Pasaran Kerja udah situasi chaos

job10Nggak lama juga efeknya setelah krisis global yang kerap kita dengar bulan bulan ini dengan banyaknya publikasi dari berita berita di televisi dan media ternyata efeknya mulai terasa tidak hanya di negara negara  yang terlanda krisis tetapi juga agaknya di seluruh dunia. Mau negara maju apalagi negara miskin, semuanya kena imbasnya dan akhirnya kejadian juga di tempat kerja saya. hiks.

Tenang…tenang saya gak menceritakan tentang PHK melainkan malah saya mendapatkan staff baru lagi dari luar negeri. Setelah saya pernah menceritakan anak buah baru yang orang jerman itu eh sekarang dateng lagi dari warga negara Kanada. semuanya juga temporary saja dalam mengahadapi musim rame menjelang Natal dan Tahun Baru. Kali ini dia incharge atau bekerja membantu di restaurant, spa dan mengurus program aktifitas seperti senam Tai Chi, permainan buat anak anak, dan lain sebagainnya.

Apakah hotel mendatangkannya dengan bayaran yang mahal? jawabannya tidak.  Maka dari itu kalo bagi kita yang suka membaca dan menonton perkembangan tentang krisis yang dialami negara negara maju dan kaya seperti Amerika dan Eropa, nah inilah kenyataan yang sedang terjadi.

Buat saya pribadi, saya malah senang dapat staff yang berkualitas seperti itu. pekerjaan jadi lebih mudah dan di luar kerja jadi punya teman yang kalo ngomong lebih nyambung. Jadi asik deh.

Hanya saja saya jadi mikir kok pasaran kerja jaman edan ini kok makin lama makin semrawut aja yah, sudah nggak ada grade grade an lagi. maksudnya khan gini kalo pikiran awam saya sih, kalo negara maju dan kaya biasanya suka jadi boss di negara kecil.

Seperti halnya kita di Indonesia kalo mau gampang jadi boss, nembusnya kudu di negara yang lebih terbelakang dikit dari Indonesia seperti Kamboja, Laos, Myanmar, atau Vietnam. Jadi saingan kita paling cuman Singaporean, orang Malaysia atau Philipina dinegara tersebut.

Apa mau dikata sekarang udah beda jamannya, paradigma berpikir seperti itu agaknya sudah usang dan perlu waspada karena persaingan pencarian tenaga profesional mulai di masuki oleh tenaga kerja dari negara negara kaya dengan harga yang lebih murah yang juga menyasar kalangan staff level tidak seperti biasanya mereka hanya menyasar jabatan no 1 atau sejenisnya.

Jika dikabarkan Amerika sudah mempunyai lebih dari 2,4 juta pengangguran di eropa lebih banyak lagi. dari data lawas Europe bussines bulan april 2008 saja sudah lebih dari 10,93 juta total dari 15 negara di  eropa.

Situasi ini kalo di buku marketingnya pak Hermawan kertajaya yang pernah saya baca bukunya tahun 1998 yang lalu judulnya “marketing plus 2000” udah masuk kategori 4D atau situasi chaos dimana udah gak ngerti siapa pesaing dan pasarnya apa saja. Tentu saja pak Hermawan waktu itu menggambarkan masalah perusahaan dan bisnis bukan tenaga kerja, tapi ya kayaknya sama aja toh..mirip mirip dengan analisis beliau.

Wah anda harus siap siap kalo gitu, bisa bisa suatu hari abang abang langganan ojek di pengkolan rumah anda udah direbut lahannya oleh orang Amerika berwajah Brad Pitt..hahhaa…… Mau…?

Tags:,
48 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *