Penipuan Kartu kredit melalui korespondensi.

Selama bekerja di lokal hotel dan banyak melakukan korespondensi untuk tamu tamu yang direct booking atau melalui agent, saya lumayan sering menemui email email yang berbau hoax atau penipuan. Kalau yang mengenai nigerian scam sih itu banyak banget dan langsung kita delete tapi kalo yang pertama tama menyamar sebagai tamu dan melakukan pendekatan yang keliatannya masuk akal itu yang bener bener buang waktu.

Berikut ini salah satu cuplikan korepondensi saya dengan si pelaku. pertama tama tentu saja si pelaku menanyakan harga kamar dan tipe kamarnya nah setelah di balas pada koresponden kedua akan terlihat balasan sebagai berikut,

Thanks for getting back fast, i will want you to get back to me with the Grand total cost of 3 single or any 3 available room for 5 nights in U S D so that i can forward my credit card details for you to charge for the reservation. Thanks.

lalu setelah anda balas kalkulasi total stay nya dan email balik ke mereka, maka balasan emailnya sebagai berikut,

Hello,

Thanks for the bookings & confirmations .The total cost of the accommodation is quite okay by me and i’m ready to pay the bills. I also want you to help me Charge another $4500 to a travel agent who has issued my guests air flight ticket to your hotel.

The $4500 that will be sent to the agent is for the ticket fare for my guests which will be deducted from my credit card. Also, i’m compensating you with the sum of $400 for the transfer fee and for your efforts.

Please note that i should have given the travel agency my credit card for him to deduct the ticket funds but he told me that he doesn’t have the facilities to charge or debit credit card , so that’s why i bring my vote of confidence in you and i dont want you to betray the vote of confidence i put in you so i want you to transfer the funds to him after you have made the charges and the money charged has reflected in your account you can now make the transfer to the agent via western union. Below is the charges you’ll make on my credit card will be:

Note that my credit card will be charged for the amounts above. Please do get back to me if you are in the office right now so that i can forward my credit card details to you , then you can charge full mount and transfer the agent funds to him via western union. Please respond.
Kind regards

Nah lho..! buat yang udah pengalaman kita akan tau persis bagaimana caranya untuk menghindari tekanan tekanan lain yang dibuat pelaku kepada anda dari surat ini dengan alasan untuk meyakinkan anda. terus terang saya posting yang ini karena bahasa yang digunakan sangat halus dan tidak terkesan membodohi kita. sayangnya saya tidak akan posting kelanjutannya di sini karena memang akan panjang tulisannya (pengalaman menunjukan jika anda tidak cepat cepat bereaksi akan terjadi aksi balas membalas minimal 3 kali surat menyurat lagi dan itu bakal buang buang waktu)

Biasanya para supervisor atau manager tipikal asia (yang berusaha secara  halus menolak) akan meladeni sampai terjadi beberapa kali aksi saling balas argument. Rata rata beragument tentang kebijakan hotel, regulasi hotel, keputusan management, dan alasan lainnya. Yang paling ngeri adalah kasus yang pernah diceritakan chief pengawasan kartu kredit di bali yang saya lupa namanya (bekerja untuk AMEX) bahwa ada beberapa hotel dan villa kecil yang termakan oleh issue tersebut dan lebih parahnya adalah diapprove dan ditandatangani oleh GM! (GM nya bule, saya ampe bingung lulusan mana tuh GM).

Si pelaku ini rata rata menyasar ke hotel hotel lokal yang mereka kira masih di operasikan oleh manajemen keluarga sehingga banyak yang tidak berlatar belakang perhotelan yang kuat atau malah tidak mengerti sama sekali detail system yang harus di jalankan. (seperti kebijakan bank tentang kartu kredit, cash advance, SOF, dll).

Terakhir saking sebelnya saya terima hoax seperti itu akhirnya korespondensi itu hanya berakhir di 3 kali reply saja dengan bunyi sebagai berikut,

I am sorry that we could not facilitate your request. You may try another hotel.
Thank you

Kind regards,
Boy Indra

Dan doi pun gak pernah nongol nongol lagi!

  1. Maaf sebelumnya, mohon contoh correspondence ini malah jangan di salah gunakan lho ya! :em40: tapi saya yakin kok pembaca blog ini orang baik baik semua.

    Reply

  2. Wow ! Interesting …. 🙂

    *Never ever sending money via WU, unless you know the person 100%*

    Reply

  3. masih gak ‘nangkep’, maksudnya, nge charge suatu airline, dari kartu kredit yang dia pake?..
    *bingung

    Reply

    boyindra Reply:

    @snydez, intinya itu kartu kreditnya orang lain yang mau di cairkan dalam bentuk cash melalui hotel kita, nah kitanya di suruh mentransfer uangnya secara cash melalui western union oleh pelaku tersebut dengan alasan pertama kali dengan pura pura mau menginap dan alasan lainnya mau beli tiket atau bayar travel agent tapi travel agentnya gak punya mesin kartu kredit dan dia minta bantuan kita dengan fasilitas kita.Nanti buntutnya si pemilik kartu kredit pasti akan sadar bahwa uangnya di curi dan menuntut balik uangnya ke hotel bersangkutan.

    Reply

  4. hehehe, namanya juga usaha……. di mana-mana sama ya…tepu tetep aja tepu…, hati-hati ah…. jangan sampai kena… :em47:

    Reply

  5. Biasanya gini gini klan afrika ya?
    atau jangan jangan hacker jogja he he

    Reply

    boyindra Reply:

    Wuaduh..seneng banget saya kedatangan mas Iman di blog saya.

    Reply

  6. makin serem aja ya? :em03:

    IMHO, tipikal email scam, bahasanya halus dan mbulet.

    jadi serba salah, make CC itu mempermudah urusan. tapi kalo ngga awas ya jadi repot.

    apa ya perlu balik ke cara tradisional, nabung pake celengan jago :em23:

    varda’s postingan di blognya..mulai dari yang kecil-kecil

    Reply

    boyindra Reply:

    punya CC boleh aja kalo bisa limitnya kecil aja biar gak sakit hati kalo di bobol. :em20:

    Reply

Leave a Comment


NOTE - You can use these HTML tags and attributes:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>