System apa yang Tuhan Jalankan kali ini?

system5Beberapa hari yang lalu sewaktu berkunjung ke blognya Aling, saya membaca sebuah cerita tentang sahabatnya yang terkena PHK. Dan sebagai kepala keluarga,apalagi sebagai tulang punggung atau sumber pemasukan buat keluarga, hal ini adalah sebuah cobaan yang berat.

Sedangkan di keluarga besar kami, saya juga mendapat khabar dari istri bahwa tantenya yang juga saya kenal baik mendapat musibah pula bahwa suaminya meninggal dunia secara tiba tiba mungkin dikarenakan penyakit jantung.

Memahami bahwa seseorang mendapati keran penghasilan yang biasanya mengucur dan akhirnya berhenti dan menjadi kering adalah sesuatu yang menurut saya sangat menakutkan, apalagi dihadapkan oleh tanggung jawab sebagai orang tua yang harus menafkahi anak anaknya.


Sehabis membaca postingan itu, saya termenung di kamar hotel saya dalam kesedihan. di dalam kegelapan kamar,saya berdoa dan bertanya kepada penguasa hidup ini, kenapa seolah olah alam tak bisa menunggu. Baru saja awal tahun berlalu beberapa hari, kejadian kejadian yang berkenaan dengan imbas ekonomi global sudah mulai terjadi. Saya yakin tidak hanya saya yang mendengar dari kawan atau keluarga, mungkin sahabat sahabat blogger juga mendengar hal serupa,dari nasib tetangga,keluarga besar atau kenalan kenalan yang lain.

Di kegelapan itu pula saya merenung dan berpikir dengan segala keterbatasan saya sebagai manusia,system apa yang Tuhan jalankan kali ini. Saya mengerti sepenuhnya bahwa ini adalah suatu hubungan sebab akibat yang kita perbuat sebagai manusia atau ada yang menyebutnya hukum karma. Manusia manusia yang memegang kendali ekonomi global yang berbuat dan kita orang orang kecil yang mendapatkan imbasnya.

Sungguh sulit mendapatkan semua jawaban dari pertanyaan saya kepada pemberi Hidup ini, apakah kali ini system yang di buat Tuhan untuk menyeimbangkan dunia (balancing the world kalo istilah saya) yang telah dibuat kacau oleh manusia ini seperti system komputerisasi yang otomatis dengan rumus rumus kehidupan yang sangat rumit (lebih rumit dari rumus Einstein pastinya). Atau masih di buat manual dengan campur tanganNya dengan memperhatikan kasus per kasus dari 5 milliar manusia bermasalah di planet ini? Sebagai manusia biasa yang penuh dengan dosa,mana mau Tuhan memberikan langsung dari pertanyaan pertanyaan yang saya minta.

Saya teringat dengan semua postingan saya yang kebanyakan juga mewarnai tentang bahaya krisis global ini and langkah langkah yang masih bisa kita lakukan. Tapi saya menyadari sepenuhnya, menulis tidaklah seberat dibandingkan merasakan apa yang orang lain alami saat ini. Pengalaman orang lain sudah cukup membuat saya prihatin dan bersedih.

Daripada kita bingung tentang bagaimana dunia ini bekerja dan berimbas, akankah lebih baik jika kita mensyukuri nikmat yang ada. Jangan lagi mengeluh, bersyukurlah dan berharap semoga kita bukanlah bagian dari korban tsunami krisis global.

51
Leave a Reply

avatar
44 Comment threads
7 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
45 Comment authors
kurniadinenyokharikuhariinibabeguebonar sihotang Recent comment authors
  Subscribe  
Notify of
bayhaki ramli
Guest
bayhaki ramli

Stop Complain, maka hidup kita akan bahagia, kira-kira seperti itu yang pernah saya dapatkan disalah satu teks buku pengembangan diri, tidak jarang orang yang terkena PHK menjadi lebih sukses, krna memang mereka cerdas jika bisa mengatasinya,asal berhenti mengeluh, dan fokus pada solusi.

