Atlantis the Palm, Potential revenue estimated.

Dimana mana memang lagi heboh memberitakan yang satu ini, kemarin sabtu siang di bicarakan di BBC di midle east report, di CNN juga sama di Kompas gak ketinggalan juga apalagi media blog luar. Kalo di search di om google ya udah rame isinya.

Saya pingin nya ikut an juga meliput tentang gemerlapnya pembukaan hotel tersebut yang memang semua orang mengakui lumayan kontroversial di tengah tengah krisis yang melanda dunia saat ini, kok bisa bisanya ngeluarin US$20 juta buat pesta semalam. Tapi kayaknya rada gak asik deh, selain udah banyak yang ngliput juga gak enak sama postingan saya sebelumnya yang menyarankan untuk mengencangkan ikat pinggang.

Terus terang saya gak tau legal apa nggak sih kalo kita ngitungin potensi revenue sebuah perusahaan tanpa bermaksud untuk menghakimi perusahaan tersebut. Di postingan sebelumnya tentang menentukan besaran gaji mungkin ini adalah bentuk implimentasinya dan juga media pembelajaran bagi para manager atau bagi yang sekedar ingin tahu.

Setelah berkunjung ke situs hotel fenomenal ini sekalian cari lowongannya..hee, kita dapat menjumpai informasi tentang banyaknya kamar yang di punyai yaitu 1,373 rooms dan 166 suites, total 1,539 rooms. Saat berkunjung ke situsnya dan mencoba untuk booking ternyata hotelnya tidak full tetapi hanya tinggal suite yang tersedia harganya berkisar dari $3,350 – $5,025 per malam. Kamar termahal yang pertama kali ditempati oleh bintang bollywood Shah Rukh Khan harganya $35,000. Harga kamar biasa di perkirakan $1000.

Sebenarnya agak sulit untuk memperkirakan rata rata harga kamar/average room rate tersebut karena harga kamar di website berbeda dengan harga kamar untuk travel agent karena memakai kontrak atau disebut contract rate sesuai dengan kebijakan rate structure dari hotel tersebut. biasanya lebih rendah 20% – 40%.

Ok lah kita mulai hitung yah. Saya taruh harga rata rata nya sebesar $1,200 maka kita harus menghitung potential room night (prn) nya dulu yaitu sebesar, 1,539 kamar x 30 hari dalam sebulan = 46,170 room night (r/n). Jika di asumsikan hotel itu tingkat occupancy nya 40% setiap hari maka prn nya sebesar  18,468 yang akhirnya kita akan mendapatkan potential room revenue nya sebesar 18,468 x $1,200=$22,161,600 per bulan.

Penghasilan hotel bukan hanya dari kamar saja tetapi juga dari makanan yang biasa di sebut food & beverage (fb) dan juga other income atau income lain lain misalnya pijat, beli bunga, cenderamata, dsb. Sebenarnya tidak se simple ini, tetapi karena keterbatasan dalam meng akses informasi dpartemen departemen apa saja yang menghasilkan serta kalo seandainya saya punya semua informasi nya yah berarti saya salah satu petinggi disana donk.

Nah, kita balik lagi ke penghasilan kotor kamar tadi yang sebesar $22,161,600 per bulan. Dalam laporan rugi laba (P&L) kisaran ideal dari biaya/ cost penghasilan kamar tersebut sekitar 30% – 40%. Kita sederhanakan biaya ini sudah termasuk gaji, biaya departemen hingga depresiasi, amortisasi, etc. Kalo kita taruh 40% deh, jadi penghasilan bersih dari kamar sebesar $13,296,960 (60%). Bagaimana dengan fb? untuk hotel sebesar itu saya berani dengan perkiraan terendah saya penghasilannya sekitar 60% dari penghasilan bersih kamar dan untuk other incomenya kita bisa coba $500,000 saja deh sebulan. maka total dari penghasilan hotel tersebut sebulan sebesar,

$13,296,960 + $7,978,176 + $500,000 = $21,775,136/bulan

ck..ck..mantep bener tuh hotel, mimpi aja belum pernah liat laporan keuangan sebesar itu. o ya, sekalian aja kita hitung kapan investasinya Mr. Kerzner si pemilik hotel ini balik yah?

Menurut data yang didapat biaya pembuatannya sekitar US$1.5 milliar atau Rp. 19 triliun jadi kita tinggal bagi aja yah,

$1,500,000,000 : $21,775,136 = 68.8 atau kita bulatin deh jadi 69 bulan. Jadi gambaran kasarnya hotel semewah itu akan balik modal 5,75 tahun saja!

