado, walau nggak semua orang Manado suka pesta lho.

Alhasil, bulan january ini saya bak pak Camat yang keliling menghadiri beberapa undangan dari pesta kawinan, pesta antar departemen, sampai undangan dari teman teman di luar hotel.

Kalo sudah pesta apalagi kalo tidak berkaitan dengan makanan dan minuman. kalo makanan sangat beragam tapi kalo minuman bisa 100% saya bilang mereka hanya ngebir! Di Vietnam banyak juga arak, tapi tidak terkenal dan jarang sekali peminatnya karena mungkin proses fermentasi/destilasinya yang tidak bersih.

Dalam hal nge bir dan dunia percowokan (bahasa apaan nih..) disini, sudah biasa bahwa penghormatan diberikan kepada siapa yang bertahan lebih lama serta siapa yang mampu memeriahkan suasana pesta, alhasil pasti diundang terus kalo ada pesta.

Nah dalam hal ngebir ada beberapa teknik khusus a la Boyin yang saya dapat dari pengalaman dan beberapa dari bapak saya yang dulunya pemain band itu.

Persiapan

Ini klasik lah, tubuh musti cukup tidur dan tidak habis bekerja keras dalam artian fisik maupun pikiran. Karena ada contohnya beberapa orang yang kalo dilanda stress bawaanya mau kebelakang melulu. Nah dalam kondisi kayak gini kok malah mau lomba minum bir sedangkan perutnya aja masih bermasalah.

Posisi

Ambil posisi senyaman mungkin yang dimana otot perut akan sedikit bekerja dan berkontraksi. Jika a la tradisionil disini yang duduk melingkar dan bersila maka biasanya saya langsung cari yang dekat tembok agar bisa bersandar. Usahakan punggung harus bersandar agar perut tidak menekuk.

Indikasi awal

Indikasi awal ini penting agar anda tahu kondisi tubuh anda sebenarnya dalam menyerap bir dan mengurangi mabuk. Jika pada kaleng kedua anda belum merasakan ingin kebelakang, nah siap siap mabuk lebih cepat atau keluar dari pertarungan saja, berarti tubuh belum bisa mensirkulasi dengan baik. salah satu teknik andal agar lebih lama bertahan adalah sering seringlah buang air (kencing maksudnya). mirip prinsip akuntasi FIFO (first in first out). Jika tidak, selain perut berisi lebih banyak air sehingga anda tidak ingin minum lagi, jika dipaksakan maka keinginan untuk muntah akan muncul. selain itu, sirkulasi yang tidak teratur akan menstimulasi alkohol ke otak dan lebih cepat mabuk.

Teknik awal

Saya belum pernah nemu peminum yang gak ngerokok jadi nggak bisa ngajarin khusus untuk yang bukan perokok. Merokok akan lebih baik kalo rokok putih bukan kretek disebabkan karena rokok putih membuat tenggorokan jadi lebih seret. Ciri khas bir adalah menstimulasi peminum agar minum lagi, jadi tenggorokan akan kering kalo ditambah dengan rokok putih maka keinginan minum akan bertambah (tambah seret soalnya). makanan pun seperti yang udah pada semua tahu yaitu makanan yang bikin seret juga seperti krupuk/crackers, kacang dan sejenisnya.

Godaan

Dalam pesta apalagi skala tradisional disini, akan ada permainan seperti berjoget, bernyanyi dan banyak tertawa karena banyak yang membuat joke/lelucon untuk menyegarkan suasana. sekali lagi usahakan jangan membuat perut terkocok terlalu sering karena alkonol..eh maap alkohol akan cepat naik.

Teknik Inti

Biasanya memasuki kaleng ke 7 (1 kaleng = 330 ml x 7 = 2.3 lt) para peserta biasanya sudah mulai rontok drastis secara alamiah. Yang awalnya 35 orang cowok yang memeriahkan suasana hingga tinggal 6 atau 7 orang saja. Pembicaraan pun harus mulai hati hati, jika sekiranya akan menimbulkan konflik secepatnya hindari atau iyakan saja si pembicara tersebut. tidak semua orang bisa mengontrol emosi. emosi yang terkontrol membuat anda makin disegani.