thimbu
Guest
thimbu

paragraf terakhir saya suka, tuh…..dalam keadaan krisis seperti ini sudah seharusnya kita untuk lebih kreatif dalam mengatasinya

thimbu’s postingan di blognya..Ada Apa Dengan Manuver BUMI ?

sawali tuhusetya
Guest

wah, semoga saudara2 kita yang sedang diberikan ujian Sang Pemberi Hidup tetap bersabar dan tabah menghadapinya. konon sih hidup manusia itu ibarat roda yang terus berputar. dalam kultur jawa ada yang disebut cakra mabggilingan, kadang di atas, kadang di bawah. kalau saya sendiri berkeyakinan bahwa Tuhan sudah memiliki skenario yang terbaik buat hamba-Nya. yang penting terus berihtiar dan berdoa agar jalan kemudahan itu terbentang di depan mata. sukses selalu buat mas boyin.

sawali tuhusetya’s postingan di blognya..Ketika Bhisma Diburu Bayangan Dewi Amba

Harry seenthing
Guest

Sabar,ikhtiar dan berdoa sebagai keywordnya, semoga yg di phk cepat dapat gawe lagi

Luigi Pralangga
Guest

Mas Boyin,

Rejeki, Jodoh dan ajal adalah rahasia Illahi, meski kadang manusia dengan ‘teknologi’nya acapkali berusaha untuk mengurai rumusnya.. sepertinya kita sebagai hamba Alloh yang beriman seyogyanya senantiasa menjaga amal ibadahnya dan mempersungguh dalam melakukannya.. sebagai persiapan saat dipanggil bisa “selamat” dunia akhirat.. bagi keluarga yang ditinggalkannya, insyallah diberi kemudahan dan pengganti (rejeki) yang barokah..

abindut
Guest
abindut

Pastinya Tuhan takan pernah memberikan cobaan yang tak sanggup ditanggung oleh umatnya, karena Tuhan maha penyayang

abindut’s postingan di blognya..KETIKA TERJEREBAB DALAM NODA HITAM

Aling
Guest

Pemerintah Taiwan untuk membantu masyarakatdalam menyambut tahun baru imlek memberi kupon belanja sebesar 3600 Nts kepada seluruh masyarakat Taiwan, baik yang baru lahir sampai yang paling tua, yang kaya dan yang miskin…semua mendapatkan hak untuk menerima. Sistem pengambilannya…seperti pemilu, kita bisa ambil dengan mudah. Ini adalah salah satu contoh….bantuan yang dilakukan pemerintah untuk membantu rakyat tanpa padang bulu. Di taiwan…krisis juga benar-benat sudah terasa. semoga cepat berlalu…karena yang paling bisa ditimbulkan oleh krisis, kemiskinan dan stress akan menjadi masalah terbesar didunia…. Kita bersyukur…masih dikasih pekerjaan, tapi bagaimana nasib sahabat-sahabat kita yang tiba2 kehilangan pekerjaan? Mungkin kita bantu bersama dalam doa…semoga… Read more »

dian
Guest

bersyukur dan cari jalan keluar

alam lg gak bersahabat nih. setelah krisis ekonomi, dihantam salju tebal yg menyetop semua aktivitas, dan sekarang ditambah banjir

dian’s postingan di blognya..Refund

Yari NK
Guest

Saya percaya, bisa jadi Tuhan sedang merencanakan sesuatu yang indah buat masa depannya. Bisa jadi ia kelak akan menemukan pekerjaan yang lebih baik dan lebih nyaman ataupun siapa tahu ia kelak bisa berusaha sendiri. Yang penting jangan terlalu lama berputus asa, terlalu lama berputus asa tidak akan mengubah masa lalu……

Yari NK’s postingan di blognya..Mencari Keuntungan Atau Menipu?

varda
Guest

Kenapa harus khawatir? Bukannya ada gelap ada terang. Ada kemajuan ekonomi luar biasa, berarti akan datang kejatuhan ekonomi, yang tentu saja akan disusul dengan kenaikan grafik lagi?

