Cambodia Water Festival

Dalam rangka merayakan HUT negara Kamboja ke 52, setelah melalui serangkain upacara dan pawai. Hari selanjutnya di lanjutkan dengan perlombaan kapal tradisional dayung yang dikenal dengan nama water festival. Seluruh rakyat Kamboja turut merayakan dan seperti biasa sejak hari minggu sampai hari kamis merupakan libur national. Kamboja memang terkenal dengan banyak liburnya, dalam setahun ada 25 hari tanggal merah tidak seperti di Indonesia yang 12 hari atau paling males lagi di Vietnam yang cuma 9 hari.

Perlombaan yang biasanya diikuti belasan negara ini merupakan atraksi menarik setiap tahunnya. Jalanan begitu padat disebabkan lonjakan penduduk yang dari provinsi lain ke ibukota Phnom Penh, sehingga jalan di sepanjang sungai mekong ditutup 4 hari dan hanya diperbolehkan pejalan kaki saja. Untuk pejalan kaki saja sudah begitu padatnya memadati jalanan tersebut.

Kesan tahun ini sedikit terasa agak berkurang respond dari tamu mancanegara yang turut berpartisipasi dalam lomba water festival ini, mungkin dikarenakan krisis ekonomi global yang melanda dunia akhir akhir ini atau tragedi 7 anak anak universitas dari Singapura yang tewas dalam perlombaan kapal dayung tersebut dikarenakan terseret arus tahun 2007 yang lalu. Salah satu mayat yang ditemukan tersangkut di sungai dekat hotel tempat saya bekerja sebelumnya.

Acara di malam hari dilanjutkan dengan pawai kapal kapal yang di hiasi lampu yang berupa logo logo sponsor atau dari pemerintah serta hujan kembang api (fire works). Pasar malam beserta cenderamata banyak digelar di sepanjang jalan dengan harga yang cukup murah mengingatkan saya akan tradisi duk deran di semarang dulu setiap menjelang lebaran (masih ada gak sih sekarang?).

Yang penting buat saya berkumpul dengan keluarga dan teman teman sesama Indonesia sambil makan makanan Indonesia sudah merupakan kebahagian tersendiri. Akhirnya saya ucapkan dirgahayu kemerdekaan buat negara Kamboja ke 52.

  1. Dirgahayu buat kamboja yang ke 52.

    Yang di photo dari indo semua ya, pak?

    Reply

    boyindra Reply:

    betul mas, ada yang dari bandung, tegal ama Jakarta.kerja nya juga beda2.

    Reply

  2. weh banyak banget liburnya…
    kalo di Indonesia itu pasti diprotes, dibilang ngak produktif.. 😀
    wah enak banget mengenal khasanah budaya negara2 lain… kalo ditilik lebih jauh lagi, kadang ada kesamaan tradisi, yah bisa jadi karena kedekatan wilayah 🙂

    Reply

    boyindra Reply:

    masih di ASEAN biasanya memang masih mirip2 budayanya.

    Reply

  3. Yang itu TV atau handphone? | Boyindra's Weblog - pingback on November 25, 2009 at 12:41 pm
  4. The biggest tragedy at diamod island bridge | Boyindra's Weblog - pingback on November 23, 2010 at 12:00 pm

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Trackbacks and Pingbacks: