Es Tebu, potensi bisnis yang belum dimasyarakatkan.

Kalo kita melihat begitu maraknya toko toko kecil menjual pulsa dan aksesoris handphone di sudut sudut jalan di kota kota besar Indonesia, tidak berbeda banyak di Cambodia dan Vietnam. Hanya saja yang tidak kalah banyak di pinggir pinggir jalan adalah pedagang es tebu.

Es tebu atau bahasa vietnamnya adalah Nuoc Mia dan bahasa cambodianya tek em pew (kira2 gitu kalo dilafalkan) pedagang es tebu ini tidak hanya mengkhususkan menjual es tebu saja, kebanyakan menjadikanya sebagai sampingan seperti toko kelontong juga penjual roti sandwich tradisional ( yaitu french bread/roti panjang diisi irisan daging, ketimun,dsb.), juga toko penjual pulsa hp!

Disaat siang hari es tebu ini emang sarana pelepas dahaga yang paling segar menurut saya, karena saking banyaknya penjualnya, harganya pun masih terjangkau. Untuk di Cambodia harga pergelasnya sekitar 700 riel atau sekitar Rp.1800 sedangkan di Vietnam pergelas 2000VND (baca: dong) atau sekitar Rp.1300 (harga sekarang). Bandingkan dengan di Jakarta pas saya beli 2 tahun lalu sudah Rp.3500 gak tau deh sekarang, makanya sedikit jarang di jumpai, yang saya tau satu deket rumah di jalan melawai dempet ama tukang siomay deket ATM BCA dan pas bikin passport di kantor imigrasi Jakarta selatan kalo gak salah. malah ditempat terakhir ini jualannya Rp.4000.

Nah, sambil nongkrong bareng temen sambil minum es tebu ini, konon gerobaknya diimport dari china. harga sangat bervariasi dari yang kecil sampai yang besar. Yang kecil harganya sekitar 3 juta VND atau sekitar Rp.2.200.000 dan yang besar bisa sampai Rp.5jutaan. Nah gimana dengan harga tebunya? harga tebunya di jual per kilogram walaupun panjang panjang tapi tetep ditimbang, tapi lebih gampangnya di hitung dari beverage cost nya sekitar 30%.

Nah daripada melihat petani tebu kita bangkrut gara gara import gula rafinasi kenapa gak dari paparan ini ada yang tertarik menciptakan bisnis francise yang merakyat untuk es tebu ini, apalagi kalo bikin mesinnya dalam produksi skala besar seperti franchise Edam burger yang sempat ngetop banget itu khan harganya sekitar 2,5 jutaan, waktu itu saya sempet punya 4 dan di taruh di minimarket minimarket deket rumah.

Terlepas dari cerita tadi, mohon maaf kalo ternyata dari kenyataan yang ada, di Indonesia hal itu tidak memungkinkan dilaksanakan di karenakan memerlukan modal kerja yang tinggi dan mungkin juga sebangkrut bangkrutnya petani tebu kita harga tebunya masih mahal dari vietnam?

55
Leave a Reply

avatar
36 Comment threads
19 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
34 Comment authors
Hammerkevinjoko sulistioEVI INDRIYANIBoyin Recent comment authors
  Subscribe  
Notify of
Yuli
Guest
Yuli

Salam kenal pak

Saya malah berencana membuat pabrik minuman kaleng tebu. Selama ini saya membuat gula tebu yang saya jual di pabrik kecap. Apakah bapak punya ide membuat minuman kaleng tebu, bagaimana cara membuatnya dan pemasarannya.

Ok

Yoyo
Guest

hmmm……industri kreatif lagi aja nih ….. :em69: tapi…..kasihan buat tetangga saya yang terkena diabetes, nggak akan bisa nikmatin……

trackback

[…] halnya pemikiran saya mengenai es tebu, semoga ide sederhana ini bisa merubah sedikit jalan keluar untuk rekan rekan dalam mencari […]

Suflan Rizal
Guest
Suflan Rizal

Tebu adalah salah satu dari komoditi pertanian yang hasilnya mulai dari batang, dan produk turunannya sangatlah luar biasa, Gula — tetes —- alkhohol,dan ampas tebu, petani menanamnya bukan dilahan yang nomor satu,petani dalam bertani dapat memperoleh pinjaman dari PG atau pemerintah melalui bank dan atau langsung ke BANK, sukses buat petani tebu