Menurut saya, enggak ada yang salah dengan sistemNya. Hanya saja manusia yang belum bisa memahami apa yang terbaik buat mereka.

varda’s postingan di blognya..Stop the Ignorance

Mahendra
Guest

Bro.., memang ada saatnya siklus bioritmik emosional kita sedang berada di titik terendah dimana tiba-tiba perasaan kita terbanting begitu keras menyaksikan tragedi kehidupan. Disaat yang lain kita begitu rasional dan tegar menyikapi dinamika hidup yang berlangsung di sekeliling kita. Itu semua adalah sesuatu yang berlangsung secara wajar. Namun satu hal mungkin yang perlu diingatkan kembali, bahwa Sang Khalik tidak pernah memberi cobaan kepada siapapun melebihi kemampuannya. Selain itu, ada 4 hal yang memang menjadi hak prerogatif Nya : Kelahiran, Jodoh, Kematian dan rizki adalah kuasa Allah semata. Jadi yakinlah bahwa hidup ini terus berjalan pada aras hukum keIllahian. Mungkin kita… Read more »

Jaz
Guest

mungkin ini saatnya kita pandai2 untuk mereset apa yang menjadi default dari perasaan kita…, mengubah respon sedih kita terhadap kesusahan menjadi bahagia, dan kebahagiaan menjadai syukur…

Up and down dalam kehidupan sedah menjadi aturan-Nya, kita hanya mampu merasakannya dan mereset perasaan itu menjadi sesuai keinginan kita…

:).

harianku
Guest
harianku

memang setiap cobaan harus kita hadapi dengan hati yang tulus, bukan sebaliknya kita menyalahkan Tuhan dalam hal ini 🙂

Wempi
Guest

sip… mengeluh bukan penyelesaian, bersyukur saja.
siapa tau di-phk-in sekarang supaya bisa masuk ke perusahaan dengan salary yang lebih oke. tentu dengan berusaha dan do’a.

cutemom cantik
Guest

ehm…semua ada hikmahnya pasti bang boy..aku juga sekarang mengalami penurunan..dan sedang giat2nya menabung agar anak bisa sekolah juli nanti…sementara gaji suami..woowww sangat kurang sekali..

omiyan
Guest

selalu ada hikmah mas didalamnya…..selalu ada jalan dan cara

omiyan’s postingan di blognya..Tips Bersepeda Gunung

dobleh yang malang
Guest

bang agak tumben atau blue yg nggakengeh kalau ternyata abang bisa juga membuat beda postingannyaheheh…..
bagus
salam hangat selalu :em34:

dobleh yang malang’s postingan di blognya..DIA UNTUKKU BUKAN UNTUKMU……DIA MILIKMU BUKAN MILIKKU……….

Ersis Warmansyah Abbas
Guest
Ersis Warmansyah Abbas

Suatu cara menemukan diri dalam sistem Tuhan … bagus untuk pencerahan

Ersis Warmansyah Abbas’s postingan di blognya..Menguatkan Ingatan

ILYAS ASIA
Guest

:em70: :em70:
semangat

ILYAS ASIA’s postingan di blognya..januari 12

endar
Guest

manusia berusaha Tuhan yang menentukan. yang penting kita doa dan usaha biarlah yang di atas menentukan hasilnya.

OOT
sampeyan suka nyontek juga ya pak saya tahu dari komentar sampeyan di blognya pak ersis.

endar’s postingan di blognya..Kopdar pertama saya

aRai
Guest
aRai

seandainya kita tau system yg di jalankan Tuhan … sepertinya hidup ini indah … jauh lebih indah daripada surga

aRai’s postingan di blognya..Kenangan

suwung
Guest
suwung

lha iya kalo kita dipanggil NYA
terus anak istri gimana ya?

suwung’s postingan di blognya..0oo ooo Soewoeng Ketahuan

anton
Guest
anton

Memang hidup ini susah. tapi saya bisa bersyukur bisa hidup di indonesia ini. Masih banyak teman yang saling menolong, ketika saa tidak punya uang, dengan sukarela temanku meminjamkan uangnya kepadaku.