Buat yang ngerti finance, hitung hitungan di atas adalah gambaran yang masih sangat mentah, tapi setidaknya seperti misi di blog ini sebagai media untuk berbagi informasi dan pengetahuan setidaknya bisa sedikit membentuk persepsi.

Anda bisa bayangin setelah 6 tahun (kalo bener perkiraannya), itu duit tinggal ngalir sebesar itu per bulan nya karena udah balik modal, jadi uang sebesar US$20juta buat pesta pembukaan mah gak ada apa apanya. Apalagi untuk rencana renovasi suatu hotel biasanya setelah 8 – 10 tahun hotel itu berdiri. Kalo maintenance nya sangat bagus mungkin bisa lebih dari itu.

Mengutip kata si Colin Cowie si perancang pesta tersebut “Dana nya sudah disiapkan sejak tahun lalu, anda harus bermimpi besar untuk mendapatkan hasil yang besar!”

Leave a comment ?

18 Comments.

  1. :em55: selamat malam bang.
    ini bacaan memang sangat santai buat kita but……sangat perlu untuk kita semua.informasi yang sippppplah kayaknya.
    salam hangat selalu

    dobleh yang malang’s postingan di blognya..MERPATI TAK PERNAH INGKAR JANJI

    Reply

  2. Sorry kalau pembahasannya terlalu singkat dan padat serta terminology/istilah2 yang mungkin baru bagi anda. tapi anggap aja sebagai bahan bacaan santai.

    Reply

  3. :em23: :em23: :em23: :em23:
    diriku cuman mbelet mbelet aja sambil nelan air liur baca tulisan ini

    Reply

  4. Norjik[dot]Com | PR dan AWARD lagi - pingback on November 24, 2008 at 9:54 am
  5. Itu duit semua??

    *pingsan*

    Nazieb’s postingan di blognya..Hosting Plugin di WordPress Plugin Directory

    Reply

  6. :em52: wah… mengkerut deh dahi gw

    Wempi’s postingan di blognya..Punya penghasilan, tapi tak punya NPWP

    Reply

  7. bener2 mewah …ck ck ck ck…, keren mmg mas 🙂

    norjik’s postingan di blognya..PR dan AWARD lagi

    Reply

  8. kok setimpal sama APBN negri ini ya? miskin dong kita

    rezki benbego’s postingan di blognya..Naruto Shippuuden Episode 85-The Terrifying Secret

    Reply

  9. numpang nampang aja lah awak disini

    :em62: :em62: :em62: :em20: :em20: :em20: :em55: :em55: :em55:

    budi tarihoran’s postingan di blognya..Pencet Remot Kok susah!!!

    Reply

  10. Indonesia punya satu itu juga dah untung ^_^

    Bang Aswi’s postingan di blognya..Seize the Day

    Reply

  11. waduh… saya mumet :em26: :em26: :em26:
    itu duit semua kah ??? :em26: :em26: :em26:
    Dollar pula … :em51: :em20:
    Sori mas, jadi OOT :em62:
    Salam kenal ya :em19:

    Menik’s postingan di blognya..Anytime You Need a Friend

    Reply

  12. Waahhh keren…. 🙂

    Mas Koko’s postingan di blognya..Untuk Siapa Saja…

    Reply

  13. 6 tahun udah bisa break event point, suatu hal fantatis :em69:
    menurut saya dana sebesar itu memang sangat wajar untuk membangun brand image hotel tersebut

    thimbu’s postingan di blognya..CAR Bank Century Minus 2,5 Persen

    Reply

  14. kaum pemilik modal memang bisa berbuat apa saja, mas boyin. hitungan2 duwitnya membuat saya mengerutkan jidat berkali-kali. ndak mudheng, bener, hiks.

    sawali tuhusetya’s postingan di blognya..Sang Guru dan Tanah Kelahiran

    Reply

    boyin Reply:

    sorry pak kalo bikin bingung. saya cuma penasaran banget aja tentang berapa uang yang akan dihasilkan kok bisa2nya bikin pesta segitu mahalnya. makannya saya tumpahkan semua ke blog ini.

    Reply

  15. Akh jadi pusing…., digitnya kebanyakan! :em51:

    Lam kenal :em50:

    silent reverie’s postingan di blognya..Di Puncak Kenikmatan

    Reply

  16. saya senang dengan berita semacam ini karena memacu semangat saya untuk sukses, siapa tahu di masa depan saya dan keluarga bisa nginap di kamar seharga $35,000.

    Koran Saya’s postingan di blognya..Mario Teguh Business Art O Channel

    Reply

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Trackbacks and Pingbacks:

  • Norjik[dot]Com | PR dan AWARD lagi - Pingback on 2008/11/24/ 09:54