Protected by Copyscape

Ayo jangan ngutang lagi! mau dekat tahun 2009

Setiap hari kalo membaca berita berita di koran semakin hari semakin membuat saya ketakutan. Gimana gak takut lha melihat raksasa dunia seperti Amerika kok makin lama makin tumbang. Setelah krisis kredit perumahan lalu berakibat pada perbankan mereka setelah itu minggu lalu beredar kabar 3 raksasa otomotif Amerika juga bakalan rontok tahun depan sampai mereka kampanye besar besaran minta tolong pemerintah untuk dikucurkan dana agar mereka terbantu dari kebangkrutan. Total tersiar kabar lebih dari 2,2 juta pengangguran disana.

Menurut para ahli, krisis ini adalah yang terparah dalam sejarah. Bak gelombang tsunami, kita yang awam ini gak tau apakah kita ikut kelelep juga nantinya atau apakah cuman merasakan jilatan airnya saja seperti pasangan yang sedang pacaran di pinggir pantai saat pagi hari dimana biasanya ombak sedang surut.

Tapi untuk sementara saya lumayan salut oleh negara kita ini sementara negara negara lain seperti eropa timur udah kepegang ama IMF atau negara tempat pelarian duit para pengemplang BLBI seperti Singapura pun sudah memasuki masa resesi. Buat informasi aja resesi dalam pengertian definisi ekonominya ialah jika suatu negara pertumbuhan ekonominya negatif 2 kuartal berturut turut.

Walau Indonesia masih mengalami pertumbuhan ekonomi secara umum tapi dampak krisis ekonomi global ini pasti juga ada efeknya seperti di perusahaan perusahaan di bidang ekspor yang saya yakin pasti mengalami penurunan akibat melemahnya daya beli negara negara kaya itu. Kalau udah gitu kita kita ini sebagai rakyat kecil atau karyawan pasti kena imbasnya.

Buat yang udah nyadar pasti akan mempersiapkan diri sebaik baiknya tapi bagi yang belum ngeh apalagi yang masih bujang ada baiknya untuk berjaga jaga untuk menyelamatkan diri kita, yang salah satunya adalah pentingnya memegang cash!

Para karyawan yang gajinya suka numpang lewat setiap gajian tiba, ada baik nya memulai untuk merendahkan gaya hidup. Ngomong emang gampang tapi mau diapain lagi. Lupakan gengsi, bodo amat ama yang lain. Yang pegang kartu kredit, nah ini dia, jangan sampai membeli kebutuhan barang barang pokok seperti beras, mie instan, susu, dan lain sebagainya pake nggesek dan akhirnya membayar minimum payment pada saat tagihan tiba.  Kalo sedang tidak krisis aja udah begitu nanti kedepannya bakal lebih runyam. Logikanya gini deh, masa kita masih ngredit makanan yang udah kita makan 3 bulan yang lalu.

Untuk utang jangka panjang seperti rumah mungkin kita nggak bisa apa apain tapi kalo yang jangka pendek seperti kartu kredit, hp, etc akan lebih bijaksana kalo mulai sekarang kita kurangi. Kartu kredit dari punya 5 jadi 2 atau 1 saja, cara menguranginya? bisa mulai dari yang paling kecil limitnya  dan bunga terbesar. Atau mau lebih ekstrim kayak saya dulu, menjual salah satu aset dan melunasi utang jangka pendek tersebut.  Pokoknya hati tenang, nggak perlu ganti sim card sering sering hee…

Selain itu seperti Pak Prabowo bilang (bukan kampanye in dia lho yah) di iklan nya cintailah produk produk dalam negeri itu bener banget biar duit kita cuma berputar di dalam negeri saja. Khan logikanya semua negara pada butuh uang cash seperti negara Cina yang ekspornya turun karena pada gak ada yang bisa beli lagi di negara sekelas Amerika dan Eropa, untuk itu barang barangnya di lempar dan dijual murah murah di negara negara Asia. Menggiurkan sih, tapi nggak usah bikin kaya negara lain deh!

Memang nasib kita sebagai karyawan, bisanya cuma berdoa semoga tsunami itu tidak pernah datang ke perusahaan kita dan kita tetap menikmati indahnya ombak kecil yang menyapa jemari kaki di pagi hari.

28
Leave a Reply

avatar
20 Comment threads
8 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
18 Comment authors
Analisa Financial tutup tahun | Boyindra's WeblogendarSuwahadiwellyKonferensi Kelas Dunia Recent comment authors
  Subscribe  
Notify of
Iman Brotoseno
Guest

mudah mudahan memang tidak terjadi sesuatu seperti krisis 98..Bagaimanapun juga krisis ini memang menakutkan.

Iman Brotoseno’s postingan di blognya..Do it now

varda
Guest

IMHO Indonesia sepertinya tidak akan mengalami krisis luar biasa, Insya Alloh. Kan pondasi ekonomi kita justru di industri kecil, ya? Hayooo.. yang punya utang di kartu kredit. Udah diguntingin belum CC nya? Setuju, utang jangan ditumpuk!! 😛

varda’s postingan di blognya..a cup of tea: tentang perempuan

Edi Psw
Guest
Edi Psw

Aku kemarin udah terlanjur ngambil KPR nih.