anton’s postingan di blognya..Cara Membuat Email di Google

dinda_cute
Guest

ahhhhhhh hidup kalo bicara soal liku liku nya pasti gag khan ada habisnya , apapun yang ada disyukuri ajh toh ada hikmah disebaliknya.

dinda_cute’s postingan di blognya..Facebook Bagi-Bagi Burger

boyin
Guest

mudah2an ya mas..saya doakan juga begitu

boyin
Guest

betul mas..saya jadi ikut larut nih..gak ngebayangin bagaimana masa depan keluarga mereka..

boyin
Guest

ah apanya yang beda blue..

boyin
Guest

dari sd ampe kuliah mas..demen bikin krepekan..heee

boyin
Guest

itu dia yang aku prihatinin..

dikma
Guest

Wah benar Mas,
Saya rasa kita harus lebih dapt mensyukuri Nikmat yang telah diberikan kepada kita.

dikma’s postingan di blognya..Test DNS

Iwan Awaludin
Guest
Iwan Awaludin

mangan ora mangan sing penting ngumpul

Iwan Awaludin’s postingan di blognya..Kena Hajar Krisis

Blog Cantik
Guest

(Alhamdulillah…!)

Blog Cantik’s postingan di blognya..Kenikmatan

hamka
Guest

mas blogku pindah di http://www.dekrizky.com …hehe :em69:

hamka’s postingan di blognya..Membangun Blog Agar Sukses dan Berhasil

sapimoto
Guest
sapimoto

Rahasia Tuhan, tak seorang pun akan tahu seperti apa yang tertulis didalamnya. Akan tetap menjadi misteri, sampai ketika kejadian itu terjadi…
Hayah, kok saya malah jadi ngelantur…

sapimoto’s postingan di blognya..Iressa-Obat Kanker, Dijual Eceran-Murah

Mikekono
Guest

Hanya hambaNya yg
ingat padaNyalah yg selalu
pandai mensyukuri nikmat
semoga kita bs menjadi
bahagian dari hambaNya
yg senantiasa mampu
menerima dan mensyukuri nikmatNya
thanks bro :em47:

Mikekono’s postingan di blognya..Sesama Caleg pun ‘Asah Parang’

boyin
Guest

wah selamat yah..rumah baru..nanti aku mampir..

norjik
Guest
norjik

Tuhan punya rencana pak. Mensyukuri nikmat yang ada adalah sesuatu hal yang sangat baik. Dan rasa syukur pun harus benar-benar ikhlas dan tertanam didalam sanubari serta mengalir di dalam darah. Jika perasaan syukur tidak kita miliki, maka kita tidak akan pernah merasa cukup dan tenang. Dan lebih baik melihat ke bawah dari pada melihat silau nya langit yang bersinarkan cahaya matahari. ***bener gk yah omonganku ini***

norjik’s postingan di blognya..Israel bukan negara manusia

Lyla
Guest

sing sabar kalo menghadapi cobaan hidup 🙂

Lyla’s postingan di blognya..Warung Makan Thailand

My Journey
Guest
My Journey

setiap cobaan pasti tidak akan melebihi batas kemampuan manusia

My Journey’s postingan di blognya..Beautifying Your Appearance

Ivan @ NavinoT
Guest

Bukankah kita sellau berusaha, dan Tuhan yang nantinya menentukan?

Usaha saja terus, apa yang sudah ada dinikmati, sambil berusaha untuk terus maju.