Masduki
Guest

Tebu Jambi merupakan jenis komoditas buah yang sangat cocok untuk bahan baku pembuatan es sari tebu murni. Tebu Jambi tidak seperti tebu Jawa, karena memiliki kandungan air yang tinggi sehingga cocok dijadikan usaha es tebu. Bila Anda berminat menjadi pengusaha es tebu, saya siap menjadi suplayer, silahkan hub 081373212009

Bayhaki Ramli
Guest
Bayhaki Ramli

Aku lihat dari photo Mesin penggiling Tebunya sama seperti model Penggiling kebanyakan, tapi mungkin yg ngebedainya dilihat dari modelnya seperti Gerobak Jalan, kayak Edam Burger. Seperti komentator sebelumnya Bagus juga Tebu dibikin Jus Tebu dalam bentuk Kalengan, atau dibikin alkohol buat bahan bakar, Tebu kelihatanya masih komoditi “politik” susah kalau belum ada kejelasan pasti dari pemerintah, tapi buat rakyat kecil, yg penting usaha aja, mana tahu ganti presiden 2009 nanti,komoditas tebu bisa naik, bagus dipasaran.

Masduki
Guest

Kepada Yth. Bapak/Ibu/Sdr/Sdri.
Saya Masduki di Jambi. Saat ini di Jambi telah banyak dibudidayakan tebu buah sebagai bahan membuat es sari tebu yang menyegarkan. Tebu buah Jambi besar-besar dan airnya banyak serta memiliki rasa khas yang tidak dimiliki tebu dari daerah lain, sehingga cocok untuk dijadikan bisnis es sari tebu. Bila Anda berniat membuka usaha se sari tebu, saya siap untuk menjadi suplayer. Berminat silahkan call ke 081373212009.
Terima kasih atas perhatiannya.
Hormat saya
Masduki

ika
Guest
ika

wew… bagus jg nie ide nya’

ika
Guest
ika

wew bgs jg nie ide nya setau aq cih es tebu itu cuma tebu nya doang di ptong2 tlus ddnginin dweh. :em54:

toha
Guest
toha

:em66: hai saya toha dr kamulan.mau es tebu…datanga ja kesini.cafe pentol planet kamulan durenan trenggalek.kita tunggu,,,

nugroho arianto
Guest
nugroho arianto

indonesia adalah negara yang kaya raya tapi kenapa penduduknya/warganya bagai ayam kelaparan di dalam lumbung padi. memang sebenarnya kita harus bisa mengeksplorasi semua kekayaan alam kita oleh, dari dan untuk rakyat pribumi indonesia….. termasuk es tebucomment image

nugroho arianto
Guest
nugroho arianto

ayo segera bangkit dan katakan tidak pada semua produk jajahan neo-liberisasi ( jangan sampai kita LANJUTKAN! UTANGMU maka LEBIH CEPAT LEBIH BAIK BANGKRUTMU!!!! ) ayo segera benahi ekonomi kerakyatan dengan memberdayakan semua masyarakat pribumi indonesia

rakhmadi
Guest
rakhmadi

:em32: kata siapa tebu mahal, belum coba T-woe sih… air tebu murni yang adanya di dpan salah satu Toserba ternama daerah Metro ( Bandung ) murni banget….murah banget….

bisri
Guest
bisri

es tebu itu memang minuman yang menyegarkan sekaligus minuman faforitku.. ika..lam kenal ya

joko
Guest
joko

Emang harga nya brp per cup nya? Pengen ah nyobain… :em47:

andres
Guest
andres

halo.. aku dr samarinda.. mau es tebu? dateng d kesini. satu2nya di samarinda

moes
Guest
moes

hmm…bisnis es tebu memang bisa di kembangkan.terus terang,saya sendiri tertarik untuk mengelolanya.

sumitro
Guest
sumitro

saya dari subang jawa barat, mohon info nya dimana saya bisa dapatkan alat mesin tebu untuk daerah bandung atau jakarta dan berapa harganya, terimakasih.