Perut biasanya mulai begah, anda harus atur bener bener pernafasan anda, perhatikan jika tanpa disadari perut tertekuk. irit irit dalam bernafas, jangan pernah menghirup nafas dalam dalam dan teruslah rutin ke belakang minimal setiap 2 kaleng sekali. Bagaimana dengan rokok? o..itu kudu ngebul terus, khan membuat tenggorokan kering..heee..selain itu juga mengurangi begah

Penutupan

Biasanya di kalangan peminum jika peserta tinggal kurang dari 5, adakalanya kita harus inisiatif untuk mengatakan harus pulang atau memimpin pembubaran party lah, karena percakapan dan tetek bengek lainya sudah amat tidak menarik. Tidak perlu merasa kalah. Dengan menampakkan raut muka yang tetap tegar malah akan mencerminkan kelas anda sebagai peminum karena sebenarnya peserta lainnya juga ngarep banget bubar. sama sama udah gak kuat.

Ini sebenernya rahasia yang banyak orang nggak nyadar yang pada akhirnya malah malu maluin diri sendiri dengan bergaya bertahan trus pada akhirnya malah muntah di kamar mandi atau melakukan ulah yang lain seperti nyenggol gelas ampe pecah, dan lain sebagainya.

Nah berakhirlah ngelmu boyin edisi premium ini, jika ingin copas tolong sertakan sumbernya yah karena ini murni pengalaman pribadi. Buat yang suka minum juga, bisa sharing disini biar tambah lengkap ilmu kita..heee

Leave a comment ?

89 Comments.

  1. Wow, rupanya anda ini peminum handal neh. Hahaha…

    Anthony Harman’s postingan di blognya..MAWAR untuk Orang Yang Dikasihi

    Reply

  2. menarik sekali pengalamannya,apalagi kalau bisa survive di kaleng ke-17. sudah kayak suhu pendekar jurus mabuk sakti, :em32: Meskipun saya bukan peminum, tapi seperti mas boyin katakan kalau sudah ga kuat, sudahi saja dengan elegan, bukan malah tambah bikin mabok,trus mencak-mencak,muntah, jalan makin ga karuan, bahkan bikin ilfil dilihat orang,
    :em47: sharing pengalaman liat orang mabuk sempoyongan.

    Bayhaki Ramli’s postingan di blognya..Mobil, Ekonomi, Lingkungan

    Reply

  3. Ini info dari teman saya yang suka minum, dahulu, sebelum dia bermasalah dengan perutnya. Biar lebih jago dan tahan lebih lama sebelum “minum” terlebih dahulu minum satu setengah sendok minyak sayur. Kata dia, sih, cukup top markotop untuk bertarung adu banyak menghabiskan minuman. Saya sendiri belum membuktikannya. Lha, wong minum anggur kolesom aja saya bisa mabok.

    alris’s postingan di blognya..Binatang Piaraan Dilepas ke Hutan Belantara

    Reply

  4. kalo saya suka minum ganja (deGAN aJA) :em58:

    adinata’s postingan di blognya..Daftar Isi Ayadinata

    Reply

  5. wew,, ngelmunya boljug,,
    ntar kapan2 dipraktekin aah.. *kalo ada yang ngajakin itu juga.. :em23:

    Billy K.’s postingan di blognya..perjalanan hidup (5), kerasnya broadcasting world

    Reply

  6. makasih dah singgah di blog aq…………

    Reply

  7. Daniel Mahendra

    Weh, menarik ini!
    *cepet-cepet copy, paste di komputer. Simpan*

    Nggak pernah sengaja minum sendiri tapi, Mas.
    Paling dulu kalau lagi ngumpul sama teman-teman seniman, menemani minum sekadarna. Tapi itu pun buat peneman ngobrol saja. Dan itu pun cuma bir doang. He-he.

    Daniel Mahendra’s postingan di blognya..Bukan Tiket Sekali Jalan

    Reply

    boyindra Reply:

    iyalah..minum sendiri mana enak..kudu bareng teman

    Reply

  8. heheh… saya mulai mabuk nih dng blog… rasanya pengin istirahat 🙂

    Lyla’s postingan di blognya..Tradisi Imlek

    Reply

    boyindra Reply:

    mabuk nge blog..wah mantep donk..heee

    Reply

  9. dq klo minum yg mengandung soda aja pake campur garam..palagi alkohol..atuutt, keknya gak kuat deh