Ivan @ NavinoT’s postingan di blognya..Design & Usability: Kendala & Manfaatnya

humor lucu
Guest
humor lucu

Kerusakan di dunia ini disebabkan oleh manusia, yaitu dengan melanggar aturan yg telah ditetapkanNya. Tuhan menciptakan semua ini beserta aturan yg ditetapkanNya. Kita manusialah yang sering mengabaikannya sehingga terjadilah kerusakan. Tetapi tenang saudaraku, Tuhan itu Maha Penyayang, kembalilah kepadaNya, bersabarlah, berusahalah memperbaiki semua kesalahan yg telah kita perbuat dengan sekuat tenaga, yakinlah Tuhan tidak tidur, yakinlah Tuhan akan menolong hamba-Nya yg sungguh-2 ingin memperbaiki diri, kemudian setelah berusaha serahkanlah apapun yg terjadi kepadaNya. Bukankah kita semua pernah mengalami kesulitan dan bisa mengatasinya?

humor lucu’s postingan di blognya..Gambar kucing lucu lagi

edratna
Guest

Justru itulah mengapa saat menikahpun saya tetap bekerja, karena saya melihat disekeliling saya, jika hanya mengandalkan pada satu orang, akan berat sekali jika terjadi PHK.

Dan krisis tahun 98, mengajarkan pada saya, walau kedua suami isteri bekerja, kalau namanya nasib, bisa saja perusahaan suami isteri yang kerja di perusahaan berbeda, sama-sama melakukan PHK dan terkena keduanya. Memang kita tetap harus semangat, dan selalu berpikir kreatif, betul juga saran bahwa hidup itu untuk bekerja dan belajar terus menerus….

edratna’s postingan di blognya..Si Mbak dan masakannya

Anthony Harman
Guest

Bener bro, kebesaran hati kita untuk mensyukuri apa yang telah dikehendaki Tuhan atas hidup kita, meski itu pahit, lebih berguna daripada kita menyesalinya

Anthony Harman’s postingan di blognya..Di mana KEBERUNTUNGANmu?

deviw
Guest

Mas Boy… postingannya buat Saya merenung hiks

deviw’s postingan di blognya..Jajanan Arisan

Juliach
Guest

Aku pernah mengalaminya (bermulai di akhir 2003). Sudah aset minus, suami pergi leyeh-leyeh (duduk-duduk) di bale bengong di bawah poon kelapa di Bali bersama kekasih barunya. Tidak tahu mengapa aku tidak menangis, aku malah tertawa hingga semua orang bingung. Yah aku katakan aja aku baru dapat ujian/PR yang mungkin penyelesaiannya agak lama. Tuhan waktu itu bilang,”Julia, kau harus lebih kuat dan gila!” (gila di sini = berani banget/ambil resiko gede). Berbekal tiket, aku kembali ke Perancis. Aku mendapat uang di jalan, aku numpang mobil orang, bisa dapat klient lagi,… cobaan pun dapat lagi juga: anak ngak mau belajar,…sampai dia lapor… Read more »

bonar sihotang
Guest

Tuhan bekerja penuh dengan mistery..
gak ada yang pernah tahu apa rencanaNya..
hanya bisa bersyukur atas apa yg terjadi dengan diri kita saat ini..

salam,

bonar

bonar sihotang’s postingan di blognya..Friday the 13

boyin
Guest

wah banyak belajar hidup yang keras dari mbak nih..

babegue
Guest
babegue

yup bener, lagi jaman susah neh, musti cut semua and hidup hemat, tapi tetep mensyukuri semua

babegue’s postingan di blognya..TKI untuk Negriku

harikuhariini
Guest

“..membaca postingan itu, saya termenung……….”
coba kita renungkan juga, renungkan dan temukan, satu alasan saja yang mengharuskan Tuhan untuk memerintahkan alam menunggu.
renungkan satu alasan saja, yg mengharuskan Sang Penguasa hidup ini memberikan hidup pd kita.
renungkan, satu alasan saja, kenapa kita berhak mengeluh.
renungkan satu alasan saja, yg mengharuskan Tuhan untuk tetap mengasihi manusia.

nenyok
Guest

Salam
Apapun bentuknya apakah itu ujian, cobaan atau apapun kita menyebutnya, Tuhan memberikan semua itu untuk kebaikan, untuk membuat kita lebih baik dan kuat, so jika diterima dengan keridhoan tak ada yang sia-sia dengan semua yang dialami.
Salam kenal, semangat!!!

nenyok’s postingan di blognya..Islam memandang Aborsi