CD berkebun tebu
Guest

salam..
saat ini saya menjual CD cara berkebun tebu yang benar. jika ada yang berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com. tersedia juga CD Agrokomplek lainnya di bid. PETERNAKAN, PERTANIAN,PERKEBUNAN, dan PERIKANAN. tinggal pilih yang sesuai dengan keinginan teman teman. download katalog CDnya di http://tinyurl.com/cdbudidaya2

terima kasih

zaki
Guest
zaki

kang, kamu punya jaringan frechise sari tebu yang murah, lokasiku di malang jatim ne, kalou ada bisa kabri aku di 0341 9771 336 (shohih zaki)

galih ikhwansyah
Guest

bos sekedar info untuk usaha es sari tebu…kami juragan tebu memiliki prospek usaha es tebu dengan menjadi mitra…untuk info lebih jelas silahkan kunjungi blog kami
.-= galih ikhwansyah´s last blog ..Perkebunan =-.

galih ikhwansyah
Guest
galih ikhwansyah

sama-sama pak.

galih ikhwansyah
Guest
galih ikhwansyah

saya tawarkan paket 10 juta untuk usaha es sari tebu lengkap dengan gerobak mesin giling tebu seragam dan peralatan usaha es tebu…ada yang berminat hub saya di no 0231-3331112 atau kunjungi blog ini http://es-sari-tebu.blogspot.com

terimakasih galih ikhwansyah

tony
Guest
tony

gimana cr hitung tebunya?per kg?per btng?
kirimnya via apa?
sy mo bk stand di mall jualan air tebu
tlng infonya.thanks

Hasian manihuruk
Guest
Hasian manihuruk

:em35:Pak MAsduki saya beminat Bekerja sama Dengan Bpk,tolong informasikan harga &cara pngirimannya untuk wilayah Jakarta ,sebelumnya saya ucapkan terima kasih.Email saya ucokmanihuruk@yahoo.co.id,Tlp 085888899339

wahyu
Guest
wahyu

perkenal kan saya wahyu dari cipanas puncak cianjur,,,,,saya mempunyai kebun tebu ada yang tau tempat penjualan tebu atau ada yang berminat di kirim silahkan hubungi saya 081912182789
email wahyu_jach@yahoo.com

wahyu
Guest
wahyu

perkenal kan saya wahyu dari cipanas puncak cianjur,,,,,saya mempunyai kebun tebu ada yang tau tempat penjualan tebu atau ada yang berminat di kirim silahkan hubungi saya 081912182789
email wahyu_jach@yahoo.com
mohon bantuan dan informasinya

adi
Guest
adi

saya adi. menyediakan bahan baku tebu untuk para penjual es tebu. harga murah. stock bisa mencapai 25 ton, umur tebu 8 bulan. tipe BL campuran. untuk daerah jawa dan sekitarnya silahkan hub saya di no 08122204056. terimakasih

ganda
Guest
ganda

pak,apa bisa dikirim ke daerah jakarta, bandung, surabaya?thx

ganda
Guest
ganda

pak,apa bisa pengiriman ke daerah bandung, jakata n surabaya?trimakasih

wahyu
Guest
wahyu

apa saya boleh tau no hp bapak biar saya hubungi tentang pengiriman……ni no hp saya 081912182789 wahyu cipanas puncak

bisri
Guest
bisri

kalau kirim ke malang, per kwintalx berapa?
tolong kasih konfirmasi kepada saya di 0856465666761 atau langsung ke emailq
syukron

ataya
Guest

:em70: aku suka es tebu….
:em54: dan es tebu tuh enak banget……….

Yogi
Guest

saya tawarin Franchise minuman tebu peras ya mas boyindra, siapa tau ada yang tertarik, dengan mesin tertutup yang lebih higienis dan tebu buah pilihan (bukan tebu untuk pabrik Gula)untuk Franchise mulai dari 9Juta dengan perlengkapan booth, mesin tebu, Tebu 100 Kg, dan perlengkapan lain, segera buka http://tebuperas.wordpress.com
.-= Yogi´s last blog ..Manfaat Lemon- Nata decoco- dan Aloe vera =-.

man
Guest
man

bali sagalaeh hah?????????

villa kharista canggu
Guest

siip bisnis tebu ini makin banyak mmbantu petani tebu dan mnguntungkan para petani..
smoga sukses

Vito
Guest

Saya menjual tebu buah/ tebu hijau yang untuk dipakai dalam produksi minuman segar es tebu, melayani pengiriman ke berbagai tempat.
Dapat melayani pengiriman sepanjang tahun.
Untuk yang membutuhkan pengiriman tebu silahkan hubungi saya di 08383 200 2121.

Boyin
Admin

@Vito, peluang yg bagus dari vito…hayo silakan menghubungi vito…

Vito
Guest

😛
Makasih Bro Agus….
maap langsung nyelonong aja, hehehe 😳