Edi Psw’s postingan di blognya..Mendapat Award dan PR

boyin
Guest

perlu di ingat juga bahwa Amerika ambruk salah satunya juga gara2 masyarakatnya gemar menggunakan kartu kredit/CC.saya gak anti CC lho wong tahun 2002-2003 saya pernah jadi salesman CC..hee

Domba Garut!
Guest

Situasi negara itu adalah refleksi dari perilaku para rakyatnya.. untuk AS, memang sejak lama terkenal ‘hobby ngutang’, untuk lini consumer-nya sudah dibanjiri dengan jeratan kartu kredit, yang mana rata2 minimal orang AS itu paling tidak punya 5-6 kartu kredit, belum kredit lain-nya. Seperti diet, hutang juga mesti berdiet, kurangi kemauan dan mulai self-sustainment, dari hal terkecil; grow you r own food, eat what you plant.. meski memang easier said than done.. paling tidak kalau di niati bisa mulai mengikis perlahan hobby mengutang. Insyallah kita bisa bangkit mandiri. Seneng udh bisa mampir kesini, salam hangat dari Afrika Barat! Domba Garut!’s postingan… Read more »

yudi
Guest

pray for the best :em44:

yudi’s postingan di blognya..Fakta si Yudi seminggu kemarin

suwung
Guest
suwung

malah ada asumsi kalo bisa ngutang sebuah perusahaan bisa dibilang bonafit

Juliach
Guest

Untung aku pakainya “VISA debit card” dan aku selalu menolak penambahan plafond untuk kredit. Tetapi plafond standard di bank aku boleh sampai -250€, tidak bisa 0€.

Tetep aja ada tentasi untuk kredit ya?

Juliach’s postingan di blognya..Lega sudah

Wempi
Guest

ada yang manganjurkan berhemat, tapi para ahli justru pingin agar daya beli masyarakat tinggi. :em06:

Wempi’s postingan di blognya..Toilet B&G Tower Medan

thimbu
Guest
thimbu

pemerintah sendiri berencana tuk ngutang ke IMF buat nutupin defisit anggaran belanjannya :em01:

thimbu’s postingan di blognya..Kalah Sebelum Perang

Mas Koko
Guest

Waktunya tutup lubang … tahun depan gali lagi 😀

Mas Koko’s postingan di blognya..Untuk Siapa Saja…

boyin
Guest

Ah kalo buat mbak Juliach gak ngefek krisis gini mah..hee..kiding lho :em41:

dikma
Guest

hihihiks
untung kemarin nggak jadi ngambil pinjaman …
selamat

dikma’s postingan di blognya..Google Mail Theme

trackback
Setelah Etalase terjual menjadi tukang parkir

[…] begitu saja informasi dan isi hati kali ini. Tidak lupa saya meminta dukungan dan semangat dari sahabat […]

Lyla
Guest

aku gak mau utang lagi… jgn salah nulis ntar artinya jadi beda hahahaha :em47:

Lyla’s postingan di blognya..Credit card

sawali tuhusetya
Guest
sawali tuhusetya

ancaman krisis global itu memang sudah berubah jadi kenyataan, mas boyin. sudah banyak karyawan yang terkena phk. dibutuhkan kearifan untuk mengatasinya. secara indiviual, seperti yang mas boyin katakan, harus mengencangkan ikat pinggang. pejabat pun juga mesti memberikan teladan nyata agar bener bisa hiduo sederhana di mata rakyatnya. semoga badai cepat berlalu.

harianku
Guest
harianku

wah kalo ngeliat kondisi ekonomi negara kita memang sedang kacau balau yah mas, melihat berita berita PHK di media televisi cukup sedih, sekarang cuma bisa nunggu elite politik yang kongkow di gedung parlemen sambil mengumbar suara aja.

boyin
Guest

apalagi kalo KTA (kredit tanpa agunan)mengerikan itu bunganya.

boyin
Guest

mudah2an di Indonesia gak jadi badai pak de, soalnya emang bener2 menakutkan tahun depan itu.

boyin
Guest

banyak yang makan ati ya kalo ngomongin mereka?

trackback
Konferensi Kelas Dunia
welly
Guest
welly

biasanya ngutang dengan alasana kebutuhan sih, tp semoga taon depan bisa mencukupkan sma dengan yang sudah ada dl deh .. :em70:

welly’s postingan di blognya..AdReviewCamp, broker paid review setelah Reviewmu

Suwahadi
Guest
Suwahadi

Saatnya menuju perubahan baru yang lebih baik… 🙂
Salam kenal yah…

Suwahadi’s postingan di blognya..Lorong Masa Depan

endar
Guest

salam kenal pak.
wah ngeri ya pak kondisi saat ini. buruh macam saya ini kalau tidak hutang nggak punya apa-apa pak. lha kemarin saya terlanjur hutang jangka panjang lagi setelah hutang jangka panjang yang lama lunas. hutangnya cuman dikit sih. kalau nggak hutang nggak bisa nabung, dengan hutang otomatis kita dipaksa untuk menyisihkan upah tiap bulan. maka prinsip saya menabunglah dengan hutang he.. he.. he.. sebagai sesama karyawan marilah kita berdoa bersama-sama semoga kondisi ekonomi semakin membaik

endar’s postingan di blognya..Mengumpulkan PR

boyin
Guest

nggak jadi mas katanya pak SBY

boyin
Guest

betul mas. kalo mengenai PHK memang tahun depan tidak bisa di hindari tapi minimal bukan di perusahaan kita lah.

trackback

[…] tahun 2009 yang kata banyak pakar bakalan sulit kedepannya. Tapi agaknya sudah pernah saya posting di sini mengenai bagaimana mencanangkan hidup hemat dengan mengatur cara pemakaian kartu kredit serta […]