    Nyante Aza Lae’s postingan di blognya..Lelet …

    Reply

  10. Kalau mabuk kendaraan ada ilmunya ndak mas? :em55:

    bodezy’s postingan di blognya..Plans for This Blog

    Reply

  11. wah kayak di bruce lee dunk 😀

    hamka’s postingan di blognya..Nongkrong Dapet Duit

    Reply

  12. Dam Gio: Pesta peringatan Kematian | Boyindra's Weblog - pingback on March 8, 2009 at 5:03 pm
  13. masa sih mbak. coba pakai jurus sama saya saja mbak, jamin deh bisa perut rata dan bisa juga kembung (kalau kembung berarti hamil). :em70: :em70:

    Reply

  14. mbak lala…, coba minum yang agak banyak, biar agak sedikit mabuk saja, nanti yang terjadi bukan jurus mabuk tapi jurus kamar…hehehe

    Reply

  15. Timor - Leste

    mbak aling…, punya teman jago minum lama – lama mbak ketagihan dan jago minim juga.

    Reply

  16. Timor - Leste

    jangkrik goreng lebih enak dari kecoak lho. apalagi minum sama bir lebih enak lagi. coba cicipan mbak hehehe… :em33:

    Reply

    Timor - Leste Reply:

    :em70: :em70: aku ada 36 jurus lho :em33:

    Reply

  17. Timor - Leste

    :em70: baguskan minum bir ya mbak dari pada mmakan kecoak goreng hihihi… :em33:

    Reply

  18. Timor - Leste

    :em33: kalau di Tlmor Leste campur begitu sakit perut mbak hihihi… :em70: :em33:

    Reply

  19. Timor - Leste

    :em70: aku punya jurus tapi beda lho hhihihi… :em33:

    Reply

    Timor - Leste Reply:

    :em70: :em34: birnya enak

    Reply

  20. Horee, Udah Setahun! | Boyindra's Weblog - pingback on October 12, 2009 at 8:49 am
  21. :em49: weee….. peminum sejati bukan begitu mas…. peminum sejati adalah dia yang ketika minum2.. mampu membuat suasana jadi senang!! membuat puas para peserta.. jadi, cara kuat minum bir itu sebenarnya lebih cocok kalau ingin gengsi saja, ha ha ha minum tuak, arak, bir, brem, waw… intinya adalah kepuasan semua anggota minum!! wokay>????

    salam sejahtera!!

    Reply

  22. :em63: :em70:
    kasih dong cara yang lebih simple supaya tidak mabuk

    Reply

    boyindra Reply:

    mungkin minum obat tertentu..tapi saya nggak tau obat apa itu karena belum pernah mencoba.

    Reply

  23. Nyuri kreditnya orang | Boyindra's Weblog - pingback on February 27, 2010 at 9:24 am
  24. waduh…tipsnya bagus juga ya? tp bagian roko tu yg paling sulit boz…saya rokoknya kretek..hehe…jd pada intinya hrs sering2 ke WC ya? ok deh…thx boz

    Reply

    boyindra Reply:

    betul FIFO..heee..first in first out…siiplah

    Reply

  25. Hi Boyin Boyin I loved your informative article on Ngelmu Boyin (jurus mabuk). I just could not leave your site prior to saying that I really enjoyed the quality information you offer to your visitors… Will be back often to check up on new stuff you post!

    Reply

  26. Nice tips bro.., soal rokok sy biasanya kretek tp kl rokok putih doyannya yg menthol. Tp soal buang air kecil nih yg agak repot, biasanya 3 klg br kebelet. Saat itu sih emosi/pikiran msh terkontrol gg penting harus ada musik/lagu tp yg slow aja. Thx.

    Reply

    Boyin Reply:

    @iwan, mantappp

    Reply

  27. Nenggak dosis dlu bro bru jos minum tuak mw smpek brpa teko jga msih gak krsa mau jackpot

    Reply

  28. kalo saya ngebir ma tmn sktr 3 botol bir ukuran 620ml.
    krg lbh 6 kaleng.
    dah asyik banget bawaan.

    Reply

  29. *) masing2 org 3 botol bir ukuran 620ml

    Reply

  30. Ya sama juga dengan kebiasaan orang sini, saya sih menghindar alkohol, cuma untuk menghormati tamu atau orang yang lebih tua, biasanya mengangkat gelas tanda cheers (bahasa sini “gan bei” )saya lebih memilih anggur merah dicampur minuman kaleng, takut mabuk hahaha.
    saya punya banyak teman orang Vietnan yang disini, mereka jago minum dan jago karoeke.
    Selamat menikmati tahun baru dinegeri orang, semoga bahagia selalu ya! :em32:

    Reply

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Trackbacks and Pingbacks: